Indonesian Phuket

Selfie Cantik di Pantai ‘May Bay’ Patokan Jiko

Sobat Pariwisata masih ingat Pantai May Bay di film legendaris The Beach? Atau Pantai Navagio di drama Korea Descendants of The Sun? Kedua pantai yang diapit oleh tebing ini memang menawarkan keindahan yang mempesona. Nah, sekarang tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk selfie dengan latar belakang bak film Hollywood atau drama Korea ini. Karena Indonesia pun memiliki pantai indah semirip ini.

Pariwisata Indonesia

Pantai Patokan Jiko Tanjung Silar namanya. Pantai ini terletak di Desa Jiko, Kecamatan Nuangan, Kabupaten Bolaang, Mongondow Timur, Sulawesi Utara atau sekitar 4-5 jam perjalanan dari Pusat kota Manado. Setibanya di Desa Jiko, Sobat Pariwisata harus menyewa perahu nelayan dan menempuh perjalanan laut sekitar 20 menit dengan biaya sekitar 40.000 per orang.

Lokasinya yang tidak mudah dijangkau membuat pantai ini lebih terkesan eksklusif. Jadi, Sobat Pariwisata bisa menikmati pengalaman berlibur seperti di pulau pribadi.

Pariwisata Indonesia

Pesona Pantai Patokan Jiko terdapat di dua tebing yang mengapit, serta satu tebing tepat di sisi pantai. Sobat Pariwisata akan disuguhkan pemandangan tebing yang tinggi menjulang, berdiri kokoh menerjang ombak dari lautan. Tebing-tebing ini seolah-olah menciptakan ruang pribadi bagi pantai Patokan Jiko.

Selain tebing kokoh yang mengelilingi, Pantai Patokan Jiko juga menawarkan pasir pantai berwarna putih yang akan menambah pesona pantai ini menjadi lebih indah. Sekedar selfie di pasir atau duduk menunggu matahari terbenam, akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Pariwisata Indonesia

Pantai Patokan Jiko juga menghadirkan air laut biru yang jernih. Tempat ini menjadi lokasi sempurna untuk snorkeling. Namun, sebaiknya Sobat Pariwisata membawa perlengkapan pribadi untuk menghindari ketidaktersediaan perlengkapan di sana.

Sobat Pariwisata bisa mendaki tebingnya yang curam dan terjal menuju tebing. Meskipun harus susah payah, tapi semua akan terbayar dengan pemandangan yang dihadirkan. Lautan biru yang membentang atau gradasi jingga saat senja, menjadi pemandangan mempesona yang sayang untuk dilewatkan.

Pariwisata Indonesia

Selain itu, air laut yang jernih membuat Sobat Pariwisata bisa menikmati pemandangan bawah laut dari beberapa tempat di atas bukit ini.

Di atas bukit ini, pengunjung juga diperbolehkan membangun tenda atau sekedar duduk santai di Gazebo sambil menikmati makan siang atau makan malam. Jika ingin menguji adrenalin, Sobat Pariwisata juga boleh melakukan clif jumping dari tebing dengan ketinggian dari 7 hingga 20 meter. Berani coba nggak nih?

Jika Sobat Pariwisata berencana untuk liburan ke daerah Sulawesi Utara, jangan lupa berkunjung ke Pantai ‘May Bay’ Patokan Jiko ini, ya!(RPI/Nita)