Wisata Menarik di Lombok Barat Desa Sasaot

pariwisataindonesia

Pariwisataindonesia.id Kabupaten Lombok Barat di Nusa Tenggara Barat termasuk salah satu daerah yang memiliki berbagai objek wisata alam, dari pantai dengan hamparan pasir putih, spot berselancar, pulau-pulau kecil nan asri, hingga keindahan bawah laut yang wajib untuk dijelajahi.

Beberapa tempat wisata di Lombok Barat antara lain Pantai Senggigi, Taman Narmada, Dessert Point, Bangko-Bangko, Gili Kedis, Gili Gede, Air Terjun Penimbung, Pantai Panggang, Teluk Belongas, dan Pantai Nambung.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan bahwa desa wisata berbasis masyarakat ini bisa menjadi jawaban dari tantangan tentang wisata berkelanjutan.

Desa Sesaot memiliki potensi alam yang kaya akan mata air karena letaknya yang berada di tepi hutan kawasan. Dari banyaknya mata air yang dimiliki oleh desa Sesaot, diantaranya terdapat sumber mata air yang dijadikan sebagai Pusat Rekreasi Masyarakat yang biasa disingkat Purekmas.

Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saepul Akhkam mengatakan pemberian anggaran itu menjadi tantangan bagi pemerintah desa. “Dengan penambahan anggaran seperti ini untuk bagaimana menciptakan atraksi yang lebih variatif sehingga penawaran paket wisata ke destinasi menjadi lebih beragam,” kata dia.

Untuk mendukung pengembangan desa, kata Saepul, pihaknya juga menyiapkan pelatihan outbond desa wisata. ”Saya kira Desa Sesaot menjadi salah satu yang akan kami jadikan peserta dan nantinya bisa menjadi contoh untuk pengembangan atraksi outbond itu,” ujarnya 6 September 2021.

Pelatihan lainnya di desa wisata Sesaot berkaitan dengan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability) di destinasi wisata. ”Pemerintah tetap mengintegrasikan pelatihan-pelatihan dengan berbasis CHSE,” kata Saepul.

Kemudian, ada Aik Nyet, pemandian alami yang sumber airnya langsung dari Gunung Rinjani. Karena airnya tergolong dingin, maka disebut dengan Aik Nyet yang dalam bahasa Sasak berarti air dingin.

Bagi yang suka menikmati pemandangan dari ketinggian, wajib mampir ke Bukit Mangga. Tanpa perlu mendaki, pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar berupa bukit, kawasan pedesaan, dan Gunung Rinjani.

Ada objek wisata unik yang bisa ditemukan di Desa Sesaot yaitu Taman Miring. Seperti dikutip Tempo.co, taman ini memiliki tingkat kemiringan sekitar 45 derajat dan biasa digunakan sebagai tempat kongko anak muda. Di taman ini, terdapat berugaq atau gazebo untuk bersantai dan ada spot foto yang kekinian.

Desa Sesaot juga dikenal dengan wisata alam berupa air terjun. Di sana, terdapat Air Terjun Tibu Sendalem yang berada di dalam hutan belantara. Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar lima-enam meter dan terdapat kolam seluas 400 meter persegi dari hasil tumpahan air terjun.

Selain Air Terjun Tibu Sendalem, ada pula Air Terjun Tembiras dan Air Terjun Tibu Goa. Pengunjung bisa puas bermain air, berenang, menikmati pemandangan, dan merasakan udara segar dan suasana alam yang asri. Cocok untuk Anda yang ingin melepas penat sekaligus menenangkan diri di alam.