Dendeng Batokok Kuliner khas Jambi

Salah Satu Kuliner khas Jambi
dendeng batokok

PariwisataIndonesia.id – Kuliner Dendeng Batokok adalah salah satu kuliner khas dari masyarakat Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Kuliner berbentuk pipih makin nikmat disantap jika dibaluri cabe merah pedas. Bikin segar.

Kuliner yang satu ini bisa sobat pariwisata temukan di rumah makan yang ada di Siulak Deras dan Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.

sumber foto: selerasa.com

Bahan baku dari Dendeng Batokok berasal dari daging sapi, namun ada juga yang menggunakan berbahan daging kerbau. Batokok dalam bahasa Kerinci artinya di pukul-pukul.

Di sebut Dendeng Batokok sebab sebelum dipanggang diatas bara arang dari tempurung kelapa, lebih dulu dilumuri minyak kelapa.

Berikutnya daging yang sudah di bumbui di tokok atau di pukul-pukul pelan agar pipih menggunakan palu atau batu ulekan.

sumber foto: m.tribunnews.com

Ini yang jadi salah satu rahasia, daging matangnya sempurna dan tidak alot. Dendeng Batokok rasanya enak dan segar. Daging yang sudah ditumbuk lebih mudah menyerap bumbu-bumbu. Dilumuri dulu sebelum pemanggangan. Kuliner ini cocok dinikmati dengan nasi yang berasal dari beras payo yang merupakan jenis padi lokal dari Kabupaten Kerinci.

Meski hampir mirip dengan Dendeng Batokok yang berasal dari Sumatera Barat, namun secara tekstur dan rasa berbeda lhoo. Dendeng Batokok Sumatera Barat bertekstur kering dan gurih, sedangkan Dendeng Batokok khas Kerinci agak basah dan lembut.

Cicipi salah satu kuliner khas dari Kabupaten Kerinci ini, dan rasakan sensasi kelezatan yang bikin susah untuk dilupakan. Jika berkunjung ke Kabupaten Kerinci, mampir ya!