Pembangunan Ibu Kota Baru Bakal Dipercepat Tahun Depan

sabigaju.com

Pariwisata Indonesia–Hai Gaaees!

Indonesia sempat heboh dengan adanya berita pemindahan Ibu Kota. Tapi, Gaaees kamu perlu tau, Pemindahan ibu kota adalah langkah strategis untuk mengurangi beban DKI Jakarta.

Kondisi Jakarta sekarang udah jenuh dan sulit melakukan pengembangan karena keterbatasan lahan. Selain itu, tujuan lainnya adalah pemerataan pembangunan di Indonesia yang selama ini masih terpusat di Pulau Jawa. Ibu kota baru ini diharapkan akan menjadi trigger sehingga memicu perkembangan dan kemajuan pembangunan di luar Jawa.

tribunnews.com

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, peletakan batu pertama atau groubdbreaking ibu kota baru bakalan dipercepat pelaksanaannya.

Tentunya nih Gaaees pembangunan ini bakal dipercepat dengan terpilihnya desain yang bikin warna berbeda di Ibu Kota baru kita.

Nantinya, Kementerian PUPR bersama para arsitek menyesuaikan desain ibu kota baru.
proses penyesuaian desain ibu kota baru bakal memakan waktu 8 bulan, karena perlu penyidikan tanah, pengukuran topografi. Sehingga, pada kuartal keempat tahun 2020 proses pembangunan bisa dilakukan.

Desainer yang udah dipilih akan diajak langsung oleh Presiden Jokowi untuk melihat lokasi calon Ibu Kota di Kalimantan Timur. Desain utama akan difokuskan pada infrastruktur berupa jalan, bendungan dan prasarana dasar lainnya.

Dalam kunjungan itu, juga akan menentukan titik nol ibu kota baru. Maka, finalisasi desain akan jadi tanggung jawab kementerian pimpinannya itu.

Selain itu Gaaees, Kementerian PUPR juga bakal kembali menggelar sayembara untuk desain bangunan ikon negara. Seperti desain istana negara, gedung DPR-MPR, Mahkamah Agung dan lain-lain. Tapi ini baru akan dibuka setelah penetapan detail desain.

Basuki memastikan prasarana dasar akan diselesaikan tahun 2020 mendatang. Tetapi terkait pembagian cluster pendidikan, kesehatan dan yang lain akan ditentukan setelahnya.

Disinggung soal anggaran pembangunan, Basuki menyebut belum ada perkiraan. Sebab, itu baru akan terlihat setelah desain detail jadi. Apalagi, setelah kunjungan ke lokasi bersama para arsitek, Presiden Joko Widodo ingin bertemu untuk memberikan saran.

Wow jadi gak sabar yaa main-main ke Kalimantan Timur Gaaees..