‘Tanah Lot’ di Jawa Barat

Keeksotisan Tebing Pantai Batu Hiu
Pariwisata Indonesia

Seperti yang Sobat Pariwisata ketahui, Pangandaran memang terkenal dengan pantai pasir putihnya. Tapi selain pantai pasir putih, ada juga destinasi yang sayang untuk dilewatkan saat berada di daerah ini, yaitu Pantai Batu Hiu. Tenang saja, Sobat Pariwisata! Meskipun namanya Pantai Batu Hiu, tapi di pantai ini tidak ada ikan hiunya, kok! Yang ada adalah pemandangan lautan luas yang langsung menyatu dengan Samudra Hindia.

Pariwisata Indonesia

 

Pantai ini terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat, sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Pangandaran. Meskipun buka 24 jam, tapi sebaiknya tidak datang ke sini saat malam hari, karena Sobat Pariwisata tidak akan bisa menikmati pesona Pantai Batu Hiu.

Dari tempat parrkir, Sobat Pariwisata akan diarahkan untuk memasuki bukit sebagai pusat area rekreasi. Hal unik saat hendak memasuki area ini, Sobat Pariwisata harus melewati satu terowongan berbentuk ikan hiu, membuat pengunjung seperti dimakan dan masuk ke perut hiu. Terowongan ini merupakan salah satu tempat selfie favorit para pengunjung. Jangan lupa berfoto ria di sini, ya!

pantai batu hiu

 

Bukit yang ditanami banyak pohon Pandan ini sangat teduh dan cocok digunakan untuk tempat bersantai bersama keluarga dan rekan-rekan. Hembusan angin dari Samudra Hindia akan membuat acara piknik makin menyenangkan. Dari atas bukit ini, Sobat Pariwisata bisa menikmati lanskap keseluruhan Pantai Batu Hiu. Di bagian kiri dan kanan, terhampar lautan dengan garis pantai yang panjang.

Bagian terkenal dari Pantai Batu Hiu adalah tebing yang ada di tepi lautnya. Konon, tebing-tebing kokoh ini dulunya memiliki bentuk seperti hiu. Namun, karena terkikis deburan ombak, tebing ini pun mengalami banyak perubahan bentuk. Keelokan tebing yang hampir mirip seperti yang ada di pantai Bali, membuat Pantai Batu Hiu dijuluki sebagai ‘Tanah Lot’nya Jawa Barat.

Pariwisata Indonesia

Selain bersantai di bukit, Sobat Pariwisata juga bisa turun ke pantai untuk menikmati keelokan tebing-tebing dari dekat. Keeksotisan tebing ini menjadi magnet yang menarik para wisatawan untuk mengagumi dan mengabadikannya dalam kamera.

Satu hal yang harus diingat saat berkunjung ke Pantai Batu Hiu adalah tidak disarankan untuk berenang di lautnya. Selain karena banyak karang yang tajam, air laut dari Samudra Hindia juga terkenal sangat ganas. Menikmati deburan ombak yang menghantam tebing sambil menanti matahari terbenam, bisa menjadi aktivitas yang bisa Sobat Pariwisata lakukan di Pantai Batu Hiu. Selain cekrak-cekrek tentunya.

Pariwisata Indonesia

Untuk memasuki kawasan wisata ini, Sobat Pariwisata hanya diminta untuk membayar tiket mulai dari 3.300 rupiah. Cukup murah, kan?

Jika belum puas, Sobat Pariwisata bisa melanjutkan petualangan menuju penangkaran penyu hijau yang berada 15 kilometer di sebelah barat Pantai Batu Hiu ini. Di sini, Sobat Pariwisata bisa berinteraksi langsung dengan penyu-penyu hijau  yang lucu. Bahkan jika beruntung, Sobat Pariwisata bisa menyaksikan pelepasan penyu-penyu hijau ini ke habitat aslinya di laut.

Jika sedang berada di daerah Pangandaran, jangan lupa untuk menikmati keeksotisan Pantai Batu Hiu ini, ya!(Nita)