Misteri Keindahan Alas Purwo

Pariwisata-Indonesia, Alas Purwo, Lokasi Rute Menuju Alas Purwo, Menjelajah Alam Alas Purwo

PariwisataIndonesia.id – Alas Purwo Banyuwangi tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang di Indonesia. Tempat ini terkenal karena berbagai rumor dan mitos gaib yang beredar di Masyarakat.

Sementara, mengulik lebih mendalam nama “Alas Purwo” mengandung arti “hutan permulaan” atau “hutan pertama”, dengan demikian bila mencermati artinya tersebut, sangat pantas tempat ini dianggap keramat bagi warga sekitar.

Terlepas dari keangkerannya, Alas Purwo sendiri jadi rumah yang aman untuk flora serta fauna. Pasalnya, keanekaragaman biologi di Alas Purwo begitu melimpah.

Setidaknya, terdapat 1115 spesies tumbuhan dan hewan mendiami Alas Purwo, yang seluruhnya itu berada dalam satu kesatuan di kawasan Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi seluas 43.420 hektare.

Saking luasnya, tidak banyak orang yang benar-benar siap untuk berani menjamah hingga ke pedalaman Alas Purwo ini, selain karena banyak menyimpan teka- teki.

Di sisi lain, tak sedikit cerita seram atau mistis seputar hilangnya beberapa orang di Alas Purwo. Hal tersebut bukan kabar baru, pemberitaan semacam ini sudah terjadi berulang kali.

Malah sebagian masyarakatnya, juga meyakini Alas Purwo merupakan suatu kerajaan gaib tempat segala Jin di Pulau Jawa bersarang.

Menyingkap lebih jauh pesona keindahan Alas Purwo yang penuh misteri ini, penting pula untuk diketahui, khususnya saat sudah menginjakkan kaki di tempat ini, Anda juga akan menemukan masyarakat yang kedapatan melakukan aktivitas mirip pesugihan, mencari wangsit, ataupun ilmu gelap lainnya.

Berikutnya, karena hutan rimba ini begitu luas, PERHUTANI sebagai pihak penanggung jawab kawasan mengelompokkan menjadi 4 area, yaitu Kawasan Inti, Kawasan Rimba, Kawasan Pemanfaatan, dan Kawasan Penyangga.

Pariwisata-Indonesia, Alas Purwo, Misteri Keidahan Alas Purwo
Keindahan Alas Purwo yang mistis membuat wisatawan semakin penasaran untuk mengunjungi. Foto: Dok. PI

Di tempat ini, bukan berarti Anda hanya akan disuguhi pepohonan saja. Sebab, terdapat pula beberapa pantai terkenal, hamparan hutan bakau dan savanna, goa, hingga situs bersejarah yang sayang dilewatkan saat sudah menginjakkan kaki di Alas Purwo Banyuwangi.

Jika Anda menyukai kegiatan alam, sejarah, dan misteri, Taman Nasional ini bisa jadi tempat yang paling pas. Di sini Anda bisa melihat pepohonan rindang dengan berbagai satwa sekaligus belajar sejarah yang penuh misteri.

Tidak hanya itu! Karena masih banyak lagi kegiatan seru lainnya yang bisa Anda coba di Alas Purwo dan berikut beberapa di antaranya:

Berselancar di Pantai Plengkung

Pesona pantai di sini harus diakui, mampu menghipnotis siapapun yang datang karena menyuguhkan keindahan yang memesona dan eksotik. Bahkan disebut-sebut ‘Pantai Plengkung’ ini juga merupakan ombak terbaik untuk berselancar.

Sehingga sangat wajar bila banyak memikat turis mancanegara yang tak ingin melewatkan kesempatan emas tersebut.

Berada di Grajagan Bay, membuat Pantai Plengkung juga memiliki sebutan lain yakni ‘G-land’, yang letaknya sekitar 11 kilometer dari gerbang utama dan untuk sampai ke lokasi tujuan, Anda perlu kawalan dari petugas karena harus melewati kawasan hutan.

Setelah sampai di lokasi ini, jangan heran bila menemukan banyak tempat penyewaan papan surfing yang bisa Anda pilih. Bagi Anda yang masih pemula atau belum pernah berselancar, tak perlu khawatir, bisa meningkatkan pengalaman berselancar dengan mengambil kursus yang merupakan salah satu layanan dari tempat penyewaan itu.

Sensasi pantai ini makin sangat luar biasa lagi, karena setelah menempuh perjalanan panjang dengan membelah hutan, -walau tempatnya bisa disebut ‘antahberantah’- tapi anehnya, Anda juga akan menemukan restoran, hotel, club, dan bar yang buka 24 jam di Pantai Plengkung.

Karena itulah banyak turis asing menyukai tempat ini buat bersantai dan berselancar dengan tenang. Anda yang ingin menginap, satu hal yang perlu dicermati, yakni harus mempersiapkan kocek lebih dalam. Mengingat, transaksi sebagian besar menggunakan Dollar.

