Bukan Coto! Ini 2 Kuliner Makassar yang Bikin Ngiler

Foto: joinfoodkulinergoyanglidahindonesia.blogspot.com

Mendengar kata Makassar, kira-kira makana apa yang terlintas di kepala kalian? Tentu kalau bukan Konro, ya Coto, bukan?

Tapi ternyata, banyak macam makanan khas Makassar yang sangat direkomendasikan buat para pelancong loh. Apa saja sih kuliner Makassar selain Coto dan Konro yang tentunya bakal memanjakan lidahmu? Langsung saja kita cek!

1. Pallubasa Onta

Foto: Detik.com

Wah! Kuliner Makassar ada yang pakai onta? Eits, jangan salah paham dulu ya. Pallubasa onta ini bukan berarti terbuat dari daging onta sungguhan.

Pallubasa sendiri merupakan hidangan kuah yang berbahan dasar daging sapi yang sudah dilumuri rempah lalu bersama kuahnya ditambah kuning telur ayam kampung mentah sebagai penambah rasa gurih dan lezat dari pallubasa sendiri.

Nama onta sendiri berasal dari nama jalan tempat pallubasa ini dijual. Tepatnya berada di Jalan Onta Lama No. 103, Mandala, Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90132

Jam Operasional: 09:00 – 23:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 13.000,- – Rp 20.000,-

2. Pallu Kaloa

Foto: joinfoodkulinergoyanglidahindonesia.blogspot.com

Lagi-lagi kita bakal makan pallu, namun ini bukan pallu yang digunakan tukang ya. Pallu sendiri dalam bahasa Makassar berarti masakan. Jadi di sini, pallu kaloa berarti masakan yang dibuat dari kaloa.

Jika dilihat baik-baik kalian yang mencicipi pallu kaloa pasti bakal mengira bahwa makanan ini adalah rawon. Karena memang kaloa sendiri merupakan kluwak, bumbu yang digunakan untuk membuat rawon. Hanya saja pallu kaloa menggunakan kepala ikan sebagai bahan utamanya. Lain dengan rawon yang menggunakan daging sapi.

Karena menggunakan ikan, ditambah dengan gurihnya biji kaloa yang membuat kuah dari pallu kaloa menjadi kaya akan rasa. Tentu saja ini membuat cita rasa yang timbul dari pallu kaloa sangat khas dan lezat. Ditambah lagi jika kita makannya ditambah nasi putih yang hangat. Beuuuhhhhh!

Pallu kaloa ini bisa kamu cicipi di Jalan Tentara Pelajar No. 104, Melayu, Wajo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90173
Jam Operasional: 08:30 – 23:00 WITA
Kisaran Harga: Rp 12.000,- – Rp 28.000,-