Berburu Lemang, Kuliner khas Ramadhan

Lemang
foto: steemit.com

Beraneka ragam kuliner lezat kerap muncul saat bulan Ramadhan tiba, bahkan beberapa di antaranya hanya dapat ditemukan ketika bulan puasa saja. Sebut saja bubur candil, kolak pisang, dan kurma yang menjadi ikon saat bulan puasa datang, dan tentu jadi menu incaran untuk berbuka puasa. Seperti di masyarakat Aceh, memiliki kuliner khas saat ramadhan tiba yaitu Lemang, rasanya belum lengkap berbuka puasa tanpa Lemang. Yah, kuliner khas Kota Serambi Makkah ini memang menjadi salah satu menu utama sekaligus pelengkap saat berbuka puasa.

Lemang
foto: steemkr.com

Lemang yang dibuat dari beras ketan hitam dan santan sebagai bahan dasar utamannya. Lalu olahan itu dicampur dan dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dimasukkan gulungan daun pisang muda terlebih dahulu. Soal rasa? Sudah pasti gurih, segar, dan enak, serta menggoda selera di padu dengan saus manis yang terbuat dari gula merah semakin menambah kenikmatan dan kelezatannya.

Proses masak Lemang
Lemang, foto: vlix.id

Selain di Aceh, di daerah Palembang juga menjadikan Lemang sebagai salah satu menu berbuka puasa, karena makanan khas yang terbuat dari bahan baku beras ketan dicampur santan kelapa yang dimasukan kedalam bambu kemudian dibakar, ini sangat diminati masyarakat saat bulan puasa tiba. Tape ketan yang menjadi semacam sausnya atau kuah untuk melengkapi penganan khas ramadhan ini. Bahkan nggak cuma ada di daerah Aceh dan Palembang, Lemang ini juga tersedia di beberapa kota di Indonesia lhoo.