Indonesia juga Punya ‘Piramida’!

Gunung Padang

Berkunjung ke situs kuno sejarah memang menarik para peminat wisata sejarah. Bagaimana tidak? Pengunjung seolah-olah masuk ke dalam kapsul waktu, dan terbang jauh ke masa lampau.

Salah satu situs kuno yang menjadi incaran wisatawan adalah piramida. Makam kuno terbesar yang identik dengan Negara Mesir ini memang menyimpan sejuta misteri yang belum terpecahkan. Berbagai kalangan, dari ilmuwan hingga arsitek, menaruh minat besar pada bangunan berusia 5.000 tahun ini.

Gunung Padang

Tapi, tahu nggak Sobat Pariwisata? Negeri tercinta kita juga punya piramida, loh? Penasaran dengan ‘piramida’ milik kita ini?

Namanya, Gunung Padang. Lokasi yang berbentuk bukit ini berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang pertama kali ditemukan pada abad ke-19. Pada penemuan awal, dikatakan bahwa situs kuno ini menyimpan barisan pilar batu kuno.

Para ahli mengatakan bahwa bukit ini dibangun oleh manusia kuno dan bukan bagian dari bebatuan alami. Situs ini tersusun dari batuan adesit yang merupakan peninggalan periode zaman batu atau megalitikum.

Gunung Padang

Pada tahun 2012, staff khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah melakukan penelitian selama 2 tahun di Gunung Padang ini. Mereka menemukan bilik, sungai, mata air, kubah, hingga menara. Selain itu, juga ditemukan bahwa bebatuan di situs Gunung Padang mampu menghantarkan listrik. Artinya, situs ini pernah digunakan oleh peradaban masa lalu yang canggih. Wow!

Hal unik lainnya, ada beberapa bagian batu yang jika dipukul akan mengeluarkan bunyi dengan nada khas tertentu. Bagian ini diduga digunakan untuk menghasilkan musik saat proses pemujaan.

Situs Gunung Padang

Menurut kepercayaan masyarakat, situs Gunung Padang adalah istana yang coba dibangun oleh Prabu Siliwangi dalam jangka waktu semalam. Namun, hal itu terbantahkan mengingat usia ‘piramida’ ini diduga lebih tua dari masa Kerajaan Pakuan Pajajaran. Situs megalitik yang berada di area seluas 3 hektar ini diperkirakan berusia 8.000 hingga 28.000, lebih tua daripada Piramida Giza yang fenomenal itu.

Sebagai warga Indonesia, Sobat Pariwisata boleh berbangga dengan Gunung Padang ini, dong! Hingga sekarang, lokasi Gunung Padang masih dianggap sebagai tempat suci oleh masyarakat. Lokasi ini kerap digunakan untuk berdoa dan bermeditasi.

Gunung Padang

Untuk sampai ke lokasi ini, Sobat Pariwisata hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 150 km dari Jakarta atau 110 km dari Bandung. Lebih dekat dari pada ke Mesir, kan?

Sesampainya di sana, Sobat Pariwisata akan disambut dengan jalur naik dan turun. Selain itu ada ratusan anak tangga di bebatuan menuju puncak.

Sayangnya, penelitian lebih lanjut belum dilakukan lagi. Padahal, dari beberapa metode penelitian yang pernah dilakukan, para ahli memperkirakan bangunan dengan ukuran besar tersimpan dibawah bagian yang tampak. Jika situs ini berhasil digali dan diungkap, tidak menutup kemungkinan Gunung Padang akan menjadi salah satu wisata sejarah terkenal di dunia.(Nita)