Dian Siswarini, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk

Dian Siswarini, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk

Sederet Prestasi Ditorehkan, Bawa XL Axiata Kembali Meraup Laba

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali menorehkan sederet prestasi sebagai hadiah dan kado ulang tahunnya. Srikandi berzodiak Taurus kelahiran tanggal 5 Mei membawa perusahaan. PT Xl Axiata Tbk kembali berhasil meraup laba maksimal. Kerendahan hati Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk Dian Siswarini, terlihat dari sikapnya. Keberhasilan perusahaan diklaim milik bersama.

Kerendahan hati pemimpin XL Axiata terlihat dari sikapnya. Sederet sukses Xl Axiata diklaim milik bersama. Tidak bisa dipungkiri, kesuksesan yang diraih saat ini bukan hanya andilnya semata. Ia menyebutkan banyak faktor mempengaruhi tercapainya prestasi dan tujuan perusahaan torehkan laba.

Dian Siswarini, Pariwisata Indonesia

Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO XL Axiata / Foto: XL Axiata

Profil Srikandi yang masuk dalam daftar Forbes Asia’s Power Businesswomen, terpilih berdasarkan pencapaian dan rekam jejak kesuksesannya. Dianggap sebagai representasi dari keberagaman di lanskap bisnis kawasan Asia dengan memasukkan wirausahawan, investor hingga pimpinan tingkat tinggi perusahaan. Buah dari kerja keras semua tim. Menjadikan perusahaan PT Xl Axiata Tbk berhasil berada di titik sekarang. Dukungan tim kerja dari orang-orang hebat dan prestasinya luar biasa, bagian yang turut andil. Dan strategi bisnis pada momentum yang tepat. 

Memberikan pesan dan menginspirasi banyak orang. Penghargaan sebagai The Most Inspiring CEO meluapkan rasa bahagianya. Dan bersyukur. Tidak luput menyelipkan terima kasih disampaikannya kepada sejumlah wartawan. Dian Siswarini menuturkan di Jakarta, Senin (16/11/2015), “Saya bangga dengan penghargaan Indonesia Golden Ring Awards (IGRA) yang diinisiasi para jurnalis. Sehari-harinya meliput industri telko dan TIK. Kalian semua, paham benar, seperti apa kerasnya industri ini, Bersama melakukan kolaborasi dan kerja-kerja kolektif. Bersatu saling menguatkan dengan mengedepankan komitmen perusahaan di bisnis ini. Konsisten dalam memberikan pelayanan, kontribusinya positif. Luar biasa dan ini menjadi berkah semua pihak,” Dian Siswarini, Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Tbk., di Jakarta.

Data Pribadi

Lahir di Majalengka pada tanggal 5 Mei 1968. Prinsip hidupnya yang sederhana dan wanita sukses berkacamata ini tampil bersahaja merupakan alumni terbaik teknik elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1991. Executive program di Harvard Advance Management Program, Harvard Business School, Amerika Serikat pada 2013. Mempelajari dan mahir mamahami pasar telekomunikasi di beberapa negara di Asia seperti Malaysia, Singapura, Bangladesh, Kamboja dan Srilanka.

Periode : 1991- 1994

Lulus dari Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB), tahun 1991 langsung bekerja. Tempat kerja pertama di PT. Citra San Makmur (CSM), sebagai Supervisor di bidang Engineering.

Periode : 1994

Bergabung di PT Satelindo, sebagai Supervisor.

Periode : 1994 – 1996

Pindah ke XL yang saat itu masih di bawah naungan PT. Excelcom, tepatnya pada 1996 ditugasi sebagai Radio Engineer.

Bidik Koroporasi, Pariwisata Indonesia

Bidik Korporasi, Penandatanganan kerja sama layanan smart bulding antara XL Axiata dengan Nutrifood / Foto: Istimewa

Selanjutnya menjabat Manager Network Design & Engineering. Pindah ke XL, saat itu masih di bawah naungan PT. Excelcom. Tepatnya pada tahun 1996, diposisikan sebagai Radio Engineer. Sebagai lulusan Engineering, banyak yang menyebut pekerjaan ini passion buat laki-laki. Penugasan dan jabatan ini mengharuskan bekerja di lapangan, banyak mengurusi tower BTS.

Periode : 1997- 2005

Manager Network Design & Engineering.

