Wisata Kuliner di Yogyakarta

Pariwisata Indonesia, Kuliner Yogyakarta

Selain dikenal punya banyak wisata alam yang indah, Jogja dikenal sebagai kota terpelajar. Berikutnya, Keraton Yogyakarta ikon perekat budaya, dan sosial kemasyarakatan. Daerahnya mendapatkan hak istimewa, diberikan otonomi khusus mengelola wilayahnya.

Jangan lupa, Jogja punya kekayaan kuliner yang menggugah selera. Kamu sedang liburan dan ada di Yogyakarta? Redaksi www.pariwisataindonesia.id bakalan kasih rekomendasi kuliner favorit khas Jogja yang paling enak dan legendaris. Sudah tentu, menyehatkan. Harga dijamin terjangkau. Simak ulasan selengkapnya, yuk!

Nasi Gudeg,
Nasi Gudeg, foto: travel.tempo.co

Yang gak asing adalah Nasi Gudeg,  Di kota ini pilihan kulinernya pun bisa dibilang sangat beragam. Mulai dari yang berbahan ayam, hingga yang berkuah seperti bakso atau soto dapat kamu icip-icip ditemani dengan segelas es teh manis atau es jeruk segar. Nah, sebagai rekomended buat kamu ‘Gaaess, banyak kuliner tradisional lezat yang bisa dinikmati saat liburan ke Yogyakarta, cobain deh Gudeg asli Jogja.

Terasa belum lengkap liburan kamu kalau belum makan Gudeg ini lhoo. Kamu bisa mencicipi nasi gudeg lengkap dengan ayam kampung, telur dan sambal goreng krecek, gurih dan pedas. Enak banget. Disajikan di atas piring anyaman bambu dengan daun pisang sebagai alas.

mie ayam
foto: kotabantul.com

Selain Gudeg kamu juga bisa coba Mie Ayam, saat siang hari kuliner ini jadi lebih terasa nikmatnya. Mie ayam di Yogyakarta memiliki bumbu yang sedikit lebih manis ketimbang mie ayam dari daerah lain. Disajikan dengan kuah kaldu berwarna coklat. Gurih dan manis, mie ayam khas Yogyakarta makin spesial dengan potongan daging ayam empuk sebagai campuran.

Cilok
foto: nyiciepyuk.wordpress.com

Masih belum puas? Mau dapat info kuliner lainnya, yuuk jajan makanan satu ini. Cocok banget dan bisa ditemukan dimana aja. Makan Cilok Gajahan. ‘Oh, iya ‘Gaaess, Cilok Gajahan paling ngehitz, cemilan ini banyak peminatnya lhoo. Cilok Gajahan diburu dan jadi makanan favorit.

Dibandingkan dengan cilok-cilok di kota besar seperti Bandung dan Jakarta, Cilok Gajahan lebih nikmat disantap sambil keliling alun-alun kota. Kuliner ini wajib dan jangan dilewatkan. Kamu harus coba saat liburan di Yogyakarta.

ayam goreng
foto: kotajogja.com

Khusus penggemar ayam goreng, Yogyakarta adalah kota yang cocok buat dikunjungi. Karena kuliner di kota ini kebanyakan berbahan dasar ayam goreng dengan bumbunya biasa manis.

Baca Juga:  Legenda-Kuliner di Yogyakarta

Ayam goreng lebih nikmat disajikan dengan nasi masih panas-panas. Ditambah lalapan sebagai pelengkap. Sambal ulegnya yang khas, bikin kamu ketagihan pastinya.

Kluiner angkringan
foto: .qraved.com

Gak cuma itu aja lhoo, aneka kuliner lainnya adalah angkringan. Menu makanan ini terbilang gak mahal, harga pelajar dan mahasiswa. Siap bikin perut kamu kenyang.

Baca Juga:  Nikmati Keseruan Sensasi Makan Gudeg Pawon

Nikmati juga nasi kucing, kalau gak mau nasi putih. Ada variasi lauk tersaji di atas meja. Seperti sate ayam, sate bakso, sate kerang, sate usus, sate telur dan masih banyak lagi, semua itu ambil sendiri, sesukanya. Bayar belakangan, selesai makan baru berhitung. Dijamin, gak bakal kecewa berlibur ke Yogyakarta. Tentu tunggu waktu yang tepat, yaitu saat virus corona sudah hengkang dari negeri Indonesia yaa!