Mengenal Desa Wisata Tomok

Destinasi desa wisata yang penuh sejarah dan budaya
Pariwisata Indonesia
foto: rumahkreatifasm

Destinasi wisata yang ada di Indonesia, tidak hanya menawarkan pesona keindahan dari pantai, perbukitan atau pegunungan. Namun ada juga desa atau perkampungan yang dijadikan sebagai desa kunjungan wisata, seperti di Desa Wisata Tomok. Tomok adalah sebuah desa kecil yang terletak di pesisir timur Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatra Utara.

Pariwisata Indonesia
foto: danautobacenter.com

Dari kota Medan, desa ini membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan untuk sampai di Pelabuhan Wisata Parapat, dengan kendaraan pribadi atau sewa dan bisa juga menggunakan bus antar-kota, serta memerlukan waktu satu jam lagi untuk menyeberang dari Ajibata ke Tomok.

Desa Wisata Tomok,Pariwisata Indonesia
foto: shopback.co.id

Desa ini sangat menggantungkan kehidupan masyarakatnya pada bidang agraris, perdagangan dan pariwisata. Desa yang wilayahnya tidak terlalu luas ini tampaknya sudah cukup mendapat pengaruh modernitas yang lumayan besar di kalangan masyarakatnya. Hal ini terbukti dengan persandingan antara makam, gereja tua, becak motor dan kehidupan masyarakatnya banyak yang sudah menguasai penggunaan bahasa Inggris pada saat bertemu dengan wisatawan asing lhoo.

Buat Sobat Pariwisata yang lebih tertarik untuk menikmati lokasi wisata tradisional khas Sumatra Utara, bisa berkunjung ke Desa Wisata Tomok ini untuk lebih mengenal Samosir. Lokasi wisata ini merupakan salah satu pintu masuk ke Pulau Samosir dari Pelabuhan Wisata Parapat. Di Desa Wisata Tomok, sobat bisa melihat kawasan Kampung Batak mulai dari rumah adat, patung Sigale-gale, dan pemakaman kuno Raja-raja Batak.

Pada beberapa kesempatan, kedatangan wisatawan di desa ini mungkin akan disambut  dengan Tari Tor Tor dari masyarakat setempat.

Makam Raja-raja Batak di Desa Tomok,Pariwisata Indonesia
foto: liputan6.com

Salain itu, banyaknya makam dan benda-benda peninggalan zaman megalitikum dan purbakala menjadikan lokasi wisata ini sebagai salah satu situs kebudayaan Batak yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Makam besar seperti Makam Raja Sidabutar dan keluarganya, Museum Batak, Patung Sigale-Gale, Batukursi Tomok, Patung Gajah, HKBP Resort Tomok dan gereja-gereja yang sederhana memenuhi tempat ini.

Ditambah pula dengan adanya resort yang berada di Tuk Tuk Siadong yang semakin mengukuhkan daerah ini menjadi tempat tujuan wisata. Saat ini tomok sudah dimekarkan menjadi 2 desa, yaitu desa Tomok (Tomok Induk), dan desa Tomok Parsaoran. Pastinya seru dan jadi pengalaman yang tidak terlupakan saat Sobat Pariwisata berkunjung ke desa wisata ini!(RPI)