Di Balik Cerita Camilan #Pempek, Mau Tahu?

Aneka Jenis Pempek khas Kota Palembang (Ilustrasi foto, sumber instagram @ombuncittt)

Palembang, PariwisataIndonesia.ID – Camilan satu ini tentu menjadi buah tangan andalan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Palembang, Sumatera Selatan, yakni ‘pempek’ atau dikenal juga dengan sebutan ‘empek-empek’.

Hal itulah yang menjadikan Kota Palembang disebut sebagai ‘Kota Pempek’. Alasan ini pula yang menjadikan ‘pempek’ merupakan kuliner khas Sumatera Selatan.

Wisatawan yang berkunjung ke Palembang belum lengkap jika belum mencicipi makanan yang terbuat dari ikan dan tepung sagu yang disajikan dengan siraman kuah bernama cuka.

Kontributor Sumatera Selatan Media PariwisataIndonesia.ID, Danu menghadirkannya sebagai artikel pertama dan cuka di Kota Palembang mengemuka dengan sebutan cuko. Selamat membaca!

Kembali menyoroti kuah cuko, identik berwarna coklat dan memiliki paduan rasa, seperti terasa pedas, manis bahkan sebagian orang menilai sedikit asam. Kendati demikian, tidak menyengat di mulut dan di lidah. Dijamin rasanya pas alias maknyus!

Untuk itu, sensasi tersendiri saat menyantap dan menikmatinya langsung dari tempat asalnya, tertarik?

Asal mula nama pempek atau empek-empek

Selanjutnya, sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya untuk mengenal sejarah singkat camilan ini. Dari Kota Palembang, Danu menerangkan salah satu kuliner yang menjadi khasnya Sumatera Selatan, berikut penjelasannya.