Tambrauw, Surga Tersembunyi di Papua

Pariwisataindonesia.id Kabupaten Tambrauw, salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat, Indonesia.Pada tahun 2010, kabupaten ini memiliki jumlah penduduk paling sedikit di Indonesia, yakni hanya berjumlah 6.144 jiwa.

Tambrauw pun masih belum dilirik wisatawan. Musababnya, Tambrauw selama ini hanya dikenal sebagai salah satu daerah lintasan yang menghubungkan dua kota besar di Papua Barat, yakni Sorong dan Manokwari.

Di sini ditawarkan sebuah keindahan dan kesegaran dari hutan yang masih terjaga dan hijau. Alam Tambrauw masih sangat alami dengan hamparan hutan tropis, sungai jernih, beragam flora dan fauna berbeda satu dengan yang lain.

Sebuah hamparan rumput yang membentang luas dengan dihiasi oleh jaring laba-laba sehingga membentuk kelir putih nan cantik setiap pagi hari. Apalagi pemandangan matahari terbit yang muncul dari balik bukit pun menawarkan keindahan lain.

Dalam National Geographic disebutkan, burung yang juga disebut cendrawasih mati-kawat digolongkan ke dalam famili Paradisaeidae. Salah satu jenis cendrawasih yang disebut memiliki keindahan layaknya surga.

Di Tambrauw juga memiliki 12 jenis spesies burung pintar (smart bird). Hal inilah yang membuat bird watching sebagai kearifan lokal berpotensi menjadi potensi wisata daerah.Kisah Kabupaten Tambrauw, merupakan cerita tentang daerah yang sangat mencintai hutan. Bukan hanya mencintai, masyarakat di sana telah memperlakukan hutan selayaknya ibu.