3 Masjid Bersejarah di Jakarta Cocok Jadi Tempat Wisata Religi

Pariwisata Indonesia
Ilustrasi gambar: Masjid Istiqlal (Foto: Media PI/Dokumen Ryan Fareld)

Setelah tiba di Ibu Kota negara Indonesia, jangan lewatkan mengunjungi sejumlah tempat wisata religi yang berlokasi di DKI Jakarta sekaligus bisa menenangkan hati.

Bagi wisatawan yang belum paham di mana saja lokasi tempat wisata religi di DKI Jakarta, yuk simak rangkuman berikut ini.

1. Masjid Agung Sunda Kelapa

Sejarah panjang perjalanan bangsa ini terlihat dalam bangunan yang masih berdiri kokoh hingga sekarang, yakni Masjid Agung Sunda Kelapa. Dulunya merupakan gedung peninggalan Belanda yang dipergunakan sebagai Kantor Pos dan Perusahaan Kereta Api.

Setelah Belanda tak lagi berkuasa, fungsi gedung kembali dimanfaatkan sebagai kantor Angkatan Laut Jepang. Namun, selepas Indonesia merdeka, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada 1987 melakukan pemugaran dan akhirnya dipergunakan menjadi masjid hingga hari ini.

Pariwisata Indonesia
Masjid Agung Sunda Kelapa

Masjid Agung Sunda Kelapa berlokasi di Jl. Taman Sunda Kelapa No.16, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

2. Masjid Istiqal

Masjid Istiqlal yang berlokasi di Jakarta Pusat ini merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara, dan pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno atau Bung Karno.

Menyoroti arsitek masjid ini ialah Fredrich Silaban, dan pemancangan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan pada 24 Agustus 1961 dan baru diresmikan pada 22 Februari 1978.

Masjid Istiqlal berlokasi di Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, dan ilustrasi gambar tempat wisata religi ini terlihat dalam foto headline artikel berjudul “3 Masjid Bersejarah di Jakarta Cocok Jadi Tempat Wisata Religi”.

PariwisataIndonesia, PariwisataIndonesia-Foto-Masjid Al Alam Cilincing
Masjid Al Alam Cilincing

3. Masjid Al Alam Cilincing

Masjid Al Alam Cilincing atau Masjid Al Alam Marunda menjadi saksi bisu sejarah Islam di tanah Betawi yang didirikan oleh Sultan Fatahillah saat akan merebut Sunda Kelapa dari Portugis.

Tempat wisata religi yang satu ini merupakan masjid paling tertua di wilayah DKI Jakarta, di sisi lain sangat besar nilainya bagi sejarah Jakarta dan Indonesia.

Berdasarkan versi sejarah dinas purbakala DKI Jakarta, masjid ini dibangun pada 22 Juni 1527, persis sama dengan Hari Ulang Tahun DKI Jakarta atau HUT Jakarta yang ke-495 tahun yang jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022, beberapa waktu lalu.

Masjid al-Alam Cilincing terletak di daerah Cilincing Lama RT 005 / RW 05 Kelurahan Cilincing, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. (Rizky)

Editor:  Soetardjo

× Hubungi kami