I Love Indonesia, Jelajah Pariwisata Aceh

pariwisataindonesia, Cutriskakamila Budaya Aceh

PariwisataIndonesia.id – Provinsi Aceh, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) terletak di ujung utara Pulau Sumatera. Aceh mendapat julukan sebagai kota Serambi Makkah (Sueramo Mekkah). Tahu juga kan, Aceh memiliki julukan lain sebagai Tanah Rencong. Sudah tahu?

Rencong (Aksara Jawoë : رنچوڠ) atau dalam bahasa Aceh ditulis dengan huruf latin dibacanya “Rintjong” merupakan senjata khas suku Aceh.

Pemerhati sejarah dan budaya Aceh, Tarmizi Abdul Hamid menuturkan, rencong itu senjata. Menurut Tarmizi, semangat orang Aceh dalam berjuang sudah sangat hebat sejak zaman Portugis.

Fakta lainnya, saat peristiwa melawan penjajahan Belanda. Kata Tarmizi lagi, keberanian orang-orang Aceh yang berjuang kala itu tak gentar sampai ke titik darah penghabisan. Demi kehormatan dan kedaulatan.

Semangat masyarakat Aceh dalam melawan penjajah begitu gigih.

Rencong merupakan simbol identitas diri, keberanian, dan ketangguhan suku Aceh. Menurut catatan sejarah, rencong adalah senjata tradisional yang digunakan oleh Kesultanan Aceh semasa pemerintahan Sultan Ali Mughayat Syah, Sultan Aceh pertama.

Kedudukan rencong di Kesultanan Aceh sangatlah penting, rencong selalu diselipkan di pinggang Sultan Aceh, namun para Ulee Balang dan masyarakat biasa pun menggunakan rencong, sudah tahu?

Rencong emas milik Sultan Aceh bisa kita jumpai di Museum Sejarah Aceh, dari bukti sejarah tersebut dapat disimpulkan bahwa rencong memang sudah terlahir sejak masa Kesultanan Aceh namun pembuat pertamanya sampai saat ini belum diketahui.

Berikut dibagikan momen saat kamu akan menjelajah pariwisata di Aceh. Ini video yang menggambarkan pesona Aceh, keren-keren!

Baca Juga:  Pesona Indah di Pantai Lampuuk, Aceh

Saat pandemi seperti sekarang, slogan-slogan nasionalisme bermunculan. Acap kali kita mendengar kalimat ‘Cinta Tanah Air’. Tapi sebenarnya bagaimana sih cara kita mencintai tanah air itu?

Nah, kamu bisa teladani beberapa contoh sikap cinta tanah air. Satu caranya adalah, mengenal sejarah dan kebudayaan Aceh.

Baca Juga:  Mengenal Taman Putroe Phang Banda Aceh
Baca Juga:  Mengenal Pakaian Adat Aceh

Kebudayaan dan destinasi alam Indonesia begitu kaya, indah, memesona dan memikat hati.

Aceh adalah provinsi di Indonesia yang ibu kotanya berada di Banda Aceh. Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi status sebagai daerah istimewa dan juga diberi kewenangan otonomi khusus.

Aceh terletak di ujung utara pulau Sumatra dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Satunya tampan dan pasangan wanitanya cantik. Serasi dan penampilan keduanya tampak elegan dan mewah. Jangan lupa follow dan like instagram@yunie_s99.

Semangat cinta tanah air adalah sikap patriotisme. Rasa cinta kepada bangsa ini adalah semangat nasionalisme. Keduanya harus melekat pada diri kita, ya Sob!

Netizen yang satu ini, bisa dibilang cantiknya alami, ditambah mengenakan pakai dari baju tradisional Aceh, oalah cantiknya makin-makin.

Mengembangkan rasa cinta kepada tanah air dan bangsa adalah termasuk dalam butir-butir pancasila, yaitu ada di sila yang ketiga.

Bunyi sila ketiga, ‘Persatuan Indonesia.’

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, sejatinya harus tertanam rasa cinta tanah air. Bangga sebagai anak Indonesia, ini merupakan perwujudan dari pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Di era yang serba canggih saat ini, generasi muda diharapkan tidak melupakan nilai-nilai budaya kedaerahan. Mari kita mendukung setiap upaya dalam memperkuat kebudayaan Indonesia dalam menyatukan persatuan dan kesatuan bangsa.

Mau tahu banyak kebudayaan Aceh, yuk klik dan jangan lupa, follow instagram di bawah ini.

Jangan lupa Klik juga yang ini, Klik  Aceh Tourism

Baca Juga:  Mie Aceh, Kuliner Khas Kota Serambi Mekah, Pedasnya Menggoda!
Baca Juga:  Mengenal Tari Laweut dari Aceh

Nggak boleh dong, generasi muda lupa nilai-nilai budaya kedaerahan.

Kamu wajib mengenal semua budaya di Indonesia, hari ini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Tentu, momentum pas untuk yuk perkuat rasa cinta tanah air.

Indonesia dilahirkan oleh generasi-generasi muda yang penuh idealisme, cinta tanah air dan bangga sebagai anak Indonesia. Jika tidak, mungkin saja, bangsa Indonesia masih tetap dijajah oleh bangsa lain.

Indonesia mau dijajah lagi?

Maka dari itu, kita harus berterimakasih kepada pahlawan yang berjuang di masa penjajahan. Kobarkan di dadamu rasa cinta tanah air dan sikap nasionalisme.

Untuk anak muda hari ini, atau Milenial Zaman Now! Wahai generasi muda, hello?

Kamu loh, generasi penerus bangsa ini. Jangan-jangan, kamu yang kelak akan menjadi Presiden di masa depan. Who knows?

Lanjutkan baca ke halaman berikut, silakan Klik! | (Bersambung)

× Hubungi kami