Komjen Pol Listyo Sigit, Sah Kapolri! Usulan Presiden Jokowi Mulus di Rapat Paripurna DPR

Ketua Presidium IPW Neta S Pane meyakini, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo akan dilantik Presiden Jokowi, hari Jumat (22/1). Berikut beritanya.
Pariwisata Indonesia, BERITA JELANG PELANTIKAN KAPOLRI,BERITA PARIWISATA INDONESIA,EXPLORE INDONESIA,HALO INDONESIA,INDONESIA CULTURE AND TOURISM,INDONESIA TOURISM INVESTMENT,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,JENDERAL POLISI DRS. IDHAM AZIS M.SI.,KETUA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI DR. (H.C.) PUAN MAHARANI,KETUA PRESIDIUM INDONESIA POLICE WATCH NETA S PANE,KOMISARIS JENDERAL POLISI (KOMJEN POL) LISTYO SIGIT PRABOWO,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PARIWISATA INDONESIA,MEDIA PVK GRUP,PRESIDEN JOKO WIDODO,SITUS PARIWISATA INDONESIA,WAKIL KETUA KOMISI III AHMAD SAHRONI,WEBSITE PARIWISATA INDONESIA, Umi Kalsum Founder PVK Grup dan CEO PVK Grup
Ketua DPR RI Puan Maharani foto bersama Calon Kapolri (Foto: Runi/nvl)

PariwisataIndonesia.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Dr. (H.C.) Puan Maharani yang akrab dipanggil Mba Puan menyambut baik visi dan misi Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang disampaikan dalam uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI.

Baca juga :  Jokowi Jagokan Boy Rafli ke Kursi Tribrata 1, Atau?

Menurut Mba Puan, calon tunggal Kapolri usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagaimana tertuang dalam Surat Presiden (Surpres), Rabu (13/1) lalu, memiliki semangat transformasi membawa Polri menjadi lebih baik.

Dalam mewujudkan Polri yang “presisi”, atau abreviasi dari prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan, maka Komjen Pol Listyo Sigit harus melakukan perubahan besar dari aspek SDM, serta mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

“Kita sudah mendengarkan visi misi calon Kapolri saat uji kelayakan. Ada semangat transformasi di tubuh Polri,” ungkap Mba Puan dalam Rapat Paripurna DPR di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (21/1).

Baca juga :  Bursa Kapolri, Deretan Jenderal Masuk Kantong Jokowi

Saksikan video resmi dari Youtube DPR RI, dalam Sidang Komisi III DPR RI saat Uji Kelayakan dan Kepatutan (Fit and Proper Test) Calon Kapolri Komjen. Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., Rabu, (20/10).

Cucu dari presiden pertama RI Soekarno dan putri tunggal presiden ke-5 RI menyebutkan, ada tiga pekerjaan rumah Listyo Sigit Prabowo saat nanti resmi menjadi Kapolri. Tiga pekerjaan rumah itu adalah terkait penegakan hukum, pelayanan publik, dan reformasi internal.

“Penegakan hukum agar ada keadilan restoratif. Penegakan hukum tidak memakai kaca mata kuda, tapi melihat konteks masalah dan memperhatikan aspek-aspek sosial kemasyarakatan,” ujar politisi PDI-Perjuangan dalam keterangannya di laman dpr.go.id, Kamis (21/1).

Rapat Paripurna DPR menyetujui dengan menunjuk Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. Diperkirakan Kapolri baru akan menggantikan Jenderal Idham Aziz yang pensiun pada 25 Januari 2021.

Persetujuan tersebut diambil dalam Sidang Paripurna DPR pada Kamis (21/1) tadi. Keputusan ini juga mempertimbangkan hasil uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang dilaporkan Komisi III.

“Apakah laporan Komisi III atas hasil uji kelayakan dapat disetujui?,” ujar Ketua DPR, Puan Maharani, dalam Sidang Paripurna.

Baca juga :  Kapolri Terbukti Tepati Janji! Peluncuran TV-Radio Polisi, Demi Dekat ke Masyarakat dan Hadirkan Polisi Humanis

“Setuju!,” jawab para peserta sidang. Mba Puan selanjutnya mengetuk palu tiga kali sebagai penetapan keputusan.

