Benteng Perang Saksi Bisu Perjuangan RI di Yogyakarta

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg atau yang dulunya disebut Benteng Rustenburg adalah sebuah museum negeri yang memiliki koleksi yang beragam mulai dari diorama, minirama, arsip negara, hingga karya seni yang berhubungan dengan perjuangan bangsa Indonesia. Museum vredenurg dibangun pada tahun 1767 yang kala itu digunakan oleh pihak belanda untuk memantau pergerakan keraton.

Bentuk dari bangunan ini sendiri sangat sederhana yaitu bujur sangkar dengan parit-parit disekelilingnya. Tiap-tiap sudut benteng merupakan pos penjagaan yang oleh Sultan HB I diberi nama sendiri-sendiri. Berturut-turut mulai dari barat laut searah jarum jam yaitu Jayawisesa, Jayapurusa, Jayaprakosaningprang, dan Jayaprayitna.

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg, foto: Visiting Jogja

Dalam sejarah panjangnya, benteng ini memiliki pergantian fungsi yang cukup panjang. Mulai awal berdiri sebagai benteng pertahanan keraton, kemudian pada tahun 1830 direbut menjadi benteng pertahanan Belanda dan pada tahun 1945 direbut kembali sebagai benteng pertahanan RI dan kini sudah menjadi cagar budaya dan museum nasional di DIY.

Koleksi museum ini sangat beragam mulai dari diorama pemilihan dan pelantikan Jenderal Besar Sudirman, Minirama Budi Utomo, arsip Sutomo yang berisi alamat gedung kementerian RI ketika ibukota masih di Yogyakarta. Bahkan kendil yang dulunya digunakan Jenderal Besar Sudirman untuk minum juga ada di dalam museum ini.

Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg, foto: Alodia Tour

Memiliki corak bangunan khas Eropa klasik. Museum Benteng Vredeburg terletak di titik 0 km Yogyakarta atau berada di ujung bagian selatan Jalan Maloboro, seberang Gedung Agung atau Istana Kepresidenan di Yogyakarta.

Museum yang luasnya mencapat 2100 meter persegi ini pengunjung dapat menikmati seluruh fasilitas seperti toilet, wifi gratis, ruang ibadah, perpustakaan hingga pojok diskusi hanya dengan membayar Rp. 3000,- untuk dewasa dan Rp. 2000,- untuk anak-anak.

Museum ini memiliki jam operasional yang lumayan panjang sebab di hari biasa museum ini buka mulai pukul setengah delapan pagi hingga pukul empat sore sedangkan pada hari libur jam buka Museum Vredeburg diperpanjang 30 menit sampai pukul setengah lima sore.

Tak hanya sekedar berfoto-foti ria disini juga wisatawan dapat membeli merchendise seputar museum vreburg, dengan harga yang ramah di kantong tentunya. (Bahrul)