Berwisata Saat Ramadhan

foto: wisatahalal.sv.ugm.ac.id

Bulan Ramadhan, bukan berarti pada saat kita melakukan ibadah puasa kita tidak melakukan segala aktivitas sampai dengan waktu buka puasa lhoo.  Namun di bulan puasa ini, banyak cara bagi kita untuk menikmati perjalanan wisata, ada banyak tempat wisata yang mudah dijangkau untuk dinikmati sambil berpuasa.  Serta banyak  aktivitas wisata di bulan Ramadhan yang bisa kita lakukan, antara lain :

wisata kuliner ramadhan
kuliner ramadhan foto: wego.co.id

1. Wisata Kuliner
Waktu menjelang bulan suci Ramadhan, biasanya akan benyak timbul tempat wisata kuliner yang menyajikan beragam jenis kuliner. Dari jenis jajanan pasar tradisional meupun modern. Pasar ini biasanya dibuka menjelang sore hari hingga malam hari. Banyak lokasi pasar kuliner yang menyediakan paket harga Ramadhan untuk ditawarkan kepada para pelanggannya. Sambil menikati jalan-jalan sore di bulan suci Ramadhan atau yang dikenal dengan nama ngabuburit, kita bisa memilih banyak menu untuk santapan hidangan untuk berbuka puasa nanti.

wisataa-belanja
foto: tripzilla.id

2. Wisata Belanja
Tempat wisata belanja seperti pasar atau supermarket yang menyediakan berbagai macam kuliner sajian untuk menu buka puasa baik jajanan tradisional hingga bahan kebutuhan-kebutuhan lainnya, untuk dipersiapkan buka dan sahur atau pun belanja untuk keperluan menjelang hari raya Idul Fitri juga bisa kamu lakukan.

wisata religi
foto: nativeindonesia.com

3. Wisata Rohani
Selain itu salah satu cara untuk mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan , kita bisa melakukan aktivitas kegiatan rohani seperti mengunjungi masjid untuk melakukan ibadah dan itikaf, selain itu kita bisa menambah pengetahuan agama atau pun sejarah tentang masjid itu sendiri. Atau kita bisa juga mengunjungi sebuah rumah anak-anak yatim piatu dan dhuafa yang bisa kita kunjungi untuk melakukan suatu kegiatan bersama dengan mereka.

Dan masih banyak cara untuk menikmati wisata di Bulan Ramadhan, baik di dalam kota maupun di luar kota. Yang terpenting segala sesuatu kegiatan liburan yang bersifat positif dan bernilai ibadah di bulan suci Ramadhan itu akan dibalas berlipat ganda lhoo. Jangan lupa! Saat seperti ini dimana wabah virus corona masih belum hilang dari bumi Indonesia, untuk selalu jaga kesehatan, jaga jarak aman dan selalu jaga kebersihan yaa!