JIS Siap Digunakan untuk Perlehatan Akbar, Jakpro Jajaki Berbagai Acara Internasional Termasuk Konser K-Pok BTS

PARIWISATAINDONESIA.ID – PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) mengatakan Jakarta International Stadium (JIS) siap untuk digelar perhelatan Akbar. Jakpro akan menjajaki seluruh kemungkinan aktivasi di JIS setelah perlehatan Youth International Championship pada bulan Desember mendatang.

Salah satu yang diundang yakni Grup Korean Pop (K-Pop) asal Korea Selatan Bangtan Boys (BTS).

“Salah satu grup musik yang dijajaki Jakpro untuk menggelar konser di JIS, yakni Grup Korean Pop asal Korea Selatan Bangtan Boys,” kata Kadiv Sekretaris Perusahaan Nadia Diposanjoyo melalui keterangan tertulisnya, Selasa (26/10/2021).

Stadion berstandar FIFA itu bakal dilengkapi dengan sistem audio (sound system) berteknologi canggih yang mendukung untuk menggelar konser-konser besar.

Sistem audio tersebut juga didukung dengan ruang tertutup di dalam JIS sehingga suara musik terdengar lebih bagus. Ada pun sound audio video yang digunakan adalah pro sound yang mengakomodir konser internasional dengan suara akustik yang mendukung seisi stadion.

Spesifikasi teknis peralatan sistem tata suara yang digunakan profesional sound masuk dalam standar FIFA. Terkait dengan Speach Transmission Indek (STI) di mana tingkat tekanan suara tidak kurang dari 100dBA dan maximum 105dBA, dengan toleransi rerata +/- 3.5 dBA.

“Jadi, selain berfungsi sebagai pertandingan sepak bola internasional, stadion JIS juga mampu mengakomodir konser internasional, seperti halnya stadion internasional yang ada di luar negeri,” ucapnya.

Nadia menjelaskan, dengan kecanggihan sound system serta retracable roof-nya, JIS dirancang tidak hanya sebagai stadion biasa, tetapi mengikuti standar internasional dengan tujuan agar stadion ini dapat dipakai pada saat event piala dunia dan acara bertaraf internasional lainnya.

Sebab, JIS juga nantinya akan memiliki fungsi multipurpose venue. Artinya, JIS tidak hanya menggelar pertandingan sepakbola saja, melainkan juga event besar lainnya seperti exhibition maupun konser musik.

“Untuk mendukung hal tersebut, JIS dilengkapi dengan sistem atap buka tutup (retractable roof),” tuturnya.

Nadia menjelaskan memasuki minggu ke-111, realisasi pembangunan JIS progresnya mencapai 76,52%.

Ditargetkan hingga akhir bulan ini, JIS progresnya mencapai 80 %. Adapun untuk progres pengerjaan pembangunan fitur unggulan stadion saat ini, sudah memasuki tahap finishing.

Seperti: Corporate box, media room, royal lounge, press conference room, dan locker room home and away.

“Sementara itu rumput stadion utama hampir mencapai 100 % terpasang,” pungkasnya. (Beben)