Pariwisata Indonesia Tawarkan Tour Hopping Islands di Negeri Laskar Pelangi

Sekali Mendayung, Empat Lima Pulau Jadi Tempat Selfie
Pariwisata Indonesia, PariwisataIndonesia-Foto-Tour Hopping Islands Belitung, Liburan ke Negeri Laskar Pelang, Pariwisata Bangka Belitung, Pariwisata Indonesia, Pariwisata Indonesia 2022, Artikel Pariwisata Indonesia, Jelajah Pariwisata di Indonesia, Tour Hopping Islands di Negeri Laskar Pelangi, Pulau Lengkuas, Pulau Batu Berlayar, Pulau Batu Garuda, Pulau Lighthouse, Pulau Pasir, Telaga Bidadari di Belitung, #LiburandiIndonesiaAja, Tour Hopping Islands, Negeri Laskar Pelangi, Andrea Hirata, Andrea Hirata Seman Said Harun, Belitung ditetapkan sebagai Global Geopark UNESCO sejak 2021 silam, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terdiri dari dua pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Belitung atau Belitong serta 468 pulau kecil lainnya Tapi hanya 50 pulau saja yang berpenghuni, Pantai Tanjung Kelayang, Media PVK Group, PT Prima Visi Kreasindo
Salah satu spot foto keindahan destinasi alam di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memesonakan mata siap menawarkan Tour Hopping Islands di Negeri Laskar Pelangi

Halo, Gaes!

Menurut gue, destinasi wisata alam yang satu ini makin viral dan ngehits harumkan nama Indonesia di kancah internasional tak bisa ditepis berkat karya anak bangsa yang ditulis oleh Andrea Hirata.

Sosoknya merupakan salah satu novelis Tanah Air terkenal yang berasal dari Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pria yang memiliki nama lengkap Andrea Hirata Seman Said Harun tidak sekedar menyoroti sekuel kisah Ikal dan kawan-kawannya, bahkan ikut menyisipkan keindahan alam “Negeri Laskar Pelangi” yang begitu memesonakan mata, loh!

Terlebih kalo sudah membaca atau nonton serial Laskar Pelangi, maka lo pasti paham, berkat kepiawaiannya diajak pula untuk mengenal Pulau Belitung.

Selain keeksotisan alam, Belitung juga punya beragam keunikan seperti flora dan fauna endemik, warisan geologi purba, hingga budaya yang masih terjaga. Enggak heran kalo Belitung menjadi bagian dari Global Geopark UNESCO sejak 2021 silam. Keren, kan?

Gaes! Provinsi ini terdiri dari dua pulau besar yaitu Pulau Bangka dan Belitung (Belitong), serta 468 pulau kecil lainnya. Tapi hanya 50 pulau saja yang berpenghuni.

Dari banyaknya pulau itu, liburan lo ke Belitung kian paripurna kalo stay tidak di satu pulau aja.

So, gue ngerekomendasiin, gimana kalo lo melakukan tour hopping islands?

Pasalnya, ada beberapa pulau yang sepaket bisa lo jelajah ketika ber-hopping-islands-ria di Belitung.

Eits, tenang aja, letak pulau-pulau ini saling berdekatan, kok!

Karena itu, lo bisa menjelajahinya dengan cukup ‘one-day trip’, asyik bukan?

Untuk memulainya, Pantai Tanjung Kelayang adalah lokasi pertama yang wajib banget lo eksplore ketika berada di Belitung ini.

Jaraknya, diperkirakan 27 kilometer dari Tanjung Pandan dan merupakan kota terbesar di Pulau Belitung.

Mengulik asal nama Kelayang, diambil dari nama burung kelayang (walet) yang banyak ditemukan di pantai tersebut.

Saat lo sudah menginjakkan kaki di Tanjung Kelayang, jangan lewatkan pula menyaksikan deretan batu granit ‘segede gaban’ yang berdiri menjulang dengan gagah perkasanya, konon, bebatuan ini berasal dari zaman megalitikum.

