Makanan Khas Jember yang Unik

Jember merupakan kota di Jawa Timur yang terletak di lokasi strategis. Kota ini menawarkan banyak tempat wisata dengan keindahan alam seperti wisata kebun jubung, wisata gunung sepikul, taman nasional meru betiri, dan kebun teh gunung gambir. Selain tempat wisata, yang membuat wisatawan betah di Jember adalah makanan khasnya.

Jember merupakan kota di Jawa Timur yang terletak di lokasi strategis. Kota ini menawarkan banyak tempat wisata dengan keindahan alam seperti wisata kebun jubung, wisata gunung sepikul, taman nasional meru betiri, dan kebun teh gunung gambir. Selain tempat wisata, yang membuat wisatawan betah di Jember adalah makanan khasnya.

Pariwisata Indonesia – Di sini kamu juga dapat berwisata kuliner bersama kerabat atau keluarga. Jember menawarkan banyak pilihan makanan, jajanan, dan minuman khas yang tidak akan kamu dapatkan dimanapun.

Nah, kali ini kami akan membahas tentangmakanan khas JemberJawa Timur yang dapat kamu coba. Jangan sampai ketinggalan, ya! Simak selengkapnya di bawah ini.

Rekomendasi Makanan Khas Jember

Berikut ini beberapa rekomendasi pilihan makanan khas Jember yang bisa kamu coba!

1. Suwar-Suwir

Suwar-Suwir khas Jember | Sumber: Kompas

Makanan khas Jember Jawa Timur adalah Suwar-suwir. Makanan khas jember suwar-suwir merupakan makanan khas yang terbuat dari tape. Tape tersebut diproses dan dimasak hingga mengeras. Untuk tape yang digunakan adalah tape singkong yang dicampur dengan gula.

Tampilan suwar-suwir hampir mirip dengan dodol dan dijual dalam berbagai varian rasa. Terdapat rasa strawberry, coklat, kacang, dan sirsak. Kamu dapat membelinya sebagai oleh-oleh di Suwar-suwir doho oleh-oleh khas Jember.

Alamat: Gg. Suwar-suwir, Jember.
Jam Buka: 08.00 – 19.00
Harga: mulai dari Rp. 25.000

2. Pecel Gudeg

Pecel Gudeg | Sumber: Detikcom

Makanan khas Jember lainnya adalah Pecel Gudeg. Jika di beberapa daerah terdapat pecel dan gudeg dan disajikan terpisah, di Jember mereka menggabungnya menjadi Pecel Gudeg. Dalam satu porsi pecel gudeg terdapat campuran daging, nasi, rempeyek, cecek, dan sambal pecel khas Jawa Timur.

Kamu dapat meminta lauk tambahan sesuai selera saat ingin mencoba pecel gudeg. Untuk mencoba pecel gudeg kamu dapat berkunjung ke Gudeg & Pecel Lumintu. Rumah makan ini sangat populer di kalangan warga lokal dan wisatawan.

Alamat: Jl. Kertanegara No. 33, Jember.
Jam Buka: 08.00 – 19.00
Harga: Rp. 15.000

3. Prol Tape

Kamu juga dapat mencoba Prol Tape. Makanan ringan ini terbuat dari tape yang diolah menjadi kue. Biasanya warga lokal menyajikan prol tape sebagai hidangan untuk tamu. Bahan utama untuk membuat prol tape adalah tape singkong. Selanjutnya tape diolah dengan tepung terigu, susu, margarin, dan telur.

Terdapat berbagai varian rasa seperti coklat, kismis, keju, dan rasa original. Untuk membeli prol tape kamu dapat berkunjung ke toko oleh-oleh prima rasa gajah mada. Di sana kamu dapat menemukan aneka prol tape dan oleh-oleh lainnya.

