Pindang Tulang Khas Prabumulih, Maknyus!

Tralala, hidangan siap disajikan! Mau mencicip, Sob?
UMI KALSUM FOUNDER DAN CEO PVK GROUP,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA TOURISM INVESTMENT,KULINER KHAS PRABUMULIH,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,PARIWISATA INDONESIA,PINDANG TULANG KHAS PRABUMULIH,SITUS RESMI PARIWISATA INDONESIA,WISATA KULINER NUSANTARA
Pindang Tulang

PariwisataIndonesia.id – Intip kuliner favorit dari salah satu kota yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan, yakni “Pindang Tulang” khas Prabumulih. Kota ini pun dijuluki sebagai Bumi Seinggok Sepemunyian (Terjemahan: Kota Se Iya Se Kata.Red).

Sebelum mengulik “pindang tulang khas Prabumulih”, ada baiknya untuk menelusuri penduduk yang mendiaminya. Pasalnya, antara kuliner; dan keragaman budaya, suku, ras, etnis, agama, tidak bisa dipisahkan dan erat kaitannya.

Oleh karena itu, secara keseluruhan saling bertalian yang dimaknakan sebagai bentuk pluralisme. Mengingat, wilayahnya berada di jalur Lintas Timur Provinsi Sumatera Selatan dengan kata lain Prabumulih merupakan kota perlintasan.

Untuk menjawab hal tersebut, dan dari  informasi yang dikumpulkan penulis, mencatatkan, masyarakat yang mendiami Prabumulih berasal dari berbagai macam suku, seperti suku Melayu Palembang, suku Batak, suku Penesak, dan Suku Enim.

Akhirnya, secuil informasi tentang latar belakang kuliner khas Prabumulih yang kita ulas sekarang, dapat dipastikan ada korelasinya dengan suku-suku tersebut.

Tak usah berlama-lama! Yuk Gaspol dan Geber untuk mengulik seperti apa menu masakan khas Prabumulih yang paling favorit ini, penasaran? Berikut ulasannya!

Sobat Pariwisata, bahan makanan dalam membuat “pindang” tak melulu berasal dari ikan dan untuk sajian khas Prabumulih ini memakai tulang iga sapi.

Pindang tulang selain menggugah selera makan juga dikenal kaya rempah-rempah dan bumbu masaknya itu, menghadirkan cita rasa manis, dan asam.

Oh ya, saat menyeruput kuah pindang tulang terasa menyegarkan dan bertabur aroma pedas. Benar-benar maknyus, Sob!

Sangat pas dihidangkan sebagai menu santap siang dan dimakan bersama nasi putih. Santaplah makanan selagi hangat, OMG!

Tak usah khawatir, penulis siap mengungkap rahasia membuat pindang tulang.

Bahan-bahannya pun sangat mudah didapatkan, terdiri dari tulang iga sapi, asam jawa, jahe, gula pasir, cabai rawit, tomat, lengkuas, daun salam, garam, bawang putih, bawang merah, kecap manis, dan serai.

Tertarik untuk membuat pindang tulang khas Prabumulih?

Dilansir dari buku berjudul, “34 Resep Soto, Sup, Pindang Nusantara”, penerbit Gramedia, secara lengkap mengungkap resep membuat pindang tulang.

Siapkan langkah berikut:

1 kilo gram iga sapi 2.500 ml air
2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
3 lembar daun salam
2 buah tomat, potong-potong
1 sendok makan kecap manis
4 sendok teh garam
1 sendok makan gula pasir
2 sendok makan air asam jawa, dari
1 sendok makan asam jawa dan 3 sendok makan air
2 sendok makan minyak untuk menumis
12 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 cm kunyit, bakar
2 cm jahe

Cara membuat pindang tulang 

  1. Rebus iga sapi dalam air sampai matang dan empuk sekitar 60 menit. Angkat kemudian saring. Ambil kaldunya sebanyak 1.750 ml.
  2. Rebus kembali iga sapi dalam air kaldu.
  3. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, lengkuas, dan daun salam sampai harum.
  4. Tuang ke dalam rebusan iga sapi. Masukkan tomat, kecap manis, garam, dan gula pasir. Masak sampai matang.
  5. Menjelang diangkat masukkan air asam jawa, kemudian aduk rata. Jika rasa sudah pas maka angkat dan sajikan selagi panas.

Dalam penyajian yang dijelaskan dalam buku tersebut, tidak harus serupa karena ada juga yang menambahkan daun kemangi dan nanas. Sesuai selera, ya Sob!

Tralala, hidangan siap disajikan! Mau mencicip? (Ims/Eh)


Foto headline: Tangkapan layar dari instagram The Gourmet Boys