dr.Dyah: Lindungi Diri Kamu dari Virus Korona, Lakukan Tips ini!

KetuaSatgasCOVID-19,Prof.dr.ZubairiDjoerban

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Sekretaris Majelis Pengembangan Pelayanan Keprofesian (MPPK), PB IDI, dr Dyah Agustina Waluyo menyebutkan bahwa salah satu hal yang penting dalam penanganan penyebaran virus Corona di Indonesia adalah mengatasi kepanikan masyarakat serta meningkatkan edukasi pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan.

Headline di semua teve, media cetak seperti majalah, surat kabar nasional dan tabloid. Serta website. Dan radio. Membuat panik masyarakat. Publik di jagat maya ikutan bereaksi beragam atas kasus positif virus korona di Indonesia. Merebaknya wabah virus korona diikuti dengan menyebarnya konten hoaks. Kecemasan publik terjadi di berbagai belahan dunia tidak cuma di Indonesia. Tagar bermunculan dibanyak media sosial terkait dengan kasus korona (Covid-19). Bermunculan banyak tagar. Mulai dari tagar tentang informasi terkini soal kasus korona.  Tagar harga masker mahal. Tagar ajakan untuk tidak takut. Tagar untuk melawan virus korona dan banyak lagi yang lain.

Lindungi Diri dari virus korona, lakukan Tips ini
Foto: www.Pariwisataindonesia.id

Sejumlah perusahaan sudah menerapkan kebijakan social distancing dengan sistem work from home. Kebijakan ini diambil pemerintah dalam upaya menekan penyebaran Virus Korona (Covid-19). Kecemasan tentang kesehatan diri dan keluarga jelas jadi prioritas utama. Tapi, daripada cemas berlebihan sebaiknya mulai lakukan langkah pencegahan dimulai dengan memperhatikan tips yang disampaikan dr. Dyah Agustina Waluyo selaku Sekretaris Satgas Covid-19 PB IDI.

Dalam wawancara tertulis dr. Dyah banyak memberikan himbauan dan tips. Mari lindungi diri dan keluarga. Jangan panik! Tapi jangan juga menyepelekan. Penyebaran bisa diredam. Semua pihak harus saling membantu. Ini bukan hanya persoalan pemerintah semata. Menjadi tanggungjawab semua pihak. Masyarakat harus bisa menahan diri. Mari untuk tetap berada di rumah hingga batas waktu yang ditetapkan pemerintah. Penting sekali buat kamu untuk tinggal di rumah. Belajar di rumah, bekerja di rumah, hindari keramaian. Siapa pihak yang hanya dibolehkan ada di jalan? Tenaga medis, petugas fasyankes dan yang ditugaskan mengatur aktivitas publik.

Kamu bekerja dan aktif dari rumah. Kamu belajar dan studi dari rumah. Kamu melakukan ibadah di rumah. Kondisi saat ini, lebih baik itu. Jangan berjalan-jalan. Kecuali sangat terpaksa keluar. Tinggal dirumah bukan hal yang menakutkan. Buatlah aktivitas menyenangkan di rumah.

Kalau terpaksa sekali, silahkan keluar. Misalnya, mau ke pasar? Boleh! Asal di pasar diatur untuk yang masuknya dan keluar. Bergantian. Jangan berdekatan. Resepsi dan keramaian dihindari, berikan edukasi dengan cara yang sangat bijaksana. Bila terpaksa untuk kamu tetap harus berada dalam aktivitas luar. Tolong untuk menjaga jarak. Minimal berjarak, 1-2 meter. Perbanyak makanan bergizi. Buah-buahan, sayur dan susu. Kamu harus sering minum air putih hangat. Daya tahan tubuh kamu baik, sembuh dengan sendirinya. Daya tahan tubuh kamu baik, kalau tertular, cuma ringan. Seperti flu biasa !