Atas alasan itulah, Pantai Tanjung Kelayang kerap dijadikan sebagai ‘start point’ dalam memulai ‘Tour Hopping Islands’ alias salah satu destinasi populer yang paling banyak disinggahi para turis lokal maupun mancanegara karena memiliki warisan yang sangat elok.

Untuk berkeliling dari satu pulau ke pulau berikutnya, lo perlu menyewa perahu atau boat. Menariknya, para pemilik perahu itu bisa sekaligus berperan jadi pemandu yang bakal nemenin petualangan lo di Belitung. Wow banget, bukan?

Tour Hopping Islands ini juga menawarkan keunikan lainnya dengan mengunjungi satu batu menyerupai burung yang sedang duduk di sarang, terletak di Pulau Batu Garuda.

Lantaran perairan di sekitar pulau ini terbilang dangkal, pengunjung pun banyak memanfaatkan momen tersebut dengan jepret-jepret foto berlatar Batu Garuda yang dikelilingi moleknya hamparan pasir putih dan airnya yang jernih.

Keistimewaan berikutnya yang juga enggak kalah serunya dapat pula lo temukan di Pulau Batu Berlayar.

Di pulau ini, lo disuguhi pemandangan berupa gundukan-gundukan batu granit serupa Pulau Batu Garuda, yang tentunya bisa jadi spot foto keren. Adapun asal mula penamaan pulau ini, diambil dari salah satu batu yang mirip dengan layar perahu nelayan.

Setelah puas foto-foto, lo bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Lengkuas, dan penamaan pulau ini enggak ada hubungannya dengan rempah-rempahan, Gaes!

Awalnya, pulau ini memiliki nama Inggris, yaitu ‘Pulau Lighthouse’, karena keberadaan mercusuar yang dibangun Belanda pada tahun 1882. Pada saat itu, kata ‘lighthouse’ dianggap terlalu sulit untuk dilafalkan oleh warga Belitung, makanya dipelesetkan menjadi lengkuas.

Selain mengunjungi mercusuar yang masih berfungsi hingga sekarang, lo bisa pula menikmati keindahan surga bawah laut di sekitar Pulau Lengkuas. Snorkeling juga menjadi salah satu kegiatan yang gue rekomendasiin saat lo berada di sini.

Pulau selanjutnya yang bisa lo kunjungi adalah Pulau Pasir. Keunikan pada pulau mini ini hanya bisa lo temuin kalo air laut sedang surut. Di tempat ini, lo pun bisa menemukan banyak bintang laut dan berfoto bersama mereka. Untuk menjaga habitat dan kelestariannya, pls jangan angkat mereka dari air laut, ya!

Pulau terakhir yang bisa lo datangi adalah Pulau Kelayang. Karena ukurannya lebih besar ketimbang pulau-pulau yang tadi dikunjungi, lo emang butuh waktu lebih lama mengeksplore pulau ini.

Satu misi yang enggak boleh lo lewatin saat berada di sini adalah menemukan goa rahasia. Goa rahasia ini sebenarnya merupakan celah dari tumpukan batuan granit raksasa yang berbentuk lubang dan bisa lo lewati.

Menariknya lagi, Gaes, di tengah goa ini lo akan menemukan Telaga Bidadari yaitu kolam yang airnya berasal dari air laut yang masuk melalui celah batuan.

Berendam di segarnya air Telaga Bidadari tentunya menjadi ritual wajib buat lo setelah bekerja keras menemukan goa rahasia itu.

Selain deretan pulau tadi, sebenarnya masih banyak pulau indah lainnya yang bisa lo eksplore saat berada di Belitung, dan melalui artikel gue kali ini, mengajak agar lo cukup #LiburandiIndonesiaAja, ya!

Kemon, Gaes! Buruan jadwalin liburan ke Belitung dan nikmati keindahan Negeri Laskar Pelangi ini.

Pewarta: Anita Basudewi Simamora
COPYRIGHT © PI 2022

× Hubungi kami