Ajang PFW di Jawa Timur, Didukung Menteri Sandiaga Uno Dijanjikan: Batik Pamekasan Bakal Dipromosikan saat Perhelatan KTT G20 di Bali Mendatang

Pariwisata Indonesia

PariwisataIndonesia.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi penyelenggaran Pamekasan Fashion Week (PFW) yang menghadirkan ragam produk ekonomi kreatif unggulan Pamekasan khususnya batik.

Menteri Sandiaga saat menghadiri PFW di Mandhapa Agung Ronggosukowati, Pamekasan, Jawa Timur, Jumat (1/4/2022), menilai produk-produk ekonomi kreatif yang dihadirkan dalam ajang itu, memiliki kualitas yang baik dan merupakan produk-produk unggulan berdaya saing.

Selain baju, PFW menampilkan karya-karya perajin batik Pamekasan yang saat ini sedang mengembangkan produk turunan seperti jaket batik, tas batik, souvenir batik, hingga sepatu batik.

“Pamekasan Fashion Week ini memiliki produk-produk unggulan yang bisa kita tampilkan dengan kualitas internasional. Tadi ada 20 lebih jenama yang hadir menunjukan hasil karyanya. Dan salah satunya saya pakai batik (Batik Pamekasan) model apron yang sudah diekspor ke Jepang. Jadi menurut saya ini juga kualitasnya sudah bagus,” kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (3/4/2022).

Menteri Sandi menilai, ajang PFW tidak sekadar menggelar pameran produk ekonomi yang mengedepankan unsur kreativitas, tapi juga menjadi ruang untuk mengembangkan jaringan dan pertemuan bagi pelaku ekonomi dan kreatif.

“Sehingga mampu membuka lapangan kerja,” terangnya.

Merespons hal tersebut, pihaknya siap untuk memberikan pendampingan dan memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif di Pamekasan.

Termasuk dari sisi pemasaran yang salah satunya akan memaksimalkan platform sosial media milik kementerian yang dipimpinnya, walau sebelumnya sempat hilang misterius, namun akun Instagram resminya itu, kini sudah ditemukan dan muncul kembali seperti sediakala.

“Saya akan bantu pemasarannya melalui platform yang ada,” ujar mantan Wagub DKI yang dalam setiap kesempatannya kerap mempopulerkan konsep pemulihan Pariwisata Indonesia dan Ekonomi Kreatif melalui slogan Gercep, Geber, dan Gaspol.

Tak cuma itu saja, bahkan akan dipromosikan saat perhelatan KTT G20 di Bali mendatang.

Pria kelahiran, Rumbai, Pekanbaru, 28 Juni 1969, juga menambahkan, “karena G20 ini juga kesempatan kita menampilkan produk-produk ekonomi kreatif terbaik milik anak bangsa,” pungkasnya.

Reporter :  M.E. Subianto
Penulis    :  Indah Maharani S