Selama Libur Lebaran, XL Axiata: Trafik Data Naik 33 Persen, Layanan Streaming Paling Dominan

Pariwisata Indonesia
Ilustrasi Foto: Layanan XL Home

PariwisataIndonesia.ID, Jakarta – Sepanjang libur Lebaran Hari Raya Idulfitri 1443 Hijiriah, mulai 24 April hingga 7 Mei 2022, pihak XL Axiata mencatat terjadi peningkatan trafik penggunaan data.

Hal tersebut disampaikan Direktur & CTO XL Axiata, I Gede Darmayusa dalam keterangan resmi, Senin (9/5/2022).

Menurutnya, Data Customer Experience & Service Operation Center (CESOC) XL Axiata menunjukkan terjadinya kenaikan trafik layanan data secara nasional.

Baca juga :  Dian Siswarini, Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk

Dalam penjelasannya itu, juga melaporkan, katanya, kenaikan trafik layanan data secara nasional tahun ini 33 persen lebih tinggi dibandingkan periode Lebaran sebelumnya, dan 11 persen lebih tinggi dibandingkan hari-hari biasa sebelum Ramadhan.

“Lebaran tahun ini dipenuhi suasana euforia masyarakat di berbagai daerah. Hal ini bisa kita lihat antara lain dari kenaikan trafik data yang cukup signifikan, demikian juga dengan data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis,” kata I Gede Darmayusa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (9/5/2022).

Direktur & CTO XL Axiata menambahkan, lonjakan trafik ini disebut tidak lepas dari diperbolehkannya masyarakat melakukan perjalanan mudik dan libur, setelah dua tahun sebelumnya dibatasi karena pandemi Covid-19.

Ia juga menuturkan, akses ke layanan streaming video melalui media sosial terbilang cukup tinggi. Selama periode Ramadhan dan Lebaran ini, XL Axiata mencatat trafik layanan data secara nasional didominasi streaming yang mencapai 52 persen.

Begitupula dengan akses terhadap sejumlah layanan streaming, kata dia, juga mengalami kenaikan yang signfikan antara lain Netflix naik 16 persen, YouTube naik 40 persen, TikTok naik 76 persen, Spotify naik 21 persen, sedangkan Vidio relatif stabil.

Lebih lanjut, pihaknya mencatat hal lainnya yang juga terjadi peningkatan selama musim libur Lebaran tahun ini, di antaranya, selain hal  tersebut, termasuk yang di luar streaming, ikut mengalami peningkatan adalah social network yang mencapai 42 persen.

Dalam paparannya, turut merinci beragam aplikasi yang dimaksud seperti Twitter naik 29 persen dan Facebook mencapai 38 persen, WhatsApp meningkat 38 persen, belanja online melalui e-commerce meningkat 23 persen, sedangkan web browsing naik 36 persen.

Untuk layanan video conference Zoom, Gede menuturkan, trafik pemakaiannya relatif stagnan dan cenderung menurun. Namun untuk layanan peta dan jalan seperti Google Maps maupun Waze naik sekitar 48 persen dibanding hari normal.

Sementara untuk layanan SMS dan voice, sambungnya, mengalami kenaikan dan adapula yang sedikit terjadi penurunan, masing-masing sebesar 6 persen dan -3 persen dibandingkan hari biasa. Di sisi lain, pengganti layanan voice, yaitu VoLTE mengalami kenaikan signifikan hingga 13 persen dibandingkan hari normal.

Untuk diketahui, layanan VoLTE yang berbasis data memiliki fungsi yang sama dengan voice. Namun memiliki keunggulan dari kejernihan suara dan bisa dilakukan bersamaan dengan akses ke layanan data lainnya.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan data secara nasional sepanjang Ramadhan dan Lebaran, Jawa Timur ada di urutan pertama dengan kenaikan 24 persen dibandingkan hari biasa. Menyusul kemudian, Jawa Tengah dengan kenaikan 23 persen dan Jawa Barat kenaikan 20 persen.

Adapun untuk yang di luar Pulau Jawa, mencermati trafik pemakaian layanan data XL Axiata di antaranya di wilayah Sumatera bagian utara secara rata-rata naik sebesar 21 persen, Sumatera bagian selatan naik 17 persen, Kalimantan naik 17 persen, Sulawesi niak 14 persen, dan Bali-Lombok-Sumbawa naik 19 persen.