Periode : 2005 

Vice President Network

Periode : 2007 – 2011

Network Services Director

Periode : 2011 – 2014

Director/Chief Digital Services Officer

Periode : 2014 – 2015

Posisi/Jabatan : Group Chief of Marketing and Operation Officer. Ditugasi bekerja di induk usaha XL yaitu PT. Axiata di Malaysia sebagai Group Chief of Marketing and Operation Officer. Pada tahun 2015, menjabat sebagai Wakil President Direktur

Periode : 2015 – Saat ini

Tanggal 1 April 2015, menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO PT XL Axiata Tbk. Tanggung jawabnya untuk berkomitmen penuh dalam tata kelola yang kredibel dan transparan. Mampu memberikan pelayanan terbaik. Meningkatkan kinerja perusahaan. Menjaga pertumbuhan perusahaan. Bertanggung jawab kepada semua pemangku kepentingan.

Iklan XL Axiata, Pariwisata Indonesia

Iklan XL Axiata, Pariwisata Indonesia / Foto: Xl Axiata

Karir Cemerlang Bersama XL Axiata

Xl Axiata, banyak memberikan pelajaran hidup buat dirinya dan sangat berarti. Ia bisa belajar dan mengaplikasikan ilmu-ilmunya selama ini. CEO XL Axiata juga menulis dalam blog pribadinya kalau ia sempat memanjat menara BTS (Base Transceiver Station) untuk melakukan perbaikan teknis secara langsung. Bertanggung jawab dan punya rasa memiliki. Dirinya tidak merasa hal itu, jadi beban.

Saat pertama kali merintis karier, profesi dan jabatan di bisnis telekomunikasi nyaris sepenuhnya dikendalikan dan dipimpin laki-laki. Merasa tertantang dan ingin terus berkembang maju. Tak mau kalah dan direndahkan, Ia pun bisa juga berhari-hari menghabiskan waktunya untuk kerja-kerja lapangan bahkan harus memanjat tower BTS dilakukan sendiri. Memanjat tower setinggi hingga 50 meter. Mengapa? Rasa tanggung jawab dan ingin memastikan semua itu berjalan dengan baik dan benar. Tugasnya sebagai network engineer menuntut komitmen dan tanggung jawab tinggi

XL Axiata memberikan banyak dorongan dan kesempatan dirinya bertumbuh. Suasana kebatinan dan lingkungan tempat bekerjanya seperti rumah kedua. Sejak bergabung dan meniti karir di XL Axiata, terus makin dipercaya. Berturut-turut diberikan tugas dan mendapat amanah, saat ini puncak prestasi luar biasa diraih Presiden Direktur dan CEO Xl Axiata, Dian Siswarini.

Baca Juga: XL Axiata Ngehits, Omzet Bisnis Dongkrak Laba

Dewan Direksi PT XL Axiata Tbk, Pariwisata Indonesia

Dewan Direksi PT XL Axiata Tbk

Sejarah PT Xl Axiata Tbk

Industri Operator dan layanan telekomunikasi seluler Indonesia.XL (telekomunikasi). Didirikan 8 Oktober 1996 (sebagai GSM-XL). Pada tanggal 31 Desember 1997 berubah menjadi XL. Dan saat ini sejak tanggal 25 Juni 2004 menggantinya menjadi ‘XL.’ Berkat prestasinya memimpin perusahaan telekomunikasi melenggang mulus, ‘XL,’ kini terbuka untuk publik. Saham perusahaan dapat dibeli oleh siapapun dan dapat dijual belikan kembali. Perusahaan Terbuka (Tbk) tercatat di bursa. Xl Axiata sudah Go Public (IPO) dan sahamnya bisa diperdagangkan di BEI.

XL (sebelumnya bernama GSM-XL dan proXL) adalah sebuah produk telekomunikasi seluler berbasis GSM yang dikeluarkan oleh PT XL Axiata Tbk. Perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia. XL memiliki dua lini produk GSM, yaitu XL Prabayar dan XL Pascabayar. Selain itu XL juga menyediakan layanan korporasi yang termasuk Internet Service Provider (ISP) dan VoIP. Perjalanan bisnis PT XL Axiata Tbk transparan dan informasinya terbuka, laju bisnis hingga saat ini dapat dilihat di Klik!

Kepemilikan

Pemilik Rajawali Corporation (1996-2005)
Telekom Malaysia (2005-2009)
Axiata Group (2009-sekarang)

Dewan Direksi PT Xl Axiata Tbk

Presiden Direktur dan CEO XL Axiata
Dian Siswarini

Direktur
Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin
Allan Bonke
Abhijit Navalekar
Yessie D. Yosetya

Menjadi Presiden Direktur Sekaligus CEO XL Axiata

Tokoh penting saat ini, Presiden Direktur Sekaligus CEO XL Axiata adalah Dian Siswarini. Dalam rapat umum pemegang saham luar biasa PT. XL Axiata Tbk pada tanggal 1 April 2015, Dian Siswarini terpilih sebagai Presiden Direktur sekaligus CEO PT XL Axiata Tbk menggantikan Hasnul Suhaimi.