Pariwisata Indonoesia, BERITA JELANG PELANTIKAN KAPOLRI,BERITA PARIWISATA INDONESIA,EXPLORE INDONESIA,HALO INDONESIA,INDONESIA CULTURE AND TOURISM,INDONESIA TOURISM INVESTMENT,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,JENDERAL POLISI DRS. IDHAM AZIS M.SI.,KETUA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) RI DR. (H.C.) PUAN MAHARANI,KETUA PRESIDIUM INDONESIA POLICE WATCH NETA S PANE,KOMISARIS JENDERAL POLISI (KOMJEN POL) LISTYO SIGIT PRABOWO,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PARIWISATA INDONESIA,MEDIA PVK GRUP,PRESIDEN JOKO WIDODO,SITUS PARIWISATA INDONESIA,WAKIL KETUA KOMISI III AHMAD SAHRONI,WEBSITE PARIWISATA INDONESIA, Umi Kalsum Founder PVK Grup dan CEO PVK Grup
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni dan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo pada saat Rapat Paripurna DPR, Jakarta, Kamis (21/1) / (Foto: Geraldi/nvl)

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni, membacakan hasil uji kepatutan dan kelayakan atas Komjen Listyo Sigit.

Anggota Fraksi NasDem ini menyatakan Komisi III telah mengambil keputusan secara mufakat dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

“Komisi III melalui pandangan fraksi secara mufakat menyetujui untuk memberhentikan Jenderal Polisi Idham Aziz sebagai Kapolri dan selanjutnya menyetujui mengangkat Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri,” tutur Sahroni.

Sahroni pun menjelaskan, Jenderal dengan tiga bintang yang lahir tanggal 5 Mei 1969, telah disetujui menjadi Kapolri.

Pihaknya berharap calon Kapolri yang terpilih sungguh-sungguh meningkatkan citra dan wibawa lembaga Polri sebagai alat negara, yang berperan merawat keamanan, ketertiban dan penegakan hukum sebagai panglima.

“Serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri,” harapnya.

Kemudian, sambung dia, Komisi III DPR RI juga mengucapkan terima kasih kepada Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., atas segala kontribusinya dalam menjabat posisi Kapolri.

“Komisi III DPR RI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Jenderal Polisi Idham Azis yang telah mencurahkan seluruh tenaga dan pikirannya secara profesional dalam melaksanakan seluruh tugasnya, untuk terciptanya keamanan dan ketertiban negeri tercinta,” tutup Sahroni.

Secara terpisah, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane meyakini, tugas pertama dari Komjen Listyo Sigit Prabowo usai dilantik Presiden Jokowi, Jumat (22/1) adalah memutasi para perwira tinggi (pati) Polri.

“Tugas pertama Listiyo Sigit, setelah dilantik Presiden Jokowi menjadi Kapolri adalah langsung menggerakkan gerbong mutasi besar di tubuh kepolisian, yakni dengan mengeluarkan telegram mutasi untuk posisi dua jenderal bintang tiga (Komjen),” sebut Neta dalam keterangan resmi yang dikutip redaksi Pariwisata Indonesia, Kamis (21/1).

Baca juga :  Mba Puan Ajak Bergotong Royong Saat Corona

Menurut Neta, dengan adanya telegram mutasi tingkat jenderal, maka ada pergerakan gerbong mutasi besar di tubuh Korps Bhayangkara.

“Dari pendataan IPW, kedua posisi Komjen yang kosong itu adalah Kabareskrim yang ditinggalkan Sigit. Kedua untuk posisi Sestama Lemhanas yang ditinggalkan Komjen Didid Widjanardi yang sudah pensiun sejak 14 Januari lalu,” ujar Neta.

Berikut, saksikan video dari Youtube DPR tentang Rapat Paripurna DPR RI Ke-12 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020 – 2021 dengan agenda Laporan Komisi III DPR RI terkait Hasil Uji Kelayakan (Fit and Proper Test) terhadap Calon Kapolri, yang dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan (Didahului Pelantikan Anggota Pergantian Antarwaktu DPR RI), Kamis, (21/1).

Lanjut Neta dalam keterangannya, usai dilantik presiden maka ada dua posisi Komjen yang kosong. Mantan Kabareskrim diyakini akan langsung menggerakkan gerbong mutasi besar.

“Termasuk memutasi sejumlah Kapolda dan menaikkan wakapolda menjadi Kapolda,” kata Neta. (Soetardjo/Bahrul/Erwin).