Mengapa harus berdiam diri dan semua dilakukan di rumah. Tujuan utamanya adalah untuk mencegah penularan. Diluaran sana belum tentu semuanya sehat. Bila kedapatan tertular dengan mereka yang sakitnya kronis. Penularan tidak bisa kamu cegah. Buat kamu yang hanya sakit ringan, tetap akan bisa menularkan kepada ibu dan bapak. Jadi semua wajib untuk di rumah mencegah penularan. Penyebaran virus ini tidak boleh semakin meluas.

Demam ya minum obat demam. Batuk ya minum obat batuk. Kamu harus melakukan tes kalau demam tinggi dan ada gangguan di pernafasan.
Lakukan perawatan khusus kalau sudah ada hasil rontgen dada. Dan pemeriksaan lengkap sel darah putihnya. Bilamana kedua hasil tadi ada kelainan, segerakan untuk ditangani secara serius. Kalau sebatas sakit ringan, istrahat saja di rumah. Hal ini penting, karena sistem imun yang sedang menurun menjadi celah masuknya virus lain ke dalam tubuh. Kamu menjadi rentan terpapar penyakit yang lebih parah saat kondisi tubuh sedang tidak fit.

Di tengah maraknya berita virus ini mengkhawatirkan, saatnya buat kamu untuk lebih aware dengan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Biasakan diri dan keluarga, rutin mencuci tangan. Ini utama sekali, proteksi diri kamu dan keluarga dari berbagai macam penyakit. Caranya?, rutin mencuci tangan. Saat berada di luar, biasakan untuk pakai masker. Lindungi diri kamu. Jangan lupa, selalu siapkan hand sanitizer. Fungsinya adalah membersihkan tangan saat kamu tidak mendapatkan air dan sabun.

dr Dyah Agustina Waluyo
Foto : Isitmewa

Sambil menunggu keputusan pemerintah lebih lanjut, gunakan waktu kamu untuk beristirahat maksimal. Kamu bisa berkumpul bersama keluarga. Keceriaan bersama keluarga di meja makan. Keceriaan bersama keluarga di ruang tamu, semua ini tentu sangat luarbiasa. Belanja kebutuhan dapur dirumah bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi dan situs belanja online. Tentu cari yang paling direkomendasi. Gunakan dawai kamu, belanjalah dengan bijaksana dan smart. Beli apa yang dibutuhkan. Bersama signal xl axiata kuat dan jaringan xl axiata stabil, semua kebutuhan kamu selesai dan tuntas. Driver ojol atau layanan antar dari belanja melalui aplikasi dan situs belanja online pesanan kamu diantar. Wouw, pastinya membantu kamu banget untuk tetap nyaman berada di rumah.

Saran dr. Dyah jangan dulu melakukan traveling. Perhatikan jarak personal, rapat internal di hotel. Jarak pesertanya harus minimal 1-2 meter. Kalau ada tamu yang stay di hotel, pantau kesehatanya. Dan tamu hotel kalau ada yang demam, batuk dan pilek silahkan ke dokter. Mencegah penularan adalah prioritas.

Virus ini memang menakutkan. Tapi, kalau kamu bisa tetap tenang dan mengikuti arahan dari apa yang sudah disampaikan pemerintah. Ditambah himbauan dan tips dr. Dyah, maka proteksi diri dan keluarga, terjamin. Stay at home. Kamu adalah pahlawan kalau mau tinggal di rumah.

Secara terpisah Presiden Jokowi menghimbau masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan ibadah di rumah. “Semoga kita semua diberikan kesehatan yang prima,” Presiden menganjurkan. Bogor, 19 Maret 2020, Klik : https://pariwisataindonesia.id/jokowi-saya-dan-ibu-iriana-melaksanakan-tes-deteksi-covid-19/

#viruskorona #MariDiRumahsaja #Tinggaldirumahtidakmenakutkan
#dr.DyahAgustinaWaluyo #KetuaSatgasCOVID-19,Prof.dr.ZubairiDjoerban