Dapat lungsuran sebagai CEO terdahulu, Hasnul Suhaimi meyakinkan Dewan Komisaris dan Dewan Direksi bahwa sosok wanita sukses hari ini yang berzodiak Taurus adalah profil paling tepat untuk pemimpin di masa depan. Pemimpin masa depan harus dibekali ketajaman intuisi dan kemampuan leadership yang harus luar biasa. Hebat dalam managerial, rendah hati, keilmuan sebagai dasar pijakan teoritis kuat, memahami bisnis telekomunikasi. 

Dian Siswarini pernah meniti karir dari bawah, bekerja tidak saja di belakang meja, tapi turun langsung ke lapangan. Punya inovasi dan hebat dalam menciptakan program sebagai bagian dari rencana bisnis masa depan. Terbukti mampu bekerja dalam tim yang selalu dituntut tinggi dan berdedikasi. Sosok dan figur ini ada padanya.

Produk-produk yang diciptakan harus sustainable. Harus punya inovasi. Bisa mengelola bisnis dan dapat menjual. Pemimpin masa depan juga diharuskan menjaga pertumbuhan usaha agar terus berkembang maju dan lebih baik. Figur Pemimpin masa depan dalam RUPS memutuskan secara aklamasi kepada Dian Siswarini.

Iklan XL Axiata, Pariwisata Indonesia

Iklan XL,, Produk Bisnis PT XL Axiata Tbk / Foto: XL Axiata

Terbukti prestasi kerja CEO XL Axiata membanggakan. Banyak produk dan program-program bisnis dilahirkan inisiasinya. Dibalik kesuksesan XL Axiata tak lepas dari namanya. Peluncuran iklan digital, sistem pembayaran XL mobile tunai serta kemitraan dengan Marketplace dan E-commerce, Perbankan, Korporasi dan sederet prestasi lainnya diraup.

Kesuksesan dan prestasi terus datang menghampiri tak luput dari usaha dan kerja kerasnya. Tak kenal menyerah, bekal pengalaman berkarir 30 tahun konsisten dibisnis telekomunikasi. Sementara industri ini lebih banyak didominasi pria. Di balik kesuksesan seseorang, ada begitu banyak orang lain yang berperan di dalamnya. Tak ada kesuksesan tanpa pengorbanan. Termasuk dukungan dari orang-orang terdekat, keluarga.

Seseorang perlu merelakan tenaganya, mengorbankan waktu, pikiran, atau pun yang lain bila ingin meraih atas apa yang diniatkan dan diimpikann. Disini berlaku hukum kausalitas. Bila ada sebab, maka akan ada akibat. Sebab kita mengorbankan sesuatu, maka output atau akibatnya pun akan kita dapatkan. Dalam pekerjaan dan organisasi perusahaan, PT XL Axiata Tbk., memiliki prosentase sebanyak 55% karyawan merupakan generasi milenial. Performa korporasi yang sudah matang sudah dipastikan mendapati adanya perbedaan perilaku kerja dalam keseharian. 

Dinamika ini menjadi suatu tantangan tersendiri. Dirinya harus belajar untuk menyesuaikan, sebagai pemimpin ‘Generasi Zaman Now’ untuk dapat merangkul generasi di bawahnya, Meski sadar benar, Ia sendiri Generasi X, keserasiann harus selalu dijaga bersama. Dunianya ada disini, lingkungan dan suasananya dibuat untuk mereka nyaman bekerja. Penting sekali buat figur Pemimpin tidak berjarak, kombinasinya tepat. Era sekarang memang Milenial dan bisnis XL Axiata disitu berfokusnya.

Milenial generasi yang ‘melek’ teknologi digital. Generasi Milenial dalam Industri 4.0 penyuka travelling dan suka upload di media sosial. Generasi Z, fenomenanya tak bisa dilepaskan dari Gadget. Era sekarang berubah jauh dari generasi dulu. Pantas rasanya, harus juga memahami bahasa-bahasa Milenial. Istilah-istilah ABG (angkatan babe gua), Jelita (jelang lima puluh tahun), Maacih (Terima Kasih) dan PHP (pemberi harapan palsu). Suka tidak suka, sekarang terbiasa.  

Event XL Axiata Digiraces4, Pariwisata Indonesia

Peserta XL Axiata 4.5G Digirace, Campaign Berupa Event Competition untuk Membuktikan Bahwa Jaringan yang sudah di Fiberisasi Lewat Influencer Lokal. Lokasi foto di Kota Cimahi, pada 29 Februari 2020 / Foto: XL Axiata

Jadi, yang diterapkan adalah bagaimana semua pemimpin harus memiliki tim pemain. Seorang CEO tidak harus menunjukkan segala sesuatu, sebab CEO sendiri juga membutuhkan dukungan dan tim. Sebagai CEO, harus bisa menciptakan atmosfer keterbukaan, harapannya agar siapa pun tidak segan mengeluarkan pendapat dan ide.

