Selamat! Kepala BNN Petrus Golose Resmi Jenderal Bintang 3

"Selamat kepada Bapak Petrus Golose selaku Kepala BNN atas anugrah kepangkatan ini. Semoga kenaikan pangkat menjadi Komisaris Jenderal Polisi sebagai penyemangat untuk terus memotivasi dalam berbuat serta mengabdikan diri yang terbaik bagi institusi Polri," Umi Kalsum selaku Founder dan CEO PVK Grup.
Foto : Dok.Humas BNN (Hanny)

PariwisataIndonesia.id – Kapolri Jenderal (Pol) Drs. Idham Azis, M.Si., resmi menaikkan pangkat Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Dr. Drs. Petrus R. Golose, M.M., yang semula Inspektur Jenderal (bintang dua) menjadi Komisaris Jenderal (bintang tiga), dalam upacara kenaikan pangkat atau Korps Raport di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, pada Selasa (5/1) lalu.

Baca juga :  Pentolan Reserse Kini Menjadi Pemburu Penjahat Narkoba

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik Petrus Golose sebagai Kepala BNN menggantikan Heru Winarko yang memasuki purna tugas. Penetapan ini berdasarkan Keputusan Kepala Negara Nomor 203/TPA Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Badan Narkotika Nasional pada 23 Desember tahun lalu.

Baca juga :  Jokowi Sekaligus Lantik Kepala BNN dan BRGM, Usai Melantik 6 Menteri Baru

Usai terlaksananya Korps Raport ini, pria kelahiran Manado 27 November 1965 yang merupakan lulusan terbaik Akademi Kepolisian (AKPOL) tahun 1988, kemudian menamatkan Program Magister Manajemen di tahun 2002, sudah resmi menyandang pangkat Komisaris Jenderal Polisi.

Berdasarkan dokumen yang diperoleh redaksi Pariwisata Indonesia (PI), yang dikeluarkan oleh Kapolri tersebut saling berkaitan, selain kenaikan pangkat Kepala BNN Petrus Golose, ada sejumlah perwira tinggi Polri lain ikut menerima kenaikan pangkat satu tingkat. Bocoran maklumat itu, tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: STR/995-996/XII/KEP./2020, yang terbit pada 29 Desember 2020.

Baca juga :  BNN RI Adakan Press Release Akhir Tahun 2020

Redaksi PI mencatat, ada 14 perwira tinggi turut diberikan kenaikan pangkat. Empat pati naik pangkat ke Irjen, dan 10 pati naik pangkat ke Brigjen.

Kenaikan pangkat juga diberikan kepada 31 perwira menengah berpangkat AKBP menjadi Komisaris Besar. Dari sejumlah pati dan pamen yang naik pangkat, tiga pati dan tujuh pamen ditugaskan di luar struktur Polri.

Empat pati yang naik pangkat ke Irjen, yakni :

  1. Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Irlan,
  2. Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Jaya Subriyanto,
  3. Pati SSDM Polri penugasan Lemhanas Irjen Pol Agus Sukamso,
  4. Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri Irjen Pol Ruslan.

Sepuluh pati yang naik pangkat ke Brigjen, yakni :

  1. Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. II Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Prihanto Rudiono,
  2. Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. II Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Borent,
  3. Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. II Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Hendi Handoko,
  4. Pati Lemdiklat Polri penugasan Lemhanas Brigjen Pol Agus Sadono,
  5. Dirpolsatwa Korsabhara Baharkam Polri Brigjen Pol Ahmad Subarkah,
  6. Widyaiswara Madya Sespim Lemdiklat Polri Brigjen Pol Atang Heradi.
  7. Dirsosbud Baintelkam Polri Brigjen Pol Arif Rahman,
  8. Psikolog Kepolisian Utama Tk. II SSDM Polri Brigjen Pol Nyoman Lastika,
  9. Karopsi SSDM Polri Brigjen Pol Kristiyono,
  10. Karobinops Sops Polri Brigjen Pol Roma Hutajulu.

