Parade Kuda di Pantai Walakiri Sumba, Menawan Wisatawan!

sumber foto : kemenparekraf

Pariwisata Indonesia—Hai Gaaees!

Sumba di Nusa Tenggara Timur (NTT), keindahan alam dan budayanya sudah tersohor sampe mancanegara.

Salah satu pantai di Sumba yang terkenal adalah Pantai Walakiri. Pantai ini terbilang unik. Deretan pohon kelapa dan cemara berjajar rapi di pinggir pantai. Di sebelah barat pantai terdapat deretan hutan bakau.

Menariknya, pada bulan-bulan tertentu, di pantai ini sering diadakan parade 1001 Kuda Sandelwood. Parade ini semakin menambah keeksotisan Pulau Sumba. Di Pantai Walakiri, wisatawan tampak tumpah ruah menyaksikan parade yang unik ini.

Walakiri terbilang pantai yang sangat unik dan merupakan spot yang tepat untuk menunggu matahari terbenam. Penasaran uniknya? Pohon-pohon mangrove yang terdapat di ujung bibir pantai ini jawabannya.

Apabila air sedang pasang sekilas tak ada yang membuat unggul Pantai Walakiri, namun tunggu sampai air sedikit surut. Siluet pepohonan mangrove yang meliuk-liuk bak penari membuat Walakiri menjadi sebuah fenomena yang unik dan memanjakan mata.

Pantai Walakiri berada di Desa Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur.Pantai ini mudah diakses karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Waingapu, sekitar 24 kilometeran Gaaees. Jarak tempuhnya sekitar 30 menit.