Untuk menghadapi milenial, mengaku belajar dari anak sulungnya yang saat ini berusia 25 tahun dan sudah bekerja. Dirinya berpendapat, Milenial punya sudut pandang dan horizon berbeda. Sebagai Generasi X dan Pemimpin lebih suka berpikir 3-4 tahun ke depan, tetapi tidak begitu dengan generasi Milenial. Mereka berpikir 3-6 bulan ke depan. Milenial memang lebih kreatif kendati demikian cara berpikirnya cenderung pendek, terkadang banyak ide-idenya tidak bisa di-follow up sampai ide itu terwujud.

Ia menyukai ide-ide yang berbeda, sebab itu akan memperkaya keputusan. “Saya suka gaya partisipatif dan bekerja bersama, meskipun secara hierarki keputusan akhir ada di CEO,” Sebut Presiden Direktur sekaligus CEO XL Axiata, dikutip dari wawancara bersama Warta Ekonomi pada tanggal 06 Maret 2018.

Baca Juga:  XL Axiata Serahkan Donasi Rp 10,8 Miliar dan APD

Ia baru saja berulang tahun. Berbakat dan memiliki passion yang kuat dalam dunia telekomunikasi. Presiden Direktur & CEO XL Axiata, Dian Siswarini, menuturkan perjuangan berat hingga sampai di titik sekarang. Perseroan berhasil mengawali di tahun 2020 dengan kinerja yang kuat di tengah kompetisi industri telekomunikasi dan data yang terus meningkat. Sejumlah indikator menunjukkan kemampuan XL Axiata dalam mempertahankan kinerja di periode tiga bulan pertama setiap tahun yang biasanya ini sulit bisa tercapai.

“Tiga bulan pertama setiap tahun selalu menjadi periode yang berat bagi operator. Namun, momentum positif dari kinerja 2019 ditambah dengan proposisi produk yang inovatif, serta kualitas jaringan yang kuat, telah berhasil membawa kami mewujudkan kinerja yang tetap kuat dan berkelanjutan di triwulan 1 2020,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Senin (11/5/2020).

Melalui blog pribadinya, menuliskan pandangannya terhadap dunia telekomunikasi, “Baginya, dunia telekomunikasi adalah sebuah dunia yang menarik dibanding dunia lain karena bidang ini selalu berkembang dan dinamis. Hal itu yang membuat saya tertarik disini,” katanya mantap.

Pesan inspirasi disampaikan CEO PT Xl Axiata Tbk dalam situs resmi XL Axiata (12/05), “Dari tahun ke tahun, kami membuat program dan kegiatan berkelanjutan sesuai dengan 4 Pilar Keberlanjutan yaitu: Keunggulan Proses, Planet & Lingkungan, Profesionalisme & Keuntungan, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia & Masyarakat. Kami berusaha melakukan yang terbaik untuk program ini melalui teknologi seluler. Teknologi merupakan hal yang utama, karena beberapa program kami didukung oleh teknologi. Program ini bertujuan untuk Mengembangkan Indonesia melalui Demokratisasi Teknologi,” katanya.

Selain menduduki posisi Chief Executive Officer (CEO) pada 2015, Ia juga berhasil meraih Golden Globe Tigers Award for Women Leadership, Forbes Asia’s Power Businesswomen, The Best CEO, The Most Inspiring CEO dan sederet prestasi lain. Kiprah dan sepak terjangnya totalitas. Pengabdian selama 30 Tahun berkarya demi sukses dan kemajuan PT XL Axiata Tbk., Dian Siswarini.

Saksikan video dokumentasi PT XL Axiata Tbk dalam RUPS 2018 

Penghargaan dan Prestasi diterima PT XL Axiata Tbk

2020-2019, 15th Annual Customer Experience Management in Telecoms Global Summit 2020 di London, Kategori: Best-in-Class Example of Return on Investment (ROI). Prestasi dan penghargaan lain yang disematkan, Klik!

2018  Prestasi dan penghargaan-penghargaan yang disematkan, Klik!

2017  Prestasi dan penghargaan yang disematkan, Klik!

2016  Prestasi dan penghargaan-penghargaan yang disematkan, Klik!

Dian Siswarini, Pariwisata Indonesia

“Penghargaan ini tentu akan menambah semangat kami untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan dan di saat yang bersamaan juga meningkatkan kualitas layanan, baik dalam menyediakan infrastruktur jaringan yang unggul, maupun menyediakan layanan-layanan yang inovatif yang mampu menjawab kebutuhan semua segmen pelanggan,” Dian Siswarini, Presiden Direktur dan CEO PT XL Axiata Tbk.

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )