3 Tempat Wisata di Sumatra Barat yang Recomended untuk Pecinta Alam

Pariwisata Indonesia
Lembah Anai (Indonesiakaya)

PariwisataIndonesia.ID – Sumatra Barat (Sumbar) merupakan satu dari deretan pulau yang ada di Indonesia yang menawarkan pesona alamnya begitu memesona dan memikat mata.

Sobat Pariwisata Indonesia, sejumlah tempat wisata di Sumbar ini wajib buat dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, dan menikmati pemandangan alam juga termasuk bagian dari salah satu cara untuk kita mensyukiri nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

Menyoroti hal tersebut, berikut tiga tempat wisata di Sumbar yang dirangkum dari berbagai sumber, yang masih tetap terjaga kelestariannya.

1. Pulau Pasumpahan

Kota Padang memang merupakan tempat yang sering kali terpikirkan oleh para wisatawan jika mendengar Sumbar. Bila datang ke tempat ini, ada satu pulau yang wajib dikunjungi para pecinta alam, yaitu Pulau Pasumpuhan. Pulau ini beberapa tahun belakangan menjadi favorit para wisatawan.

Tempat wisata ini dikunjungi karena menghadirkan spot diving yang indah. Bukan hanya itu saja, Pulau Pasumpahan juga menawarkan keindahan alam yang sangat memukau. Pantai pasir putih, samudra terbuka, dan lautan jernih yang biru membuat tempat ini sangat wajib dikunjungi bagi para pecinta alam.

2. Pemandian Tirta Alami

Terletak di tengah pegunungan lalu dikelilingi dengan berbagai pepohonan yang rimbun dan indah, Pemandian Tirta Alami merupakan salah satu objek wisata alami yang terdapat di Sumatra Barat. Tempat ini merupakan spot yang sangat cocok digunakan para pengunjung yang ingin menenangkan diri.

Air yang muncul dari pemandian ini tentu saja alami dan berasal dari dalam bumi yang mengalir ke kolam Pemandian Tirta Alami. Wisatawan juga tidak perlu khawatir akan adanya kandungan kimia yang terdapat di dalam air pemandian ini.

3. Lembah Anai

Sumatra Barat juga memiliki objek wisata terkenal yang sekaligus menjadi ikon kota tersebut, yaitu Lembah Anai. Lembah Anai ini merupakan tempat yang sangat indah dan cantik, sehingga sangat disayangkan bila tidak menyempatkan diri untuk datang.

Air terjun yang terdapat di Lembah Anai disinyalir berasal dari Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju patahan Anai. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang senang berfoto, karena selain adanya air terjun, di sini juga terdapat kereta api peninggalam Zaman Belanda. (Rizky/Ayu)