Eddy Sunyoto Jadi Plt. DPD ASITA Bali Usai Kepengurusan Ketut Ardana Dimakzulkan DPP ASITA

Plt. Ketua DPD ASITA Bali Eddy Sunyoto, PariwisataIndonesia
Plt. Ketua DPD ASITA Bali, Eddy Sunyoto (Sisi Kanan) dan Sekretaris Ketut Sudiarsa (Sisi Kiri) / Foto: Dok.Radar Bali

PariwisataIndonesia.ID – Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (DPP ASITA), memakzulkan kepemimpinan Ketut Ardana sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ASITA Provinsi Bali.

Dilansir dari situs Radar Bali (Jaringan Media Digital Jawa Pos Group) menyampaikan, pemberhentian tersebut tertuang melalui Surat Keputusan (SK) DPP ASITA No. 007/DPP-ASITA/K/VII/2020 tentang revisi surat keputusan DPP ASITA No. 005/DPP-ASITA/K/VII/2020 terkait pemberhentian anggota ASITA.

Lalu, dari SK yang ditandatangani oleh Ketua Umum (Ketum) ASITA, Dr. N. Rusmiati, M.Si dan Wakil Sekretaris Jenderal 1, Bahriyansyah, terungkap penjelasan itu, yang memperlihatkan, bahwa DPP ASITA telah menetapkan Eddy Sunyoto sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua DPD ASITA Bali dan Ketut Sudiarsa sebagai sekretaris.

Bahkan, penugasan mereka diperkuat lagi dengan SK berikutnya, yakni SK DPP ASITA Nomor 013/DPP-ASITA/K/VII/2020 tertanggal 30 Juli 2020 yang mengatur secara rinci tentang kewenangan Plt DPD ASITA Bali.

Di situs itu juga menjelaskan, semula Eddy Sunyoto menjabat Ketua Bidang Promosi dan Pemasaran Luar Negeri DPP ASITA (2002-2019). Saat sekarang (setelah penetapan barunya, red), diamanahkan kepadanya 4 tugas khusus.

Terkait hal tersebut, dirangkum keempat tugas Eddy, sebagai berikut:

Pertama, melanjutkan roda organisasi dan kesekretariatan DPD ASITA Bali.

Kedua, mempersiapkan pelaksanaan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub).

Ketiga, melakukan koordinasi dan konsolidasi organisai.

Keempat, melakukan pembinaan organisasi dan anggota di lingkungan DPD ASITA Bali.

Selain itu, DPP ASITA juga memberikan waktu enam bulan kepada Plt. Ketua DPD Asita Bali untuk membereskan persoalan yang membelit asosiasi pelaku pariwisata di Pulau Seribu Pura dengan menargetkan sudah terbentuk panitia pengarah dan panitia pelaksana Musdalub ASITA Bali.

Menanggapi hal tersebut, kepada wartawan Radar Bali, Eddy Sunyoto mengaku sedih merespons dibekukannya pengurus DPD ASITA Bali (Ketut Ardana dkk, red).

(Redaksi Pariwisata Indonesia mencatat, yang dimaksud oleh Eddy Sunyoto menyoroti DPD ASITA Bali yang berseberangan dengan DPP ASITA adalah mereka yang menyebut dirinya sebagai DPD ASITA 71 Bali).

Baca ke halaman berikutnya.. “