Kuliner Khas Kota Banjarmasin, Maknyus Euy!

Katupat Kandangan, Makanan Urang Banjar
ketupat kandangan

Membicarakan Kuliner Indonesia, nggak bakal ada habisnya. Hampir di tiap daerah, punya khasan masing-masing. Seperti halnya juga di Kota Banjarmasin, ada kuliner khas yang cocok banget disantap sebagai menu sarapan di rumah. Dihidangkan bersama keluarga tercinta. Dekati hari lebaran bingung, mau bikin apa?

Dan ‘Gaaees untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 supaya nggak meluas. Ada baiknya bikin makanan sendiri deh di rumah kamu. Kuliner yang mau kali ini kita ulas adalah Ketupat Kandangan atau bisa juga disebut Katupat Kandangan.

Kota Banjarmasin dan Masyarakat Kalimantan Selatan, umumnya pasti kenal banget kuliner ini. Favorit dan popular ketupatnya. Semua lapisan masyarakat suka.

Baca Juga:  Soto Banjar Khas Kalimantan Selatan

Nggak cuma disajikan saat Hari Raya aja, tapi tiap hari ada. Ketupat ini jadi salah satu menu favorit untuk sarapan yang bisa ditemui hampir di setiap pojokan Kota Banjarmasin. Ada di Kota Banjarmasin?, Wajib cobain, ‘Gaaes!

Ketupat ini dapat dikatakan merajai saking khasan bangetz. Ketupat kandangan sangat istimewa bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Isi ketupat dari beras Banjar. Beras Banjar beda dengan beras yang ada di Pulau Jawa, lebih pulen. Beras Banjar terasa sedikit lebih ‘karau’ atau sebutannya beras pera. Beras karakteristik macam ini ‘Gaaess, mudah hancur waktu dimakan. Nampol dan pecah saat di dalam mulut. Enaknya, luar biasa.

Proses buat ketupat sama seperti umumnya. Beras dimasukan ke dalam gulungan yang terbungkus daun kelapa muda/nipah/rumbia. Selanjutnya rebus, makin lama rebusnya berjam-jam sehingga bikin nggak mudah basi.

Pariwisata Indonesia, Kuliner Indonesia, Ketupat Kandangan
Foto: masakapahariini.com

Asal nama Kandangan sendiri diambil dari salah satu nama kota di Kalimantan Selatan, tempatnya ketupat ini ya disini ini. Kandangan termasuk wilayah dari salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan, yaitu Hulu Sungai Selatan sekitar 3 hingga 4 jam dari kota Banjarmasin. Asalnya disini ‘Gaaess!

Makin kesininya, menu ketupat kandangan semakin familiar. Masyarakat Kalimantan Selatan suka semua. Dan jadilah menu ketupat kandangan sebagai sajian khas kuliner daerah. Ketupat Kandangan punya keistimewaan loh, beda dengan ketupat yang sudah-sudah.

Keunikan akan kamu rasakan saat menu ketupat kandangan ada di meja makan. Mau tahu, apa bedanya dengan ketupat dari daerah lain? Selalu ketupat dipasangkan dengan opor atau rendang, betul? Disini nggak gitu ‘Gaaess! Kuliner satu ini pasangannya dengan ikan. Berasa aneh dan kok bisa ‘gitu. Apa bisa enak. Iya, bukan?

Baca Juga:  Santuy di Waduk Riam Kanan, Keren Banget!

Cobain dulu, berasa aneh kamu dijamin jadi asoy geboy. Ketagihan dan ngeces, bikin kamu ingin tambah. Ketupat kandangan Banjarmasin disajikan dengan lauk ikan haruan atau disebutnya ikan gabus. Sebagian menamakan ikan haruan dengan julukan snake fish, bentuknya itu mirip ular.

Dimasak apapun, daging ikan haruan dijamin gurih. Tapi, ‘Gaaes! Patut waspada, daging ikan haruan menyimpan duri cukup banyak. Karena ikan haruan hidup di sungai, khususnya lahan berawa, makanya ikan haruan sering banget dijumpai di perairan yang ada di Kota Banjarmasin dan daerah lain di Kalsel. Disini berlimpah, biasanya ikan gabus dibudidayakan. Tidak untuk di Banjasrmasin, langsung bisa ambil dari alam ini. Menu ketupat tadi dengan pasangan ikan haruan, jadi santapan yang gurih tiada tara. Ikan haruan tadi sudah dibakar dan disatukan dengan ketupat. Sudah tahu rasanya?, Bikin ngeces, cobain ‘Gaaess!

Ketupat Kandangan mudah untuk kamu carinya. Banyak dijajakan di rumah-rumah makan, kaki lima dan warung rumahan. Sajian ketupat oleh pemilik rumah makan, terkadang diberikan tawaran alternatif, nggak cuma ikan haruan. Tamu-tamu disuguhi menu pilihan lain, seperti: ayam, telur, mie kuning dan daging. Tentu dong, paling favoritnya dengan ikan haruan. Dijamin bikin tambah-tambah. Saking maknyus, waktu makan terkadang lupa sebelah kiri kanan dan orang di rumah. Oalah, enak baaangetz!

Kebanyakan tamu, ingin banget kepala ikan haruan. Daging ikan haruan lebih banyak di badan dan ekor. Tapi nggak jaminan, buktinya kepala ikan haruan peminatnya yang lebih banyak. Kepala ikan haruan dengan paduan ketupat kandangan, kepalanya diseruput dan dihirup. Tangan yang berlumur kuah, jari-jarinya dijilat-jilat. Bikin makin-makin dan maknyus teeenan. Karena permintaan kepala ikan haruan peminatnya banyak, harga jadi sedikit lebih mahal. Saking larisnya kepala ikan haruan ini. Cobain, ‘Gaaees!

Menu lainnya yang nggak kalah menarik khasnya Kalsel. Cobain, ‘Gaaess!, Sate telor ikan, satenya ini terkadang campur dengan aneka jeroan ikan lainnya. Pasangannya pas banget dengan sambal acan uleg (sambel terasi). Campurkan dengan ketupat kandangan. Dijamin lidah kamu bergoyang-goyang dan bikin lupa segalanya.

Nikmati kelezatan kuliner khas Kalimantan Selatan, ketupat kandangan ini, Gaaess. Kamu penasaran untuk cobain? Langsung terbang ke Banjarmasin, tentunya tunggu waktu yang tepat dan pandemi wabah corona sudah hilang dari negri kita tercinta. Kok, kamu ngeces. Tuuuh, lidahnya udah melet-melet. Kepengen, yaa? (Nita/Kusmanto)