Mau Liburan Sambil Hunting Foto, Ini 3 Museum di Jakarta yang Cocok Dikunjungi

Pariwisata Indonesia
Sepasang kekasih bersepeda di depan Museum Fatahillah di Kota Tua. (Foto: Media PI/Dok.JP-A.Kurniawan Ulung)

DKI Jakarta menawarkan banyak hal menarik bagi wisatawan yang ingin mengunjunginya, mulai dari spot wisata belanja, hingga lainnya. Satu yang tak kalah serunya yakni wisata edukasi dengan menjelajahi beragam museum di Jakarta yang di tempat ini tidak semata-mata liburan, tapi Anda sekaligus bisa pula melakukan hunting foto.

Sudah tentu akan memberi pengalaman tersendiri yang sayang buat dilewatkan. Berikut beberapa museum yang direkomendasikan untuk wajib dikunjungi bila sudah menginjakkan kakinya di Jakarta yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Museum Fatahillah di Kota Tua

Lokasi pertama, wisatawan dapat mengunjungi Museum Fatahillah yang berada di kawasan Kota Tua. Museum ini bernama resmi Museum Sejarah Jakarta yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Jakarta Barat, dan dulunya merupakan gedung Balaikota Batavia.

Bangunan ini didirikan pada 1707 sampai 1712 atas perintah Gubernur Jenderal Joan van Hoorn. Di dalam Museum Sejarah Jakarta, pengunjung dapat ditemui berbagai obyek, antara lain bukti perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa silam.

Di dalam Museum Sejarah Jakarta, pengunjung dapat ditemui berbagai obyek, antara lain bukti perjalanan sejarah Jakarta, replika peninggalan masa Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Jakarta, mebel antik mulai dari abad ke-17 sampai 19, keramik, gerabah, dan prasasti.

2. Museum Nasional

Museum Nasional Indonesia juga dikenal sebagai Museum Gajah yang ditandai di halaman depan terdapat patung gajah terbuat dari perunggu. Lokasinya berada di dekat Monumen Nasional (Monas), tepatnya di Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Jakarta Pusat. Dikutip dari situs resmi Museum Nasional, museum ini dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda pada 1862.

Saat ini, Museum Nasional menyimpan sekitar 160.000 benda-benda bernilai sejarah yang terdiri dari tujuh jenis koleksi. Ketujuh koleksi itu meliputi benda prasejarah, arkeologi masa klasik atau Hindu – Buddha, numismatik dan heraldik, keramik, etnografi, geografi, dan sejarah.

3. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia (BI) terletak di kawasan Kota Tua, Jakarta. Di tempat ini, wisatawan yang datang diajak kembali ke masa lalu serta melihat perkembangan perekonomian di Indonesia.

Salah satunya, yakni miniatur Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC), adalah bukti kongsi dagang milik Belanda di tanah air yang merupakan cikal bakal hadirnya perbankan di Nusantara. (Rizky)

Editor:  Soetardjo

× Hubungi kami