Alamat: Jl. Gajah mada No. 165 Jember.
Jam Buka: 09.00 – 19.00
Harga: Rp. 25.000

4. Pia Tape

Pia Tape khas Jember | Sumber: Tribunnews.com

Pia tape merupakan salah satu olahan tape khas Jawa Timur. Sama halnya dengan olahan tape lainnya, pia tape terbuat dari tape singkong. Bagian kulit pia tape cukup keras dan renyah namun lembut di bagian dalam.

Pia tape diproduksi dalam berbagai varian rasa yaitu coklat, pisang, strawberry, blueberry, keju, dan rasa lainnya yang dapat kamu pilih. Kamu juga dapat menemukan pia tape di Toko Oleh-oleh Prima Rasa Gajah Mada.

Alamat: Jl. Gajah mada No. 165 Jember.
Jam Buka: 09.00 – 19.00
Harga: Rp. 25.000

5. Nasi Langgi

Nasi Langgi merupakan makanan berat khas Jember yang selalu dicari oleh wisatawan. Nasi Langgi merupakan makanan berupa nasi, daging sapi, petis, kentang, sambal goreng tempe, bumbu bali, abon sapi, mentimun, dan sambal. Makanan khas ini sering disantap di pagi hari dan siang hari.

Kamu dapat menemukan makanan ini di warung terdekat. Kami merekomendasikan kamu untuk mencoba nasi langgi di Depot Jawa Timur.

Alamat: Jl. Gatot Subroto No. 10, Jember.
Jam Buka: 10.00 – 20.00
Harga: Rp. 20.000 – Rp. 25.000

6. Sate CR

Sate Ayam | Sumber: Kompas

Hampir seluruh daerah di Indonesia memiliki sate sebagai makanan khas. Di Jember, sate yang sangat khas adalah sate CR. Sate CR merupakan sate yang terbuat dari daging kambing. Umumnya sate CR disajikan dengan bumbu kacang.

Kamu dapat mencicipi sate CR di rumah makan Sate Kambing & Ayam CR. Rumah makan ini sudah cukup terkenal oleh kalangan warga lokal.

Alamat: Jl. Gajah Mada Jember.
Jam Buka: 11.00 – 20.00 (jam operasional dapat berubah)
Harga: Rp. 25.000

7. Ice Cream Domino

Es Krim Domino khas Jember | Sumber: Tribunnews.com

Bagi kamu yang menyukai makan manis dan dingin, cobalah ice cream domino. Ice cream domino merupakan ice cream khas Jember yang berbentuk kotak dan memiliki lima varian rasa dalam satu porsi.

Adapun pilihan rasa tersebut adalah vanila, blueberry, coklat, strawberry, mocca, dan rainbow, varian gabungan 5 rasa. Kamu dapat mengunjungi depot ice cream domino untuk mencicipi ice cream ini.

Alamat: Jl. Trunojoyo No. 40, Jember.
Jam Buka: 10.00 – 21.00
Harga: Rp. 5.000 – Rp. 12.000

8. Wedang Cor

Wedang Cor | Sumber: Times Indonesia

Wedang Cor merupakan minuman khas Jember yang kerap disantap saat hari sedang dingin atau hujan. Rasa dari wedang cor ini memiliki perpaduaan manis, asam, dan hangat. Biasanya wedang cor disajikan dengan pisang goreng dan kudapan lainnya. Hampir semua warung menyediakan wedang cor di Jember.

Selain itu, Wedang biasanya disajikan mulai menjelang sore hingga larut malam. Kamu dapat berkunjung ke Wedang Chor Mbah As untuk mencicipi wedang cor.

Alamat: Jl. Singosari, Jember.
Jam Buka: 15.00 – 22.00
Harga: Rp. 15.000

Nah, itu tadi makanan khas Jember Jawa Timur yang dapat kamu coba. Tak ada salahnya mencoba beberapa makanan tersebut Ketika sedang berkunjung ke Jember.

————————————————————————–

Sumber : Mas Bellboy | Traveloka