Masjid Terbesar ke Dua se-Asia Tenggara

Masjid Islamic Center Samarinda

Indonesia adalah negara yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia. Hal ini menjadikan Indonesia memiliki daya tarik wisata di bidang religi. Di Kalimantan Timur, terdapat sebuah objek wisata religi yang menjadi ikon khas kota Samarinda. Masjid Islamic Center Samarinda atau biasa disingkat MICS ini menjadi masjid termegah kedua se-Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal Jakarta.

Dibangun pada tanggal 5 Juni 2001, masjid yang berdiri kokoh di tepian Sungai Mahakam ini selesai dan diresmikan oleh pada tanggal 16 Juli 2008 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dirancang oleh arsitek ternama Achmad Noe’man membuat bangunan ini terlihat mewah dan megah dengan nuansa Timur Tengah.

Masjid Islamic Center Samarinda(MICS,)
Masjid Islamic Center Samarinda(MICS,), foto: Aan Sopiyan

Masjid ini memiliki filosofi tersendiri pada setiap sudutnya, seperti tujuh menara utama setinggi 99 meter, melambangkan tujuh tingkat surga dan 99 asmaul husna. Anak tangga pada tangga utama masjid melambangkan buah tasbih yang berjumlah 33. Selain menara utama, masjid ini juga memiliki 6 buah menara setinggi 70 meter.  Dua menara pada gerbang masuk masjid dan empat menara pada masing-masing sudut masjid.

Daya tampung gedung mampu menampung 35.000 orang, yang dibagi menjadi tiga bagian. Ruang pertemuan pada lantai dasar 5000 orang, bagian plaza 10.000 orang dan terakhir pada lantai dua yaitu ruang utama untuk shalat yang mampu menampung 20.000 orang. Ini membuat MICS menjadi tempat yang cocok untuk melakukan acara pernikahan megah maupun membuat acara besar seperti seminar dan tabligh akbar.

Terdapat fasilitas pendukung untuk para takmir dan imam masjid, poliklinik, TK, koperasi, serta asrama putra dan putri masing-masing dua lantai. Kombinasi nuansa Madinah dan Turki membuat masjid ini terlihat megah dibandingkan dengan masjid pada umumnya.

Ini Kata Netizen Tentang  Masjid Islamic Center Samarinda!

Masjid Islamic Center Samarinda

Netizen ajeng_wsw terlihat menikmati kemegahan masjid ini. “Kemaren pas ke Samarinda, saya dan bojo (baca: pasangan) menyempatkan untuk berkunjung ke masjid ini, selain masjidnya indah juga luas, nyaman untuk ibadah di sini.”

Masjid Islamic Center Samarinda
Masjid Islamic Center Samarinda, foto: steven_basri

Begitu pula dengan netizen steven_basri yang terlihat befoto mesra di pelataran masjid Islamic Center Samarinda ini.

Sobat Pariwisata! Saat berkunjung ke Kalimantan Timur belum lengkap rasanya kalau tidak mampir ke masjid ini, Sobat bisa menikmati secara langsung kemegahannya sekaligus beribadah.

Dua layar video dari channel youtube Galang Al fatih dan Nasikin Sani mengulas kemegahan Masjid Islamic Center Samarinda. Saksikan videonya dan subscribe ya!