Kenikmatan yang Menggigit dari Getuk Goreng Sokaraja

sumber foto: iqbalkautsar.com

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Di setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner atau jajanan yang khas dari daerahnya masing-masing. Seperti dari daerah Sokaraja di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Di kenal dengan nama Getuk Goreng ya Gaaees.

sumber foto: travelingyuk.com

Getuk Goreng merupakan kuliner khas dari Sokaraja, Banyumas, ini terbuat dari bahan dasar singkong atau biasanya masyarakat banyumas menyebutnya dengan sebutan Boled. Singkong ini di rebus dulu sampai mateng kemudian di tumbuk dan ditambah gula jawa atau kalo kamu kenalnya gula merah ya Gaaees. Perpaduan antara singkong dan gula jawa ini setelah di goreng terasa manis dan gurih serta lezat menggoda lho.

Pada awalnya Getuk Goreng ditemukan sekitar tahun 1918 secara gak sengaja oleh Sunpringad, seorang penjual nasi rames yang keliling di daerah sokaraja. Getuk basah adaLah salah satu dagangannya yang tiap hari di jualnya, pada saat itu getuk basah yang beliau jual gak laku, sehingga beliau berpikir agar getuk tersebut bisa dikomsumsi kembali.

Kemudian getuk basah yang gak habis terjual, beliau goreng dan dijual kembali, ternyata getuk goreng ini digemari oleh para pembeli dan disukai lhoo. Kini getuk goreng bukanlah getuk basah yang gak laku terjual melainkan getuk goreng ini yang sengaja di jual hingga saat ini Gaaees. Bahkan Getuk Goreng asli Sokaraja ini, memiliki beberapa macam varian rasa seperti rasa durian, rasa coklat, nangka, nanas, dan lain sebagainya. Kamu suka rasa apa nih Gaaees?