Menginap di Resort Rasa Kampung

Pariwisata Indonesia

Ingin sejenak kabur dari bisingnya perkotaan? Bermimpi tinggal sementara di kampung halaman dan menjadi warga pedesaan? Desa Alamanis jawabannya. Di desa ini, Sobat Pariwisata bisa menjadi warga meskipun hanya dua hari.

Meskipun baru berumur tiga tahun, resort ini cukup popular, loh. Irish Bella, Charlie ST12, Denny Cagur, Dhini Aminarti dan Dimas Seto adalah sebagian artis yang pernah stayvacation di resort ini.

 

Resort yang berada di dekat pusat Kota Cirebon ini memiliki 5 jenis kamar yang bisa Sobat Pariwisata pilih, yaitu Pringgodan/ Standar Room (9 unit), Prabayasa/ Deluxe Room (16 unit), Panembahan/ Super Deluxe (14 unit), Pendopo/ Suite Room (3 unit), dan Panembahan Agung (1 unit). Uniknya, kamar-kamar ini berada tersebar di 6 RT (Rukun Tetangga). Wah, seperti desa sungguhan, ya. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, mulai dari 700.000an.

Menjadi warga desa, kurang lengkap jika belum memiliki identitas penduduk, bukan? Tenang saja! Saat memasuki Kantor Kepala Desa (Lobby), Sobat Pariwisata akan dibuatkan KTP khusus Warga Desa Alamanis.

Saat menyusuri Desa Alamanis, Sobat Pariwisata akan menemukan bangunan-bangunan serta jalan setapak yang didesain jadul. Petunjuk arah berwarna hijau juga menjadi pelengkap fasilitas desa.

Pariwisata Indonesia

Desain interior resort ini membuat Sobat Pariwisata seakan-akan kembali ke kampung halaman. Tempat tidur dengan kelambu menjadi salah satu ciri khas resort dengan konsep tempo dulu. Ada juga pernak-pernik kecil yang jarang ditemukan di resort lain, seperti sapu lidi untuk membersihkan kasur sebelum tidur. Unik, kan?

Salah satu daya tarik kamar di resort ini adalah kamar mandi pribadi yang berada di luar ruangan. Selain itu juga terdapat kulah atau bak mandi yang terbuat dari batu dan dilengkapi dengan pancuran. Menurut cerita, kulah adalah kolam kecil yang digunakan para putri keraton untuk mandi. Wah, tiba-tiba jadi putri, nih.

Pariwisata Indonesia

Konsep desa di resort ini dibuat nggak tanggung-tanggung, loh. Sobat Pariwisata bisa menemukan Koperasi Unit Desa yang memamerkan berbagai kerajinan tangan, Telaga Manis untuk berenang, Warkop Bi Tirah yang menyediakan camilan pasca berenang di kolam, Pos Kamling, serta Panti Urut Nok Sumi (spa).

Layaknya desa sungguhan, Desa Alamanis juga menyediakan Balai Desa yang bisa digunakan untuk meeting atau pertemuan dengan rekan-rekan kantor. Mindahin kantor dari kota ke desa? Seru juga, ya!

Sobat Pariwisata juga bisa menggunakan ruangan di Desa Alamanis untuk momen indah seperti engagement atau wedding party. Ada paket khususnya, loh.

Pariwisata Indonesia

Di masa new normal ini, tamu di Desa Alamanis Resort masih banyak berdatangan. Semua itu tidak lepas dari kepercayaan para tamu terhadap pihak pengelola.

Manajemen Desa Alamanis memang disiplin dalam menerapkan aturan pemerintah. Kesehatan seluruh staff menjadi hal yang terus dipantau. Selain itu, para staff juga menjalankan protokol kesehatan seperti melengkapi diri dengan masker dan face shield serta senantiasa menjaga kebersihan. Kondisi kesehatan para tamu juga tidak lepas dari pemantauan pihak manajemen.

Desa Alamanis Resort terletak di Jalan Cirebon Kuningan, Gronggong, Kecamatan Beber, Cirebon, Jawa Barat, sekitar 7 km dari pusat Kota Cirebon. Dekat, kan? Yuk, ikutan jadi warga Desa Alamanis!(RPI/Nita)