Trafik Layanan Data XL Axiata Naik 10%! Jelang Natal dan Tahun Baru, Jaringan XL Performa Tinggi

PT XL Axiata Tbk merupakan perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Indonesia. Performa jaringan XL, sepenuhnya siap. Pelanggan mendapatkan layanan optimal selama mengisi libur panjang akhir tahun. Silakan baca beritanya.
Xl Axaita, Perusahaan seluler telekomunikasi terkenal di indonessia, PT XL Axiata TBK

PariwisataIndonesia.id – Perusahaan operator seluluer XL Axiata atau PT XL Axiata Tbk, disingkat XL mengoptimalkan jaringan guna melayani pelanggan yang akan merayakan Natal dan Tahun Baru. Berdasarkan tren dua tahun terakhir, trafik layanan data kedua hari besar tersebut naik hingga 15%.

Tahun ini, meskipun masih dalam kondisi pandemi dan adanya pengurangan hari libur bersama, XL Axiata memperkirakan trafik layanan data naik 10% dibandingkan hari biasa.

Baca juga :  XL Axiata Raih Pertumbuhan Kinerja, Pandemi Bukan Penghalang Berkompetisi

“Untuk memastikan pelanggan mendapatkan layanan yang terbaik, kami tetap menyiapkan jaringan seperti di saat kondisi normal sebelum pandemi. Kapasitas jaringan yang kami sediakan sebesar 2x,” tutur I Gede Darmayusa selaku Direktur Teknologi XL Axiata, di Jakarta, pada Kamis (17/12).

Menurutnya, pandemi Covid-19 menciptakan kenormalan baru dalam kehidupan sosial. Termasuk tidak bisa merayakan Natal dan pergantian tahun secara leluasa. Umat Nasrani dimungkinkan merayakannya secara virtual, termasuk yang akan melakukan misa Natal dan silaturahmi secara streaming. Berikutnya lagi, selain bepergian, masyarakat luas mengisi masa libur dengan berbagai aktivitas digital di dalam rumah.

Tim XL Axiata memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di area pemukiman. Sejak pandemi melanda, semua kegiatan termasuk bersekolah dianjurkan dilakukan di dalam rumah untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Ditambah libur Natal dan Tahun Baru, penggunaan trafik layanan data semakin meningkat drastis.

Sejumlah langkah antisipasi guna menghadapi kondisi darurat juga telah disiapkan mengingat menjelang akhir tahun ini curah hujan mulai meningkat dan telah menyebabkan banjir dan tanah longsor di berbagai daerah.

Langkah antisipasi tersebut antara lain berupa menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya.

Untuk itu, tim XL Axiata telah melaksanakan uji jaringan melalui semua jalur transportasi tersebut pada bulan November – Desember 2020 memastikan semua jaringan telah siap. Pemantauan dilakukan melalui pusat monitoring jaringan yang berada di XL Axiata Tower, maupun langsung di lapangan.

Baca juga :  XL Axiata Tunjuk Susunan Direksi Baru pada RUPS Luar Biasa

Titik-titik lokasi yang dimaksud antara lain meliputi jalur transportasi utama, lokasi tujuan wisata, pusat keramaian, hingga terminal bus, stasiun kereta, serta bandar udara.

Lokasi-lokasi tujuan wisata mendapatkan perhatian khusus, sedikitnya 104 tempat wisata yang berpotensi terjadi peningkatan trafik, menjadi prioritas tim XL Axiata. Demikian juga jalur mudik utama, terutama jalan Tol Trans Jawa dan Sumatera, serta jalur utama kereta api.

Untuk jalan tol, uji jaringan dilaksanakan pada ruas Jakarta – Surabaya, Jakarta – Bandung, Surabaya – Malang, Surabaya – Probolinggo, Jakarta – Bakaheuni, serta Bakaheuni – Palembang.

Baca juga :  Dian Siswarini, Presdir PT XL Axiata Tbk

Sementara itu untuk jalur kereta, pengujian dilakukan di jalur Jakarta – Semarang – Surabaya, Jakarta – Yogyakarta – Surabaya, Surabaya – Banyuwangi, dan Surabaya – Bandung.

Hasil dari uji jaringan di jalur transportasi utama menunjukkan kualitas jaringan XL Axiata yang cukup baik, yaitu diatas 95% telah terlayani oleh jaringan 4G dan 93% bersinyal kuat.

Selain itu, operator seluler Xl menyiagakan 30 unit mobile BTS (MBTS) di berbagai titik lokasi yang membutuhkan dukungan penguatan kualitas sinyal, terutama di wilayah Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok.

Perusahaan penyedia layanan seluler yang berbasis di Indonesia ingin memanjakan pelanggannya. Performa jaringan XL, kini sepenuhnya sudah siap menyambut Natal dan Tahun Baru.

Silakan hubungi layanan pelanggan:
Call center 24 jam: 817, 818 dan 838

Media sosial:
(XL AXIATA) IG @myXLCare, twitter dan facebook page, live chat di laman xl.co.id / Email: customerservice@xl.co.id.
(AXIS) IG @ask_AXIS, twitter, live chat di laman axis.co.id / Email: cs@axisnet.id.