Pariwisata-Indonesia, Alas Purwo
Padang savana dengan berbagai jenis hewan menjadikan petualangan Anda semakin seru. Foto: Dok. PI

Menjelajah Alam Alas Purwo

Di hutan ini terdapat banyak spesies tanaman dan hewan yang bisa Anda jumpai, mulai dari tanaman khas hingga hewan kecil yang langka. Salah satu tanaman yang menjadi ciri khas daerah ini adalah Pohon Sawo Kecik dengan buah sawo kecilnya berwarna merah.

Selain itu di sini juga terdapat tanaman hias yang selalu jadi incaran orang yakni Palem Sadeng. Bentuk daun seperti kipas menjadi keunikan dari pohon palem satu ini.

Anda juga bisa melihat hewan seperti merak, banteng hingga macan yang berkeliaran secara bebas di Savana Sadengan. Waktu terbaik melihat hewan-hewan ini biasanya di pagi hari sebelum jam 09.00 WIB dan sore hari pukul 15.30 WIB.

Kawasan alas ini juga memiliki hutan bambu dan hutan bakau yang masih asri serta terjaga. Anda bisa puas berkeliling menikmati alam di kawasan sekitar hutan yang masih sangat asri.

Camping di Pantai Pancur

Nama Pantai Pancur berasal dari air mancur atau air terjun kecil yang ada di sekitaran pantai. Air mancur ini terbentuk dari aliran sungai yang langsung bermuara ke laut.

Keunikan lain dari pantai ini terdapat pada bentuk pasir putihnya yang berukuran besar. Ditambah air laut yang jernih dan berwarna biru, yak heran bila pantai ini bagaikan melambai-lambai kepada Anda untuk bermain air.

Di sini Anda juga bisa melakukan camping di camping ground yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Saat camping Anda bisa melihat hewan-hewan seperti rusa yang kadang keluar ke pantai mencari makan atau minum.

Mengamati Satwa di Pantai Trianggulasi

Pantai yang juga bisa Anda pilih sebagai spot pengamatan hewan adalah Pantai Trianggulasi. Letak pantai ini berada paling dekat dengan gerbang masuk taman nasional daripada pantai lainnya.

Pasir putih yang luas dan landai serta tempat yang relatif sepi sering menjadi pilihan wisatawan untuk bersantai. Apalagi Pantai Trianggulasi juga memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap seperti toilet, kamar bilas, saung, dan penginapan ada disini.

Jajaran pohon nyamplung, bogem, dan pohon laut yang rindang pun menjadikan tempat ini tidak terlalu panas dan sejuk. Anda bisa melihat hewan seperti rusa, kijang, musang, bahkan penyu yang terkadang muncul di sekitaran Pantai Trianggulasi.

Situs Kawitan dan Pura Luhur Giri Salaka

Sebelum menuju Pantai Trianggulasi, terdapat bangunan bersejarah berupa Candi yang dikenal dengan nama Situs Kawitan. Candi ini dipercaya merupakan peninggalan kerajaan Majapahit Hindu dan pertama kali ditemukan pada tahun 1965.

Nama Situs Kawitan sendiri berasal kata Kawit yang berarti awal dalam bahasa Jawa, di mana masih ada hubungan dengan nama Alas Purwo. Tempat ini juga dipercaya sebagai posisi pertama penciptaan pulau Jawa.

Setelah tahun 1968, banyak umat Hindu yang bersembahyang ke situs ini dan untuk menampung hal tersebut dibuatlah sebuah Pura. Pura dengan nama Luhur Giri Salaka ini terbuat dari batu alam hitam dan berada tidak jauh dari Situs Kawitan.

Pariwisata-Indonesia, Alas Purwo
Keindahan pantai Plekung dengan ombaknya yang mencapai 7 meter, membuat pantai ini menjadi favorit para surfer. Foto: Dok. PI

Pada saat upacara keagamaan Pagerwesi atau sekitar 210 hari sekali tempat ini akan ramai oleh umat Hindu yang beribadah. Kesan angker dari tempat ini pun lebih tepat bila disebut sebagai tempat yang keramat.

Lokasi Rute Menuju Alas Purwo

Untuk menuju taman nasional ini Anda bisa berangkat ke arah Selatan Banyuwangi menuju Kantor Balai Taman Nasional Alas Purwo.

Untuk mamandu Anda menuju ke Alas Purwo, persisnya berada pada titik koordinat ujung timur Pulau Jawa, atau di titik koordinat 114°36’ E dan koordinat 8°46’ S.

Dari sana Anda akan langsung mendapat arahan dari petugas untuk menuju gerbang utama yang ada di Kecamatan Tegaldlimo dan Kalipuro, yang jaraknya sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi.

Jalan menuju tempat ini pun sangat mulus, sayangnya tidak ada kendaraan umum yang langsung menuju lokasi.

Sehingga Anda harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewa mobil di Banyuwangi sebelum menuju ke tempat ini, yang terletak di Jalan Brawijaya no. 20, Kebalenan Kecamatan Banyuwangi Jawa Timur. Bagaimana, sudah bulat keputusan Anda untuk menjelajahi Alas Purwo dan siap terima tantangan ini? (SS/eh)

× Hubungi kami