Magnet Kepulauan Togean

Pariwisata Indonesia

Sebagai negara dengan luas laut 70% dari total wilayah, Indonesia menyimpan banyak harta karun di lautannya. Bunaken, Derawan, Raja Ampat, Karimun Jawa, Wakatobi, Rubiah, dan deretan tempat lainnya menjadi daya tarik, khususnya bagi wisatawan penikmat kerajaan bawah laut. Nah, Sobat Pariwisata sudah kenal belum dengan tempat yang satu ini? Namanya, Kepulauan Togean.

Kepulauan Togean yang menjadi kawasan taman nasional ini termasuk di wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Kepulauan Togean memiliki luas 3.600 km persegi dan terdiri dari 65 pulau-pulau besar dan kecil.

Kepulauan Togean pariwisata indonesia

Untuk menuju Kepulauan Togean, Sobat Pariwisata bisa menempuh dua rute, yaitu via Gorontalo dan via Palu. Jika ingin menempuh perjalanan hemat dan mudah, rute Gorontalolah jawabannya. Pasalnya, jika menempuh rute Palu, Sobat Pariwisata harus terlebih dulu menempuh jalur darat menuju Ampana. Namun, Sobat Pariwisata harus menyisihkan banyak waktu karena jadwal ferry dari Gorontalo tidak terlalu banyak.

Sebagai salah satu destinasi wisata, Kepulauan Togean menyiapkan berbagai pilihan penginapan, dari resort mewah hingga homestay sederhana yang ramah di kantong. Sobat Pariwisata bisa memilih salah satunya yang sesuai selera dan kebutuhan. Saat menginap di Kepulauan Togean, jangan lewatkan momen matahari terbenam dan terbit, ya. Ini adalah salah satu pemandangan wajib saat berlibur di area pantai.

Pariwisata Indonesia

Kepulauan Togean menjadi surga bahari pagi para penikmat diving dan snorkeling. Di kepulauan ini, banyak terdapat spot diving dengan pesonanya masing-masing. Sobat Pariwisata bisa menemukan 262 spesies karang, 596 spesies ikan, serta puluhan binatang laut lainnya.

Dengan keragaman karang tertinggi di dunia, Kepulauan Togean menerima gelar sebagai ‘The Heart of coral triangle’ atau jantung segitiga karang dunia. Kepulauan Togean memiliki peran penting dalam segitiga karang dunia yang meliputi Filipina, Sulawesi, dan Papua Nugini.

Pariwisata Indonesia

Selain snorkeling dan diving, Sobat Pariwisata juga bisa mengililingi pulau-pulau dengan perahu sewaan. Jangan lupa untuk menyusuri jembatan papan sepanjang 1 km yang menghubungkan Pulau Malenge dan Pulau Papan.

Berbincang tentang papan, Sobat Pariwisata juga tidak boleh melewatkan kunjungan ke Pulau Papan yang di huni oleh masyarakat Suku Bajo. Dinamakan Pulau Papan karena mayoritas rumah di pulau ini dibangun di atas papan, loh. Wah, keren banget, kan?

Puas berkeliling di daerah laut, Sobat Pariwisata juga harus mengunjungi Danau Mariona. Danau air payau ini merupakan rumah bagi ubur-ubur tak menyengat (stingless jellyfish). Sobat Pariwisata bisa selfie bareng ubur-ubur tanpa takut disengat.

Banyak banget kan aktivitas yang bisa kamu lakukan di kepulauan ini. Ayo, tunggu apa lagi? Segera jadwalkan kunjungan Sobat Pariwisata ke sini!(Nita)