Sroto Sokaraja, Cocok Buat Buka Puasa

Sroto Sokaraja, foto: merahputih.com

Bulan ramadhan memang bulan yang dinanti umat muslim di Dunia, termasuk di Indonesia. Ada yang jadi ciri khas bulan puasa ini adalah saat menjelang waktu berbuka, kebanyakan orang pasti mencari menu untuk berbuka puasa. Mulai dari menu buka yang ringan-ringan seperti bubur, kolak, dan lain sebagainya, hingga menu yang berat-berat seperti soto ayam, bakso ataupun yang lainya. Yah, buat kamu yang suka berbuka langsung dengan yang menu berat, boleh coba nih salah satu kuliner khas dari Banyumas, Jawa Tengah. Di kenal dengan nama Sroto Sokaraja.

Sroto Sokaraja
foto: ayobekasi.net

Sroto Sokaraja ini adalah soto khas dari Sokaraja, Banyumas, Jawa Tengah. Seperti soto yang kita tahu pada umumnya, namun di Banyumas soto ini namanya Sroto. Sroto ini menggunakan daging ayam atau sapi sebagai isiannya. Potongan daging ayam atau sapi nya dicampur kuah yang sudah di masak menggunakan bumbu sepert bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, garam, dan merica bubuk. Kunyit ini yang membuat kuah sroto nya berwarna kekuningan, lebih sedap lagi di tambah bumbu sambal kacang jadi bikin maknyuss abis pokoknya.

Sroto Sokaraja
foto: katalogwisata.com

Menikmati Sroto Sokaraja, bisa dicampur kecambah, suun, serta potongan daun seledri bisa juga potongan jeroan seperti hati dan ampela ayam sesuai selera kamu. Ditambah kerupuk sagu merah muda yang selalu jadi pendamping sroto ini dan unik nya lagi krupuknya dihancurkan dan dimasukkan dalam kuah soto nya. Ini membuat rasa kuahnya terasa lebih gurih, serta menambah tekstur warna yang menarik sroto tersebut lhoo. Serta dicampur ketupat sebagai campuran pengganti nasi, ini yang membuat salah satu keunikan Sroto Sokaraja ini.