PARIWISATA INDONESIA, PRESIDEN JOKOWI, AKU BANGGA JADI ANAK INDONESIA, AKU CINTA INDONESIA, BERITA PARIWISATA, BERITA PARIWISATA, INDONESIA TERKINI, CINTO ANAK NAGARI, KEPALA DINAS PARIWISATA PROVINSI SUMBAR NOVRIAL, KEPALA DINAS PARIWISATA PROVINSI SUMATERA BARAT, MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA, MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020, MEDIA PVK GRUP, NOVRIAL, PARIWISATA INDONESIA BANGKIT, PARIWISATA SUMATERA BARAT, WEBSITE PARIWISATA, Pariwisata, Website Resmi Pariwisata Indonesia, Umi Kalsum Founder PVK Grup, INDONESIAMAJU, BERITA JOKOWI, BALI, INDONESIA, BERITA MINANGKABAU
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Novrial

Wisatawan Nusantara Kunjungi Ranah Minang Nan Elok, Novrial Bilang Begini (Bagian-1)

PariwisataIndonesia.id – Redaksi PariwisataIndonesia.id berhasil mewawancarai Novrial selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pada hari Jumat  (1/1), terkait kesiapan Minangkabau dalam menyambut wisatawan nusantara.

Mengawali wawancara, Novrial mengajak semua pihak bersikap optimis, “Insya Allah, tahun 2021 lebih baik,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Novrial.

Menurutnya, tahun 2020 sebagai tahun terberat. Melewati ujian yang luar biasa itu, siapapun orangnya, tentu saat sekarang telah memahami dan mengenali pandemi Covid-19.

Katanya lagi, “teruslah berkarya, namun jangan abai karena pandemi belum usai.”

Menanggapi Pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada hari Kamis (31/12), Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar menjelaskan, hal itu pertanda baik.

Ia memuji kebijakan Kepala Negara yang menekankan agar kesehatan dinomorsatukan, sambungnya, masyarakat Indonesia harus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, khususnya para pelaku pariwisata yang dalam hal ini pemerintah daerah perlu adaptif dan harus sejalan dengan kebijakan dari pusat.

Lanjutnya, meski dihadapkan pada tekanan pandemi COVID-19 yang berdampak kepada hampir seluruh sektor bisnis baik berskala nasional hingga internasional, tidak begitu dengan Novrial karena mengaku telah menemukan satu formula yang dianggapnya tepat. Ia merasa yakin, bangsa ini akan keluar dari krisis.

Berbekal pengalamannya yang segudang, ditambah konsep pemikirannya yang brilliant, juga penampilan Novrial yang menyejukkan hati, tak heran bila semua staff yang ia pimpin merasa betah dan nyaman saat berada di dekatnya.

Pribadi dia merupakan sosok panutan, sekaligus arif dan bijaksana. Begitu pula dengan penampilan dan gaya keseharian, sangatlah bersahaja tapi tidak dalam pemikirannya, ia sangat cerdas dan analisanya cukup tajam.

Novrial menceritakan strategi promosi dalam memikat wisatawan nusantara berkunjung ke Minangkabau, katanya, destinasi wisata di “Sumatera Barat” menyuguhkan lengkap dan tak ada di tempat lain.

“Pariwisata Sumatera Barat harus berfokus pada 3(tiga) hal, yakni : Perbaikan Obyek dan Daya Tarik Wisata (ODTW); Segmentasi Pasar; Optimalisasi Pemasaran. Ketiga program tersebut mesti menjadi satu kesatuan dan tidak berjalan sendiri-sendiri. Dikolaborasikan dan sinergi satu dengan lainnya,” terangnya mantap.

Novrial juga menjelaskan soal pedoman nomenklatur perangkat daerah bidang pariwisata, sesuai arahan Presiden Jokowi dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terkait ODTW. Formulasinya ada pada tiga langkah tadi.

Ada objek dan ada juga daya tarik wisatanya, seperti : event, kuliner dan ekonomi kreatif. Berbicara tentang segmentasi pasar, sejalan dengan yang disampaikan Menteri Sandiaga Uno maka segmentasi pasar Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar mengusung konsep Pentahelix : Bisnis, Government, Komunitas, Akademisi, dan Media. (eh)

Berlanjut ke halaman 2, SILAKAN KLIK!