Ada Empat Amalan yang Dianjurkan Bagi Umat Muslim Saat Isra Miraj, Mau Tahu?

Peringatan Isra Miraj, Pariwisata Indonesia
Ilustrasi foto: Memperingati Hari Isra Miraj 2022 (Foto: Media PI/Shutterstock)

PariwisataIndonesia.ID – Peristiwa Isra Miraj yang terjadi pada 27 Rajab tahun 621 M atau tahun ke-10 dari kenabian Nabi Muhammad SAW masuk dalam deretan hari libur nasional yang diperingati setiap tahun, dan tahun ini jatuh pada Senin, 28 Februari 2022.

Dilansir Suara.Com, Isra Miraj merupakan perjalanan suci Nabi Muhamnad dari Masjidil Haram di Mekah menuju masjid Al-Aqsa di Yarusalem dan dilanjutkan lagi menuju ke langit ketujuh.

Dalam perjalanan itu, Rasulullah mendapatkan wahyu langsung dari Allah SWT berupa perintah mengerjakan shalat, dan menjadi sebuah kewajiban yang harus dijalankan umat Islam.

Selanjutnya, meskipun di dalam syariat Islam, baik itu di Al-Qur’an maupun hadis tak menyebutkan secara khusus tata cara dalam merayakan Isra Miraj.

Namun, tidak ada larangan bagi orang yang ingin memperingatinya. Asalkan tidak menyimpang dari ajaran agama Islam yang dapat menimbulkan kesyirikan.

Di Indonesia sendiri momen perayaan Isra Miraj disebut juga dengan Maulid Nabi.

Di mana umat muslim di beberapa wilayah akan merayakannya dengan berbagai cara, seperti pengajian di masjid, pawai obor, sedekah bumi, syukuran dan lain sebagainya.

Menilik maksudnya, kegiatan tersebut dimaknai sebagai pesan untuk mengingatkan kisah Nabi yang istimewa itu guna menambah ketaqwaan.

Sobat Pariwisata, meskipun sudah menjadi agenda tahunan, tapi tak sedikit pula yang masih bertanya-tanya tentang amalan yang paling dianjurkan saat Isra Miraj?

Apa saja sih, yang umat Islam lakukan saat Isra Miraj selain merayakan kemeriahannya?

Berikut 4 amalan yang bisa dilakukan oleh umat Islam saat peringatan momen istimewa pada hari ini, Sob!

1. Memperbanyak Ibadah Shalat Sunah

Selain shalat wajib, shalat sunah pada hari Isra Miraj sangatlah dianjurkan. Karena akan mendatangkan pahala yang melimpah untuk orang yang mau menjalankan kebiasaan Nabi Muhammad. Shalat sunah yang dapat dilakukan yaitu shalat qobliyah ba’diyah, tahajud, dhuha, witir dan shalat sunah lainnya.

2. Memperbanyak Membaca Al-Quran

Amalan kedua, yaitu memperbanyak membaca Al-Quran. Dengan membaca Al-Qur’an akan lebih menenangkan hati dan pikiran. Selain itu, juga untuk megingatkan umat Islam bahwa peristiwa Isra Miraj tertulis secara terang benderang dalam Al-Qur’an surah Al-Isra ayat 1.

Artinya: Maha Suci Allah SWT yang telah memperjalankan hamba-Nya Muhammad SAWpada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.

3. Membaca Istighfar

Berikutnya, Allah SWT menyukai “hamba-Nya” yang mau bertaubat dengan memperbanyak membaca istighfar sebagai tanda dirinya ingin kembali ke jalan Allah dan menyesali atas segala perbuatan yang telah ia lakukan.

4. Bershalawat

Amalan terakhir yaitu membaca shalawat Nabi.

Memperingati Isra Miraj, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak membaca shalawat.

Dengan bershalawat berarti akan mendoakan nabi Muhammad, keluarganya dan juga para sahabatnya.

Lalu, atas doanya tersebut, juga akan memberi syafaat buat dirinya saat hari “Kiamat” kelak, seperti ditulis Suara.Com.

Semoga bermanfaat! (Penulis: Putri Ayu Nanda Sari)

× Hubungi kami