Wisata Geothermal di Kawah Nirwana Suoh Lampung

Wisata Geothermal. Sumber Foto : Shutterstock.

Iya, kamu cukup ke Lampung aja. Destinasi wisata ini berada di Lampung Barat. Kawah Nirwana Suoh sebenarnya adalah kaldera gunung berapi yang masih aktif, lho.

Luasnya mencapai 128 kilometer persegi, Kawah Nirwana Suoh memiliki potensi geothermal yang cukup tinggi, sama seperti di Yellowstone.

Sehingga, kawah yang masuk dalam bagian Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini memiliki mata air panas yang cukup luas. Meski aktif, Gunung Suoh yang berada di dalam sudah cukup lama meletus, terakhir pada tahun 1933.

Kawah Nirwana Suoh sendiri punya pesona wisata kawah yang menawan wisatawan. Warna biru toska mendominasi bagian permukaan dari Kawah Nirwana Suoh, dengan asap yang gak pernah berhenti mengepul.

Kendati cukup berbahaya, tiap pengunjung yang main ke Kawah Nirwana Suoh punya kesempatan buat mendekat. Tapi, kamu harus mengikuti arahan dan sepengetahuan para tour guide yang bertugas di Kawah Nirwana Suoh.

Memang, wisata Kawah Nirwana Suoh belum memiliki fitur seperti pemandian kolam air panas layaknya wisata geothermal pada umumnya. Namun, Kawah Nirwana Suoh memiliki beberapa spot alternatif buat kamu nikmati.

Salah satunya adalah padang silika yang dapat hidup di atas tanah keramik. Di sini, kamu bisa melihat proses panas bumi yang terus merengsek naik ke atas, menjadikan permukaan batuan di sini pecah seperti keramik.

Untuk menuju ke lokasi, kamu cukup berkendara selama 90 menit dari Kota Bandar Lampung menuju kawasan Pekon Sukammarga, Kecamatan Suoh.

#PariwisataIndonesia #CintaIndonesia