5 Kuliner Khas Gorontalo, Pernah Cobain?

5 Kuliner Khas Gorontalo, Pernah Cobain?

Cita rasa enak memanjakan lidah dengan kuliner menyehatkan

Pesona keindahan akan destinasi wisata yang ada di Gorontalo sudah nggak diragukan lagi, selain itu juga perlu kamu tahu nih! Wisata kuliner di kota ini, tentu nggak kalah akan kelezatan dan kenikmatannya. Yuk kita sama-sama cari tahu lebih banyak mengenai kuliner tradisional asal Gorontalo yang sangat popular berikut ini :

1. Ayam Iloni

ksmtour.com

Ayam Iloni bisa dibilang ayam bakar tradisional khas Gorontalo loh, yang bedain itu kekayaan bumbu rempahnya seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dan rempah lainnya yang membuat rasa kuliner khas Gorontalo ini sangat kaya. Cocok banget ‘Gaaes, disantap bersama keluarga tercinta di rumah. Tambahkan lalapan segar. Bikin makan kamu jadi berselera dan maknyus!

Baca Juga: 5 Destinasi di Gorontalo, Wajib Dikunjungi!

2. Binte Biluhuta

trendingdunia.net

Diartikan satu per satu, maka binte artinya jagung. Dan biluhuta diartikannya siraman. Dua kata dan kuliner satu ini dapar diartikan jagung siram atau bisa juga sup berisi jagung. Binte biluhuta dibuat dengan mencampurkan sejumlah potongan jagung dan sobekan ikan tuna serta parutan kelapa yang kemudian diberi bumbu garam dan perasan jeruk nipis.

Binte biluhuta sendiri satu dari menu favorit masyarakat Gorontalo yang sering banget disajikan malam hari. Kamu ingin mencicipinya? Kunjungin aja beberapa restoran makanan khas Gorontalo atau ke warung-warung kecil yang tersebar di wilayah Gorontalo ya!

Baca Juga:  Pesona Binde Bilihuta, Kuliner Gorontalo

3. Perkedel Nike

tripadvisor.com

Perkedel Nike ini, makanan tradisional khas Gorontalo  yang berbahan dasar ikan Nike. Sekilas ikan Nike ini terlihat seperti ikan teri ya! Ikan nike ini diolah layaknya perkedel bersama bumbu-bumbu masakan khas Gorontalo dan cukup populer sebagai lauk pendamping nasi putih. Kuliner khas Gorontalo ini cukup mudah ditemukan di warung-warung makan yang ada di Gorontalo .

4. Sate Tuna

Cookpad.com

Berhubung Gorontalo termasuk salah satu daerah di Indonesia, yang dekat sekali dengan wilayah perairan, olahan hasil laut disini pun sangat melimpah. Terutama olahan hasil laut yang berbahan dasar ikan tuna.

Salah satu contoh Sate Tuna. Ya walau dilihat dari tampilannya aja dikatakan nggak ada bedanya dengan sate pada umumnya. Hanya ini  beda pada bahannya aja. Jika sate umumnya gunakan daging sapi, kambing, atau ayam, maka khas Gorontalo yang satu ini justru menggunakan daging dari ikan tuna.

Nah, kalo kamu ingin sekali menikmati hidangan sate tuna, pastiiin menggigit dagingnya pelan-pelan. Kalau nggak pelan-pelan, bisa-bisa dagingnya terlepas dari tusuk dan jatuh ke bawah deh. Lantaran daging ikan tuna emang memiliki tekstur yang lembut, nggak seperti daging sapi, kambing, atau ayam

5. Duduli

tokopedia.com

Duduli rupanya jadi salah satu kuliner khas nusantara yang memiliki ciri khas tersendiri di masing-masing daerah, termasuk di Gorontalo.

Baca Juga:

Di Gorontalo terdapat makanan ringan sejenis dodol yang dikenal dengan nama duduli. Terbuat dari ketan, santan, dan gula merah, makanan khas Gorontalo bertekstur kenyal layaknya dodol ini memiliki ciri khas dengan dibungkus menggunakan daun woka.

Sempatkan waktu kamu berwisata ke Gorontalo dan ‘5 Kuliner Khas Gorontalo,’ wajib mencicipinya yaaa!

CATEGORIES
TAGS
Share This

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )