Wisata Favorit Bengkulu

Sobat Pariwisata, jika mengunjungi Provinsi Bengkulu, dijamin nyesel bila tidak ke 5 lokasi wisata favorit dan populer yang direkomendasikan ini. Tidak sabar mau liburan, tapi 'gatot' karena pandemi Covis-19? Hmm, catat saja dulu, Sob! Dibuat sebagai daftar untuk lokasi liburan kamu nanti. Penasaran mau tahu? Simak ulasan berikut.
5 destinasi wisata di bengkulu, pariwisata bengkulu, pariwisata indonesia, ADA SANDAL JODOH DI BENGKULU,EXPLORE INDONESIA,HALO INDONESIA,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PVK,PANTAI TAPAK PADERI,PANTAI-PANTAI DI INDONESIA,PARIWISATA INDONESIA,PARIWISATA NASIONAL,PONDOK SANDAL JODOH,SITUS PARIWISATA INDONESIA,SITUS PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,SITUS RESMI PARIWISATA INDONESIA,SUNSET DI BENGKULU,TAPAK PADERI BEACH,WEBSITE PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL,WEBSITE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA,WISATA BENGKULU,WISATA TERFAVORIT DI BENGKULU,Pantai Tapak Paderi, Sunset di Pantai Tapak paderi, suasana Sunset, INDONESIA CULTURE AND TOURISM,BEAUTIFUL INDONESIA,BERITA PARIWISATA INDONESIA,EXPLORE INDONESIA,GO INDONESIA,GO SELAYAR,HALO INDONESIA,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA TOURISM INVESTMENT,INDONESIAN TOURISM WEBSITE,KEPULAUAN SELAYAR,MEDIA PARIWISATA INDONESIA,MEDIA PVK GRUP,PARIWISATA INDONESIA,PULAU SELAYAR,REKOMENDASI DESTINASI TERFAVORIT DI INDONESIA, Bali, halo indonesia, SITUS PARIWISATA INDONESIA,SITUS RESMI PARIWISATA INDONESIA,SULAWESI SELATAN,TEMPAT WISATA TERBAIK DI INDONESIA,VISIT INDONESIA,VISIT SELAYAR,WEBSITE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,WISATA SULAWESI SELATAN,WONDERFUL INDONESIA,UMI KALSUM FOUNDER PVK GRUP DAN CEO MEDIA PVK GRUP, Pantai Tapak Paderi, danau matano, pariwisata indonesia, media pvi, umi kalsum, Ridwan Semmawi, Air Terjun Tumpak Sewu,Wisata Alama,Wisata Air Terjun,Air Terjun di Lumajang,Wisata Jawa Timur,Pariwisata Indonesia,Info Wisata Alam
Kota Bengkulu dikenal dengan nama Bumi Rafflesia

PariwisataIndonesia.id – Sobat Pariwisata, Kota Bengkulu terkenal dengan nama Bumi Rafflesia, selain itu kota ini pun memiliki destinasi menarik dan wisata bersejarah. Kota yang terletak di bibir pantai, menjadikan salah satu penyebab pariwisata di kota ini memikat hati wisatawan, keindahan wisata baharinya pun memesona dan istimewa.

Langsung saja, ini 5 lokasi wisata favorit dan populer di Kota Bengkulu.

1. Pantai Panjang

Pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang, sesuai namanya mencapai 7 kilometeran. Fasilitas yang tersedia di objek wisata Bengkulu terbilang lengkap mulai dari penginapan, area bermain anak-anak, pusat belanja, sampai dengan restoran dan café serta area olahraga. Semua tersedia lengkap disini, sehingga membuat nyaman buat pengunjung berlibur ke pantai panjang.

2. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough merupakan benteng warisan kolonial Inggris. Dulu, berfungsi sebagai benteng pertahanan Inggris. Tempat wisata bersejarah ini terletak di Jalan Benteng, Kebun Keling, Kec. Tlk. Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu 38116.

Benteng Marlborough didirikan oleh East India Company yang berdiri kokoh sejak tahun 1714-1719 dibawah naungan Gubernur Joseph Callet.

3. Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak Paderi awalnya adalah pelabuhan laut pertama yang ada di Bengkulu. Dulunya pantai berfungsi sebagai pendukung transportasi laut Pemerintah Inggris. Lokasi wisata berdekatan dengan Benteng Marlborough.

4. Rumah Fatmawati

Lokasi wisata lain saat Sobat Pariwisat berada di Bengkulu adalah Rumah Fatmawati cocok untuk wisata bersejarah. Selain banyak peninggalan sejarah masa kolonial Inggris, ada juga peninggalan Soekarno, Presiden pertama Republik Indonesia, semasa pengasingan

Rumah Fatmawati terletak di Jalan Fatmawati, Penurunan, Ratu Samban, Kota Bengkulu. Rumah ini dibangun tahun 1920, dan merupakan peninggalan istri ketiga Soekarno.

Oh iya, Sobat Pariwisata, lokasi wisata satu ini, menyimpan banyak kisah sejarah yang harus Sobat ketahui. Selain, Fatmawati adalah ibu negara, sosok di balik bendera Merah Putih yang berkibar saat proklamasi kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, yang menjahit kali pertama bendera merah putih adalah Fatmawati, istri Presiden Soekarno.

Ada yang istimewa di wisata ini, Rumah Fatmawati tampak artistik, sarat dengan ornamen kayu serta mengusung konsep Rumah panggung. Bangunan bersejarah ini dominan warna kecokelatan, hingga akhirnya menjadi ciri khas rumah tradisional Provinsi Bengkulu.

5. Danau Dendam Tak Sudah

Wisata favorit dan populer yang menjadi penutup adalah mengunjungi danau nan cantik. Namun, jangan heran bila namanya sangat unik. Danau Dendam Tak Sudah, itulah sebutan masyarakat setempat menyebut wisata disini.

Konon, nama tersebut muncul karena dua kisah yang menjadi latar belakang penamaan danau itu. Cerita pertama, berdasarkan kisah percintaan.

Alkisah, ini hikayat orang dahulu kala, terdapat sepasang kekasih yang saling mencintai namun tidak mendapat restu orang tua. Lalu, dua sejoli yang tak mau cintanya dipisahkan itu, terjun ke danau dengan memutuskan bunuh diri.

Dikabarkan, ada dua ekor lintah raksasa yang hidup di dasar danau jelmaan sepasang kekasih yang malang tersebut. Sejak saat itu, masyarakat Bengkulu meyakini keduanya masih hidup dan menyimpan rasa dendam.

Cerita kedua, berlatar sejarah semasa Belanda menduduki Indonesia. Versi ini, meninggalkan rekam sejarah yang lebih mendekati kebenaran.

Saat itu, Belanda memutuskan pembangunan dam di danau tersebut. Diharapkan, air danau tidak mudah meluap. Sayangnya, pembangunan dam terhenti. Belanda menyebutnya sebagai ‘Dam Tak Sudah’.

Anehnya, lalu entah siapa memulai, ‘Dam Tak Sudah’ berubah menjadi ‘Dendam Tak Sudah’.

Apapun itu? Di balik namanya yang terdengar aneh, Danau Dendam Tak Sudah menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa. Areanya, memiliki luas 37,50 hektar, berada di Kota Curup, Bengkulu Utara, cuma 6 kilometer dari pusat Kota Bengkulu.

Wisatawan akan makin dimanjakan dengan keberadaan sebuah rakit, sambil memancing ikan sekaligus bisa mengitari danau. Untuk informasi, Danau Dendam Tak Sudah ditetapkan sebagai kawasan cagar alam karena terbilang masih asri, lalu juga dikelilingi bukit-bukit hijau yang menyimpan banyak potensi ekologi dan keseimbangan ekosistem. Danau Dendam Tak Sudah, juga tempat tinggal habitat flora dan fauna langka, loh!

Nah, Sobat Pariwisata! Jika mengunjungi Provinsi Bengkulu, dijamin nyesel bila tidak ke 5 lokasi wisata favorit dan populer yang direkomendasikan ini.

Tidak sabar mau liburan, tapi ‘gatot’ karena pandemi Covis-19? Hmm, catat saja dulu Sobat Pariwisata! Dibuat sebagai daftar untuk lokasi liburan kamu nanti, sob!