Pesona Indah dari Atas Bukit Goa Lawa

sumber foto: .explorewisata.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Destinasi wisata ini berada di Desa Harjawinangun, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. terdapat bukit yang menyerupai candi, penduduk sekitar menamai bukit tersebut “Gunung Lawa” karena banyaknya lawa (bahasa jawa) yang artinya kelelawar yang hidup di goa-goa yang terdapat di gunung lawa.

Kalau kamu perhatikan gunung lawa itu sebenarnya bukan 100% bukit tetapi seperti tumpukan bebatuan-bebatuan yang sengaja disusun, untuk mengetahui kebenarannya diperlukan para ahli kepurbakalaan untuk menelitinya. Di puncak bukit tersebut terdapat batu yang sangat besar berbentuk kepala manusia. Penduduk sekitar memberi nama “watu semar” atau batu semar.

sumber foto: playworld.id

Bukit Goa Lawa atau yang lebih dikenal dengan Batu Agung berada di perbatasan Desa Harjawinangun dan Batuagung,l. Masyarakat setempat menyebutnya Goa Lawa karena di sini banyak kelelawar ya Gaaees.

Bukit Goa Lawa buka setiap hari, dari jam 12.00 sampai 18.00 WIB di hari senin-jumat. Sedangkan di hari sabtu dan minggu, buka dari jam 08.00 sampai 18.00 WIB. Untuk biaya masuk sebesar Rp5.000 lhoo per orangnya dan Rp5.000 aja untuk biaya parkirnya.

Menuju ke lokasi, ada baiknya kamu memakai sepatu. Karena medannya cukup sulit, apalagi bagi pemula tentu medannya cukup ekstrim lhoo Gaaeees. Banyaknya batu-batu besar yang harus didaki, bahkan di spot tertentu ada tanjakkan yang cukup curam.

Jadi akan lebih baik jika kamu berkunjung didampingi oleh yang lebih berpengalaman. Setelah sampai di puncak bukit dengan ketinggian sekitar 434 mdpl, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan kemegahan Gunung Slamet, beberapa pegunungan, dan hutan-hutan di sisi lainnya.

Tapi ingat ya Gaaees! Untuk saat ini kamu jangan berkunjung dulu sebelum wabah virus corona ini hilang dari negeri tercinta Indonesia.

#Dirumahsaja #LawanCorona #JagaKesehatan #JanganPanik #PariwisataIndonesia #CintaIndonesia