3 Tempat Wisata Peradaban Masa Silam yang Masih Berdiri Kokoh di Jabar

Pariwisata-Indonesia, Pariwisata-Indonesia-Foto-Gerbang pertama saat memasuki ke kawasan Wisata Gunung Padang
Gerbang pertama saat memasuki ke kawasan Wisata Gunung Padang berlokasi di perbatasan dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur. Jawa Barat. (Foto: Media PI/Dok. Wisata Situs Gunung Padang)

Provinsi Jawa Barat memiliki banyak tempat peninggalan peradaban masa lalu yang masih tersimpan dan berdiri kokoh. Peradaban ini menjelaskan bahwa wilayah ini merupakan daerah dengan budaya yang tinggi. Berikut beberapa peninggalan peradaban yang masih ada dirangkum dari berbagai sumber:

1. Situs Gunung Padang

Peninggalan megalitikum ini akan membuatmu terpukau. Situs yang besar ini merupakan punden berundak terbesar di Asia Tenggara. Ada yang unik dari batu di Situs Gunung Padang. Bila wisatawan memukulnya maka batu akan mengeluarkan bunyi.

Batu ini bagaikan not-not nada yang bisa bermain musik. Ada beberapa fakta yang menarik setelah dilakukannya penelitian terhadap tempat tersebut yaitu Situs gunung Padang lebih tua dari Piramida Giza.

Pada uji karbon di BATAN sedalam 5 meter hingga 12 meter berusia 14.500-25.000 tahun, dengan metode LSC C14 kedalaman 4 meter di lokasi bor coring 1 usia material paleosoil adalah 5500 + 130 BP, uji pasir kedalaman -8 hingga -10 meter lokasi cor boring 2 berusia 11000 + 150 tahun.

Teras-teras gunung padang mirip dengan struktur di Machu Pichu, Peru. Berlokasi di perbatasan dusun Gunung Padang dan Panggulan, desa Karyamukti, kecamatan Cempaka, kabupaten Cianjur.

2. Situs Ciung Wanara Karangmulyan

Merupakan situs Hindu-Budha dan jejak peninggalan Kerajaan Galuh Pusaka. Di dalam situs ini terdapat Batu Pangcalikan, Panyabungan Ayam, Sanghiyang Bedil, Lambang Peribadatan, sumber mata air Ceteguh dan Cirahayu, Makam Adipati Panaekan, Pamangkonan, Panyandaran, Cikahuripan.

Disana juga terdapat jalan kuno sebagai penghubung Padjajran Majapahit dengan Situs Karangmulyan. Situs arkeologi ini terdapat di Desa Karangmulyan, Cijeunjing, Ciamis, Jawa Barat dengan tiket masuk Rp. 2.300 Per orang.

3. Taman Purbakala Cipatri Kuningan

Di depan pintu masuk disusun oleh batu tipis yang berdiri tegak, pada kanan gerbang berdiri menhir. Kamu akan melihat batu-batu megalithikum yang tersusun rapi, peti kubur batu, kapak batu, gelang batu, gerabah, dan menhir.

Sayangnya tidak ada penjelasan yang tertulis dari setiap batu yang ada. Tempat itu disusun untuk pemujaan nenek moyang dan penyimpanan sesaji. Belum banyak orang yang megetahui taman yang sejuk dan rindang ini. Terletak di kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. (Rizky)