Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh: Fun Bike “Historical Heritage” Jadi Ajang Promosikan Destinasi Wisata Sejarah

Pariwisata Indonesia
Fun Bike “Historical Heritage” dibuka secara resmi oleh Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh Teuku Hendra Faisal mewakili Kadisbupar Almuniza Kamal di Museum Aceh, Kota Banda Aceh, pada Minggu (24/7/2022) / (Foto: Ist)

PariwisataIndonesia.id, aceh – Sebanyak 600-an pesepeda mengikuti fun bike (sepeda santai). Kegiatan itu diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, yang berlangsung, pada Minggu (24/7/2022).

Dalam keterangan resminya menyampaikan pelaksanaan fun bike itu dibuka secara resmi oleh Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh Teuku Hendra Faisal mewakili Kadisbupar Almuniza Kamal di Museum Aceh, Kota Banda Aceh, dan kegiatan ini mengusung tema “Historical Heritage”.

Menyoroti perihal tersebut, Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh Teuku Hendra mengatakan, pihaknya terus berupaya mempromosikan ragam destinasi wisata sejarah, salah satunya melalui ajang sport tourism seperti fun bike ini.

“Fun bike ini merupakan event unggulan dalam Khazanah Piasan Nanggroe. Event ini mengedepankan rekreasi, edukasi dan hiburan, di mana para peserta dapat berolahraga sambil menikmati keindahan jalur wisata sejarah Kota Banda Aceh,” ujarnya, dalam keterangan tertulis di Aceh, Minggu (24/7/2022).

Mengulik lokasi titik start fun bike, berangkat dari Museum Aceh. Untuk selanjutnya, para peserta menyusuri sejumlah lokasi bersejarah (heritage), di antaranya Museum Tsunami, PLTD Apung, Kawasan Ulee Lheue, Serta Masjid Raya Baiturrahman.

Ia menambahkan, ajang fun bike itu diikuti oleh berbagai kalangan dan usia, yang berasal dari sejumlah komunitas penggemar olahraga sepeda, hingga masyarakat umum.

“Para peserta tadi kita lihat berkesempatan menikmati spot-spot destinasi wisata sekaligus berswafoto untuk mengabadikan momen-moment keceriaan fun bike yang kita laksanakan ini,” ujarnya.

“Kita harapkan, para peserta memposting foto-foto di akun sosial media masing-masing dan men-tag akun @disbudpar.aceh dan @acehtourismtravel sebagai bentuk promosi destinasi pariwisata,” sambungnya.

Menurutnya, event ini selain mendapat dukungan dari Dispar Kota Banda Aceh, juga masih dalam rangkaian mendukung gelaran Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards Tahun 2022 yang dijadwalkan akan berlangsung pada akhir November 2022.

Pasalnya, API 2022, kata dia, akan melibatkan ribuan hadirin dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Kita harapkan dengan adanya event ini, para peserta dapat menambah pengalaman dan pengetahuan tentang destinasi sejarah di Kota Banda Aceh yang menjadi tanggung jawab kita bersama, menjaga dan melestarikannya,” pungkasnya.

Dedi, salah seorang peserta mengaku sangat antusias mengikuti event fun bike ini. Sekaligus menjadi momen baginya untuk berwisata sambil berolahraga di tengah kesibukan pekerjaannya.

“Seru, melalui fun bike ini, sambil berolahraha kita bisa lebih mengenal dan mencintai destinasi sejarah yang ada di Banda Aceh. Semoga fun bike ini bisa menjadi event tahunan dan bisa diselenggarakan di kabupaten kota lainnya di Aceh,” imbuhnya.

Sebagai informasi, event fun bike ini berlangsung meriah dengan suguhan atraksi seni budaya, musik dan beragam hadiah (doorprize) menarik yang disediakan panitia.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dispar Banda Aceh Said Fauzan, Sekretaris Disbudpar Aceh Cut Nurmarita, Kabid Pengembangan Destinasi Munawir Arifin, Kepala UPTD Museum Tsunami M Syahputra AZ, Kepala UPTD Taman Seni dan Budaya Azhadi Akbar, dan Kepala Tata Usaha UPTD Museum Aceh Nurhasanah. (Eny)

Editor: Eny Pr

× Hubungi kami