Sandiaga Uno dan Basuki Hadimuljono Bertemu Bahas Soal DPSP hingga Kesiapan MotoGP Mandalika

BERITA KEMENPAREKRAF,BERITA PARIWISATA INDONESIA,DESTINASI PARIWISATA SUPER PRIORITAS (DPSP),EXPLORE INDONESIA,HALO INDONESIA,INDONESIA CULTURE AND TOURISM,INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA TOURISM INVESTMENT,INDONESIA TRAVEL OFFICIAL,KAWASAN STRATEGIS PARIWISATA NASIONAL (KSPN),MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PARIWISATA INDONESIA,MEDIA PVK GRUP,MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF (MENPAREKRAF) SANDIAGA SALAHUDDIN UNO,MENTERI PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT (PUPR) BASUKI HADIMULJONO,MOTOGP MANDALIKA 2021,NUR ASIAH,PARIWISATA INDONESIA,PRESIDEN JOKO WIDODO,SITUS PARIWISATA INDONESIA,SULAIMAN SALADDIN UNO, Umi Kalsum Founder PVK Grup dan CEO Media PVK Grup,WARTA WISATA,WEBSITE PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL
Menparekraf Sandiaga Uno sambangi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono / Foto: Dok.Humas Kemenparekraf

PariwisataIndonesia.idMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyambut hangat kunjungan kerja Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di kantor Kementerian PUPR, Jakarta, pada Rabu (20/1) lalu.

Kedatangan Menparekraf Sandiaga sebagai rangkaian kegiatan dari tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terkait program pembangunan lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yakni: Danau Toba; Borobudur; Labuan Bajo; Mandalika; dan Likupang.

Baca juga :  Blusukan Sandiaga Uno di Mandalika, Protokol CHSE dan #Gercep MotoGP

Menurut Basuki, pengembangan lima KSPN ditargetkan selesai pada pertengahan 2021.

“Sebetulnya harus selesai Desember 2020 kemarin, tetapi karena adanya rescoping untuk penanganan pandemi Covid-19, kita akan selesaikan pertengahan tahun ini (2021), mulai Labuan Bajo, Danau Toba, Likupang, Borobudur, dan Mandalika,” kata Basuki dalam siaran resmi, Rabu (20/01).

Baca juga :  Menteri Sandiaga dan Menko Luhut Rembukan, Bahas Pariwisata Indonesia

Kemudian, sambung Basuki dari tahun 2020 hingga saat ini, sejumlah proyek yang dikerjakan oleh kementerian PUPR belum 100 persen rampung.

Baca juga :  Menteri Sandiaga Uno Silaturahmi ke Kediaman Gubernur Bali

Namun, untuk Jalan Lingkar Siborong Borong sepanjang 2 Km guna mendukung konektivitas KSPN Danau Toba; pembangunan Gerbang Klangon di Kabupaten Kulon Progo untuk mendukung KSPN Borobudur; dan sarhunta di 5 KSPN, Basuki menyebut sudah selesai dikerjakan.

Saat sekarang, Menteri PUPR terus mengejar proyek pembangunan infrastruktur yang meliputi: peningkatan konektivitas seperti penanganan jalan dan jembatan; bidang sumber daya air seperti pembangunan tampungan air dan infrastruktur pengendali banjir.

Baca juga :  Menteri Sandiaga Uno Lakukan Kunjungan Kerja Pertama, “Bali Paling Prioritas”

Lainnya adalah bidang permukiman, seperti: penataan kawasan dan peningkatan kapasitas tempat pembuangan sampah.

Berikutnya lagi, yakni bidang perumahan yang meliputi peningkatan sarana hunian untuk mendukung pariwisata atau sarana hunian pariwisata (sarhunta).

Kendati demikian menurut Basuki, masih ada kabar baik, proses pengerjaan yang belum rampung tersebut, pencapaian target sudah di 90 persen.

Menyoroti perhelatan akbar MotoGP di Mandalika, pihaknya terus memantau perkembangan pembangunan sirkuit, termasuk akses pendukungnya seperti jalan Bypass Bandara Internasional Lombok (BIL), Mandalika.

“Saya kira untuk Mandalika kami monitor secara detail. Kalau untuk sirkuitnya oleh PT PP (Persero) Tbk, kemudian infrastruktur di luarnya termasuk akses Bandara ke Mandalika akan selesai semua di Juli,” harap Menteri Basuki.

Terkait hal itu, redaksi Media Pariwisata Indonesia menghimpun data dari sejumlah nara sumber, mencatat, ada 185 paket proyek infrastruktur pembangunan yang ditangani oleh kementerian PUPR sejak 2020 dan diduga, belum sepenuhnya rampung.

Menteri Basuki adalah kementerian yang beririsan langsung dalam mendukung semangat Presiden Jokowi untuk Persada Ibu Pertiwi membangun #IndonesiaMaju.

Mengomentari yang disampaikan Menteri PUPR Basuki, Menparekraf Sandiaga ikur menjelaskan, katanya, sinergi dengan Kementerian PUPR akan terus ditingkatkan guna mendukung pengembangan 5 KSPN/DPSP sehingga memperkuat daya tarik bagi wisatawan.

Menteri yang dijuluki papa online menandaskan, kesiapan infrastruktur tersebut sudah sesuai target.

“MotoGP di Mandalika sudah siap, memang kelihatannya banyak yang harus dikerjakan, namun kami yakin Juli 2021 sirkuit Mandalika bersama fasilitas penunjangnya akan siap. Mudah-mudahan perhelatan ini pada Oktober 2021 bisa diselenggarakan,” tandas Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam keterangan resmi yang diterima redaksi Pariwisata Indonesia, pada Kamis (21/1).

Suami dari wanita bernama Nur Asia populer di kalangan Millennial dan dipuja emak-emak berzodiak Cancer. Sebelum didapuk menjadi Menteri, programnya banyak mendukung pegiat UMKM melalui kemitraan kerja sama dan pemberian bantuan sosial.

Meski sudah menjabat Menparekraf, pribadi dan tutur katanya masih sama seperti dulu, Sandiaga Uno tetap bersahaja.

Selain itu, lanjutnya, dampak dari wabah COVID-19 dan terpaan musibah bencana alam yang melanda sebagian negeri ini, ia siap untuk menciptakan lapangan kerja dengan mendorong pertumbuhan ekonomi di tingkat konsumsi rumah tangga melalui konsep proyek padat karya yang melibatkan masyarakat, ekraf, dan pelaku UMKM.

Untuk mewujudkan hal tersebut (di akhir keterangannya), juga menyebutkan bahwa kementeriannya akan terus mengimbau dan mengajak sinergitas bersama baik kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, termasuk BUMN, maupun meminta peran swasta agar secara langsung melibatkan masyarakat, ekonomi kreatif (ekraf) dan pelaku UMKM.