Mau Ngutang? Sandiaga Uno Upayakan Pelaku Usaha Ekonomi Kreatif Dapat Bantuan

pariwisata indonesia,umi kalsum founder dan ceo media pvk group,"GERCEP GEBER DAN GASPOL",ACHMAD BAIDOWI,AUNUR ROFIQ,BERITA KEMENPAREKRAF,BERITA MENTERI SANDIAGA UNO,CLEANLINESS (KEBERSIHAN) HEALTH (KESEHATAN) SAFETY (KEAMANAN) ENVIRONMENT (RAMAH LINGKUNGAN) DISINGKAT CHSE,DR. H. SANDIAGA SALAHUDDIN UNO BBA.MBA,GENERASI MUDA PEMBANGUNAN INDONESIA (GMPI),INDONESIA OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIA'S OFFICIAL TOURISM WEBSITE,INDONESIAN TOURISM WEBSITE,MEDIA ONLINE PARIWISATA INDONESIA TERFAVORIT 2020,MEDIA PARIWISATA INDONESIA OFFICIAL,MEDIA PVK GROUP,MEDIA PVK GROUP DENGAN 10 SITUS PARIWISATA DAN E MAGAZINE,MEDIA RESMI PARIWISATA INDONESIA,MENTERI INVESTASI/KEPALA BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL (BKPM) REPUBLIK INDONESIA BAHLIL LAHADALIA,MENTERI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF (MENPAREKRAF) DAN KEPALA BADAN PAWISATA DAN EKONOMI KREATIF (BAREKRAF) SANDIAGA SALAHUDDIN UNO,PARIWISATA INDONESIA,PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP),PUTRI PRISA AFIFAH KIREY,SURYA BATARA KARTIKA,TETAP PRODUKTIF DI ERA PPKM DARURAT,WEBSITE RESMI PARIWISATA INDONESIA
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pawisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno (Dok. Humas Kemenparekraf)

PariwisataIndonesia.ID – Menparekraf dan Kabarekraf, Sandiaga Salahudin Uno instruksikan jajaran pejabat di lingkungannya untuk mempercepat regulasi terkait hak kekayaan intelektual atau intellectual property (IP).

Hal tersebut, terungkap melalui seminar daring di Jakarta, Sabtu (29/8), Sandi berharap, upayanya ini dapat dimanfaatkan untuk dijadikan agunan dalam pinjaman bagi pelaku ekonomi kreatif (Ekraf).

“Ini perintah! Perintahnya adalah percepat proses untuk regulasi yang berkaitan dengan hak kekayaan intelektual yang akan bisa dijadikan sebagai collateral atau jaminan pinjaman,” tegas Sandi.

Suami Mpok Nur menilai, pihaknya siap menjalin kolaborasi mengingat regulasinya memang ada untuk itu.

Kemudian, sambungnya, tengah mengupayakan melalui Menteri BUMN Erick Thohir agar bank-bank Himbara berkenan untuk memberikan akses kredit kepada hak kekayaan intelektual Indonesia baik yang dikelola BUMN maupun yang dikelola swasta.

Dilansir dari situs Antara News, Sandi mendorong Erick membukakan pintunya. Oleh karena itu, kolaborasi ini menjadi sangat penting agar memudahkan pelaku Ekraf mendapatkan permodalan.

“Dengan memiliki satu hak kekayaan intelektual, maka pencipta karya tidak akan berhenti di situ. Kita harus mengembangkan mulai dari animasinya, merchandise-nya, dan sebagainya,” kata suami Mpok Nur, kutip redaksi PariwisataIndonesia.ID, dari laman resmi Kemenparekraf, pada Sabtu (29/8).

Dalam pernyataannya, ia juga menambahkan, bahwa hal ini merupakan suatu langkah kolaborasi yang konkrit dan Jakarta adalah epicentrum bagi Ekraf.

“Menurut saya ini adalah potensi kita khususnya Jakarta, kita munculkan suatu terobosan, paling tidak ini akan menjadi warisan atau legacy daripada bapak Presiden Joko Widodo dalam periode pemerintahan keduanya,” dorong Sandi, dikutip dari Antara News, Sabtu (29/8).

Sandi meyakini, melalui model pembiayaan dengan skema ini maka akan sangat memungkinkan bagi pelaku Ekraf untuk mendapatkan modal usaha. Untuk itu, dia berjanji akan kerja keras program tersebut oleh pemerintah bisa direalisasikan dan bisa dieksekusi. (ayu)