Secara terpisah, seluruh pegawai di lingkungan BNN turut berbahagia dan mengucapkan selamat atas anugerah kenaikan pangkat pemimpinnya menjadi “Komjen.” Segenap pegawai mendoakan organisasi BNN kian sukses dibawah kepemimpinan Petrus Golose.

Baca juga :  Dapat Penghargaan Kepala BNN! Para Dubes dan Mitra Asing yang Dukung P4GN, “Kehormatan Luar Biasa”

Selanjutnya, Heru Winarko Kepala BNN periode 2018 – 2020, mengungkapkan rasa terima kasih kepada jajaran BNN yang telah mendukungnya selama ini.

“Terima kasih semua telah banyak bekerjasama, saya yakin dan optimis BNN ke depan dibawah kepemimpinan Pak Petrus Golose akan semakin maju,” kata Heru yang dikutip redaksi PI dari laman resmi BNN, pada (13/12) tahun lalu, saat sertijab Kepala BNN Petrus Golose dengan Kepala BNN sebelumnya Heru Winarko di Lido, Sukabumi, Senin (28/12).

Foto : Dok.Humas BNN

Sambutan Heru, disambut hangat oleh Petrus Golose. Orang nomor satu di BNN spontanitas memberikan instruksi pertamanya kepada seluruh Ketua BNN Provinsi. Dirinya mengimbau, ke depan BNN memunculkan sisi-sisi humanis guna pencegahan, selain penegakan hukum dalam rangka pengawasan dan penindakan. BNN sebagai institusi yang dipercaya oleh masyarakat, “mari menghadirkan organisasi ini semakin dicintai oleh masyarakat.”

Ia menambahkan, “Tolong bantu Saya, Saya minta ke depan kita bersama-sama membangun, meneruskan, dan melanjutkan yang sudah amat sangat baik ini. Bersama-sama kita bisa memajukan organisasi yang kita cintai ini,” kata Kepala BNN.

Melanjuti ucapan Kepala BNN tersebut, redaksi PI mewawancara Founder dan CEO PVK Grup Umi Kalsum pada Kamis (7/1) malam, yang mengucapkan, “Selamat kepada Bapak Petrus Golose selaku Kepala BNN atas anugrah kepangkatan ini. Semoga kenaikan pangkat menjadi Komisaris Jenderal Polisi sebagai penyemangat untuk terus memotivasi dalam berbuat serta mengabdikan diri yang terbaik bagi institusi Polri,” kata Umi.

Wanita berdarah Palembang berzodiak Aries ini menyampaikan Media PVK Grup bergerak dalam jaringan media online berplatform pariwisata dibawah naungan PT Prima Visi Kreasindo (PVK), mengharapkan dukungan dan kehadiran BNN ikut serta mendorong pemulihan pariwisata di tanah air.

Dirinya menjelaskan, dengan sinergi dan kolaborasi BNN dengan cara-cara humanis, lewat campaign “Salam Hidup Sehat Tanpa Narkoba”, #hidup100persen #sadar #sehat #produktif adalah mencerminkan kebahagiaan, keceriaan dan kreativitas termasuk travelling tak perlu harus memakai narkoba.

“BNN sejatinya tak cuma mengedepankan penegakan pemberatasan semata tapi juga mitigasi untuk pencegahan yang mendorong strategi pengembangan desa wisata berbasis kearifan lokal dan kebudayaan hingga terbentuk pembangunan desa di 34 provinsi secara berkelanjutan,” kata Umi menambahkan.

Sepertinya 2021 menjadi tahun sibuk bagi Ketua BNN, di tengah pandemi COVID-19, segudang tugas berat sudah menanti Petrus Golose.

Berbekal mantan Kapolda Bali dan perannya yang turut berkontribusi lahirkan UU ITE, bukan suatu halangan untuk bertugas semakin lebih tinggi dalam menghadapi tantangan di masa depan. Kenaikan pangkat ini tentunya menjadi penyemangat dan peningkatan profesionalisme dalam pengabdiannya di organisasi BNN. “Selamat bertugas Pak Petrus Golose!”