Hari Raya Nyepi: Makna hingga Tradisi Perayaannya di Indonesia

Tujuan perayaan hari raya Nyepi adalah memohon kepada Tuhan YME untuk menyucikan "bhuana alit" artinya alam manusia, dan "bhuana agung" artinya alam semesta. Oleh karena itu, Sobat Pariwisata perlu paham, terdapat sejumlah aturan yang harus ditaati saat hari raya Nyepi. Berikut penjelasannya.
Pariwisata Indonesia, Berita Pariwisata Indonesia, Hari Raya Nyepi
Momen dari salah satu rangkaian aktivitas keagamaan yang dilakukan umat Hindu di Bali menjelang perayaan hari raya Nyepi. (Foto: Media PI/Dok. Humas Kemenag Bali)

PariwisataIndonesia.ID – Hari raya Nyepi merupakan satu dari sekian banyak hari besar yang dirayakan umat Hindu di Bali.

Hari yang sangat agung ini ditetapkan sebagai hari libur nasional berdasarkan Keputusan Presiden Indonesia Nomor 3 tahun 1983.

Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Saka 1944, Pariwisata Indonesia, Trippers, Indonesia Traveler, Media PVK Grup,
Rahajeng Nyangra Rahina Nyepi Saka 1944 Tahun 2022 (Foto: Media PI/Dok. Humas Pemprov Bali)

Menurut kalender yang digunakan oleh umat Hindu di Bali. Termasuk yang di Nusa Tenggara Barat, Lampung, Sulawesi Tengah, Bengkulu, dan daerah penempatan transmigrasi asal Bali lainnya ataupun yang tinggal di Jakarta dan Bekasi, maupun yang menetap di wilayah lain di Indonesia.

Hari raya suci ini dirayakan setiap tahun Saka. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 78 Masehi.

Untuk tahun ini, hari raya Nyepi jatuh pada Kamis, 3 Maret 2022, dan pada hari itu, segala aktivitas duniawi ditinggalkan seharian penuh.

Tak ayal, sangat sepi, sunyi, benar-benar hening. Sebab, umat Hindu di Tanah Air tengah bermeditasi, memilih berdiam diri di rumah untuk beribadah tanpa melakukan aktivitas lain termasuk ke luar rumah.

Menyoroti perayaan hari raya Nyepi di Bali, semua kegiatan benar-benar ditiadakan di antaranya tempat makan, pusat perbelanjaan hingga bandara pun ditutup.

Bahkan, demi menjaga kekhusyukan, akses internet, saluran tv, hingga lampu-lampu di hotel tidak diizinkan menyala. Tak terkecuali jaringan ATM di Bali, bakal dimatikan mulai pukul 18.00 WITA.

Bersambung ke halaman berikutnya
Rumah sakit saja yang dibuka, tetapi .. “

× Hubungi kami