Dia juga menyebutkan, dari sisi area kota/kabupaten secara nasional, lima kota/kabupaten dengan kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Sampang sebesar 41 persen, Kabupaten Bangkalan naik 39 persen, Kabupatan Lombok Tengah naik 35 persen, Kabupaten Brebes naik 33 persen, serta Kabupaten Purwakarta naik 25 persen.

Trafik XL Home/XL Satu Fiber

Data menarik lain seputar layanan selama Ramadhan dan Lebaran terjadi pada layanan konvergensi XL Home/XL Satu Fiber. XL Axiata mencatat secara nasional terjadi penurunan trafik sebesar 4 persen dibandingkan hari biasa atau naik 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Meski Lebaran tahun ini banyak keluarga melakukan perjalanan mudik, layanan internet rumah memang ditujukan untuk segmen keluarga, sehingga akses ke WiFi yang berbasis layanan tetap internet ini tetap ikut mengalami peningkatan.

Kenaikan trafik XL Home ini tidak lepas dari terus meningkatknya jumlah pelanggan secara nasional dalam setahun terakhir mencapai 19 persen. Saat ini, total jumlah pelanggan XL Home mencapai lebih dari 100 ribu dengan cakupan lebih dari 658 ribu home-passed.

“Kenaikan trafik pemakaian sudah mulai terlihat sejak memasuki Ramadan dan menjelang Idul Fitri akses ke layanan internet mengalami sedikit penurunan karena pelanggan melakukan moblitas mudik,” tutur Gede.

Secara keseluruhan, Gede menuturkan, XL Axiata meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2 kali lipat dibandingkan hari normal untuk memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini. Pengerahan mobile BTS juga disiapkan untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi yang membutuhkan.

Baca juga :  XL Axiata: 660 Mitra Penjualan Diberikan Mudik Gratis, 20 Pemenang Kompetisi Sales Racing Dianugerahi Naik Alphard

XL Axiata Ajak Mitra Penjualan Mudik Bareng Naik Alphard

Pantauan PariwisataIndonesia.ID, pihak XL Axiata sebelumnya juga mengklaim telah sukses menggelar program mudik bagi para mitra penjualan produk layanannya. Perusahaan berhasil mengajak sekitar 660 peserta dalam program itu, dengan tujuan sejumlah kota di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Terkait program Mudik Bareng 2022 ini, XL Axiata menyiapkan 15 unit bus besar, serta delapan unit Innova dan lima unit Alphard.

Menanggapi hal tersebut, kala itu, Direktur & Chief Commercial Officer – Consumer XL Axiata, David Arcelus Oses turut memberikan penjelasan, program mudik ini kembali diselenggarakan perusahaan setelah ada lampu hijau dari pemerintah untuk masyarakat yang ingin mudik Lebaran, mengingat selama dua tahun tidak bisa mudik.

Dia juga mengatakan, program tersebut sebagai salah satu wujud apresiasi kami bagi rekan-rekan retailer yang sudah menjadi mitra terbaik kami yang ikut juga membangun keberhasilan XL Axiata. Karena itu kami sangat senang bisa membantu rekan-rekan retailer pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga,” ujar David melalui keterangannya, Kamis (28/4/2022).

Di kesempatan itu, dia pun berharap, program Mudik Bareng 2022 akan semakin meningkatkan hubungan dan kerja sama yang baik dengan para mitra penjual online dan juga membantu pemerintah dalam mendukung kelancaran arus mudik.

Selain menyediakan sarana transportasi, XL Axiata juga menambah sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan peserta, seperti pemberian souvenir dan uang saku.

Sebagian dari peserta, malah ada yang dianugerahi fasilitas mudik premium menggunakan mobil mewah Alphard. Mereka adalah 20 retailer, yang berhasil memenangi program Kompetisi Sales Racing, dan pihak XL Axiata dengan senang hati mengantarkannya sampai ke kampung halaman.

Di akhir keterangannya, juga mengaku, program tersebut sudah mengikuti aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, di mana untuk peserta yang sudah vaksin 1, 2 dan 3 tidak perlu melakukan antigen dan bagi yang baru vaksin 1 & 2 tetap harus dapat menunjukan hasil antigen negatif yang terintegrasi dengan PeduliLindungi. (Dini)