Siap-siap Terhipnotis!

Danau dengan Tujuh Gunung di Jambi
Pariwisata Indonesia

Jambi memang terkenal dengan Gunung Kerinci, gunung api tertinggi di Indonesia. Gunung yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat ini memang menawarkan pemandangan alam yang indah dari puncaknya. Tapi, selain Gunung Kerinci ternyata Jambi juga menyimpan satu wisata alam lain yang tidak kalah indahnya, loh. Namanya Danau Gunung Tujuh.

Danau Gunung Tujuh terletak di balik Gunung Kerinci dan masih berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat. Danau luas ini di tetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu danau tertinggi se-Asia Tenggara. Selain gelar membanggakan itu, danau ini juga menawarkan pemandangan alam yang eksotis.

Pariwisata Indonesia

Danau Gunung Tujuh berada di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Jambi, sekitar 11 jam perjalanan dari Kota Jambi atau 6 jam perjalanan dari Kota Padang. Untuk menuju ke danau ini, Sobat Pariwisata bisa memulai perjalanan dari pos Taman Nasional Kerinci Seblat.

Ada dua jalur pendakian yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan. Para pemula bisa memilih jalur yang lebih landai, tapi dengan jarak yang lebih panjang. Sedangkan untuk jarak yang lebih pendek, banyak terdapat janjakan curam di jalur pendakiannya. Setelah menempuh perjalanan dua hingga tiga jam, Sobat Pariwisata akan menjumpai danau yang indah.

Pariwisata Indonesia

Hal pertama yang Sobat Pariwisata bisa temukan adalah danau seperti mangkok yang dikelilingi oleh jejeran gunung. Sesuai namanya, danau seluas 12.000 hektar ini memang dikelilingi oleh tujuh buah gunung sekaligus, yaitu Gunung Tujuh (2.735 mdpl), Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut (2.350 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), dan Gunung Selasih (2.230 mdpl). Keren, kan?

Umumnya, para pendaki akan memilih untuk bermalam di sekitar danau ini. Pasir di sekitar danau bisa menjadi lokasi yang cocok untuk mendirikan tenda. Menyalakan api unggun sembari mendengar suara fauna hutan, menjadi sensasi tersendiri.

Pariwisata Indonesia

Di pagi hari, Sobat Pariwisata akan disuguhkan pemandangan sunyi dengan kabut tipis yang menghipnotis. Air danau yang sangat bersih dan jernih, sangat bisa menggoda untuk berendam di dalamnya. Tapi, dengan ketinggian hampir 2 kilometer di atas permukaan laut, air di danau ini cukup dingin, loh. Berendam di dalamnya menjadi salah satu tantang tersendiri. Berani coba?

Air di danau ini juga seperti tidak pernah habis. Hal ini dikarenakan air yang terus-menerus mengalir dari sumber mata air gunung-gunung yang mengelilinginya.

Pariwisata Indonesia

Sobat Pariwisata jangan heran jika banyak sampan nelayan yang hilir mudik di danau ini. Dengan kedalaman maksimal 40 meter, danau ini juga menjadi rumah bagi aneka ikan. Hal ini menjadikan Danau Gunung Tujuh menjadi salah satu sumber penghidupan masyarakat sekitar. Selain menikmati aktivitas para nelayan, Sobat Pariwisata juga boleh menyewa sampan untuk menjelajahi danau indah ini.

Jika berkunjung ke Jambi, jangan lupa mampir ke Danau Gunung Tujuh, ya!(RPI/Nita)